5 December 2015

Mengupas Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan Lebih Dalam

Mengupas Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan Lebih Dalam - Perkembangan bayi usia 3 bulan diawali dengan kesadaran bayi atas lingkungan di sekelilingnya, bayi sudah bisa membedakan wajah ayah dan ibunya. Menatap mata bayi akan membuat si bayi membalas tatapan mata kamu, karena raut wajah sangat menarik untuk bayi 3 bulan. Pekembangan indera pendengaran pada bayi usia 3 yang semakin sempurna membuat bayi menengok dan tersenyum ketika mendengar suara kedua orang tuanya. Selain itu, bayi usia 3 bulan mulai senang mendengarkan semua jenis musik, tetapi sebaiknya bayi diperdengarkan musik lembut atau classical yang bisa merangsang perkembangan otaknya.

Bayi usia 3 bulan sudah bisa mengekspresikan rasa sedih dan bahagia, mulai menggerakan, menjulurkan kaki dan menendang. Tubuh bagian atas pun sudah mulai kuat, ia bisa menopang kepalanya tanpa terhuyung-huyung dikarenakan otat lehernya yang mulai kuat. Refleks bawaan lahir dan kebiasaan menggenggam akan hilang dan akan diganti dengan kemampuan bayi yang mulai bisa menyentuh barang dan melambailkan tangan karena pekembangan jarinya yang pesat. 
Maka dari itu perkembangan bayi 3 bulan perlu diawasi dengan sangat ketat, dikarenakan kemampuannya menyentuh benda-benda dan dimulainya kebiasakan memasukan benda yang dipegangnya ke dalam mulut, maka dianjurkan untuk memberikan bayi mainan-mainan dari karet dan juga mainan-mainan berwarna terang dan kontras karena bayi usia 3 bulan lebih menyukai warna-warna terang. Selain itu, dianjurkan juga untuk memberi bayi mainan yang digantung, agar merangsang keaktifan bayi.

Sistem saraf yang semakin sempurna dan kemampuan lambungnya yang mulai bisa menerima lebih banyak susu, membuat bayi tidur lebih lama pada malam hari, yaitu selama 6 atau 7 jam yang berarti kamu bisa tidur lebih lama dan nyenyak tanpa tangisan bayi yang biasanya menangis tiga sampai empat kali pada malam hari. Jadwal tidur siang penting bagi perkembangan bayi 3 bulan, sehingg perlu mulai teratur, bayi akan tertidur sealama 1,5 jam sampai 2 jam beberapa kali dalam sehari. 

Selain mengekspresikan rasa sedih dan bahagia, perkembangan bayi usia 3 bulan dari segi komunikasi, bisa dilihat dari mulainya bayi berceloteh membuat suara huruf vokal seperti “oh” dan “ah”. Bayi usia 3 bulan sudah mulai jarang menangis karena dia sudah bisa menunggu ibunya untuk memberikan apa yang dia inginkan. Ketika laparpun, dia lebih memilih merengek ketimbang menangis.

Baca juga Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan

Tips untuk Perkembangan Bayi 3 Bulan

Ajak bicara bayi secara rutin, terutama ketika kamu sedang melakukan sesuatu untuk dia, ceritakanlah apa yang kamu sedang lakukan, agar dia bisa menangkap pembicaraan kamu yang akhirnya bisa membuat dia melakukan gerakan isyarat dan menambah perbendaharaan kata si bayi. Selain itu, gendong lah bayi dengan posisi duduk dan bayi bersandar pada dada kamu. Dengan ini, bayi bisa melihat dan mengeksplor benda-benda di sekelilingnya yang bisa membuat dia lebih enjoy dan tidak rewel karena sibuk dengan benda-benda yang dia amati di sekelilingnya. Ajari gerakan-gerakan kecil seperti bersalaman, tos (high five). Desain kamar bayi dengan tema yang colorful dan diisi dengan mainan-mainan bayi yang aman dan layak, hal ini akan membuat perkembangan dan pertumbuhan bayi jauh lebih maksimal.

No comments:

Post a Comment