4 December 2015

Perawatan Bayi Prematur yang Benar Agar Si Kecil Tumbuh Sehat

Tips Perawatan Bayi Prematur yang Benar Agar SiKecil Tumbuh SehatPerawatan bayi prematur tidak sama dengan bayi yang lahir dalam kondisi normal. Harus berhati-hati karena keadaan bayi yang lahir sebelum waktunya, sehingga proses kembang sang bayi juga masih dikhawatirkan. Ibu yang melahirkan bayi prematur biasanya tidak diperbolehkan membawa bayi pulang karena sang bayi harus mendapat perawatan khusus. 

Bayi prematur tentu mengalami keterlambatan dan proses tumbuh kembangnya, sehingga orang tua harus berhati-hati ketika merawatnya. Bagi orang tua yang ingin membawa pulang bayinya, perhatikanlah perawatan bayi prematur penting berikut ini;
Perawatan Bayi Prematur

  • Perhatikan Suhu Ruangan

Untuk menjaga kestabilan suhu tubuh bayi kamu, sebaiknya kamu harus memperhatikan suhu ruangan, jangan sampai bayi merasa kedinginan ataupun kepanasan. Biasanya suhu ruangan diatur di level 26-27 derajat celcius.

  • Berikan ASI Terbaik 

Perawatan bayi prematur berikutnya adalah dengan memberikan asi sesering mungkin tetapi jangan berikan terlalu banyak. Untuk ibu pun harus disertai dengan makanan yang bergizi sehingga sang bayi pun ikut mendapatkan asupan gizi yang sama. Diberikannya asi bisa membantu perkembangan berat badan sang anak, selain itu asi membantu kekebalan anak dari virus maupun bakteri sehingga tidak mudah terserang penyakit. 

  • Bayi Prematur Dimandikan 2 Kali Sehari

Untuk menjaga kebersihan bayi sebaiknya dimandikan 2 kali sehari, kulit bayi yang masih mudah untuk mengelupas tentunya perlu dibersihkan supaya kotoran kulit tidak menumpuk. Setelah dimandikan bayi dijemur saat pagi hari dengan kurun waktu 10-15 menit.
Perawatan Bayi Prematur

  • Bayi Prematur Tidur Lebih Lama

Jangan khawatir bila bayi prematur kamu tidur lebih lama dibanding bayi lainnya, perawatan bayi prematur ini diwajibkan karena bayi membutuhkan waktu yang lebih lama untuk metabolisme tubuhnya. Walaupun jangka tidur lebih lama, tetapi bayi prematur mudah terbangun di sela-sela tidurnya. Untuk membuat tidur sang bayi nyenyak, ibu di rumah bisa membantu dengan mengurangi cahaya lampu di kamar bayi dan memberikan alunan musik yang tenang.

  • Gunakan Metode Kangaroo Mother Care (KMC)

Metode KMC yaitu menggendong bayi dengan cara meletakkan si bayi di dada ibunya. Metode ini sangat membantu menstabilkan suhu badan bayi, denyut jantung bahkan nafasnya karena letaknya yang menempel dengan kulit sang ibu. Metode seperti ini membuat hubungan emosional antara bayi dan ibu menjadi terjalin. Biasanya untuk bayi yang memiliki berat badan di bawah 2500gram metode ini sangat ampuh digunakan. 

  • Berikan Stimulasi Pada Bayi

Berikan waktu kamu untuk bayi prematur karena bayi tersebut sangat membutuhkan kehadiran anda di dekatnya. Berikan sentuhan fisik seperti membelai dan ajak bicara bayi. Tetapi untuk mengajak bayi kamu berbicara perlu diperhatikan pula jaraknya, jangan ajak bayi mengobrol terlalu dekat. Berikan jarak sebesar 30 cm dan tataplah mata bayi kamu untuk menjalin komunikasi satu arah.
Perawatan Bayi Prematur
Demikianlah tips perawatan bayi prematur yang dapat kamu lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan tetaplah bersabar.

No comments:

Post a Comment