2 October 2015

Review : Pengalaman Belanja Online di Matahari Mall

DIRGAENGGAR.COM - Matahari Mall baru-baru ini meluncurkan teknologi untuk perusahaannya di dunia perbelanjaan online. Matahari Mall sendiri baru memunculkan inovasi e-commerce-nya belum 3 bulan ini. Bisa dibilang baru muncul awal Juli mungkin. Tetapi, itu hanya sebatas peluncuran saja, belum resmi di-launching. Tanggal 9 September kemarin lah MatahariMall.com resmi diluncurkan kepada khalayak publik.

Belum resmi launching sudah menawarkan diskon besar-besaran? Pantas saja, e-commerce ini sudah menggaet sekitar 200 ribu pelanggan meski belum secara resmi diluncurkan kepada umum. Ternyata, strategi MatahariMall.com untuk menggaet pelanggan baru di dalam kerasnya dunia perbelanjaan online sangatlah berhasil. Mengandalkan diskon hingga 99% untuk berbagai produk unggulan, MatahariMall.com langsung menjadi situs wajib bagi masyarakan penggila diskonan untuk mendapatkan barang-barang mewah seperti Powerbank Xiaomi seharga Rp. 10.000, TV LCD seharga Rp. 10.000, hingga iPhone 6 hanya dibanderol Rp. 104.000. 
Review : Pengalaman Belanja Online di Matahari Mall
Bisa dibayangkan antusiasme masyarakat untuk mengunjungi MatahariMall.com kan. Setiap hari melototi situs MatahariMall.com guna menjadi yang tercepat untuk mendapatkan barang buruan yang di diskon hingga 99%. Saya sendiri menjadi salah satu "korban" iklan MatahariMall.com. Berikut review dari saya.

Awalnya, saya sembari menunggu balasan dari pacar, iseng berjalan-jalan ke twitter. Muncul di timeline salah satu akun yang saya follow me-retweet postingan dari akun MatahariMallCom soal diskon iPhone 6 hingga 99%. Langsung tanpa ba-bi-bu, a-i-u-e-o, berkunjung ke situsnya di MatahariMall.com. Ternyata memang benar, ada banner yang dipasang soal diskon 99% untuk barang-barang yang sudah saya sebutkan sebagian di atas.

Dan, keburuntungan pula, ada Powerbank Xiaomi 10400 mAH original (baca juga Review : Powerbank Xiaomi 10400mAh) sedang diskon hingga harga Rp. 10.000. Tanpa menunggu ijin dari penghulu setempat, klik beli dan pergi ke ATM untuk transfer. Setelah transfer, saya melihat-lihat lagi ternyata ada pemberitaan kalau TV LCD juga dihargai sama. Sayang seribu sayang, belum rejeki saya ketika itu. Padahal, seminggu sebelumnya saya membeli juga Powerbank dengan merek yang sama dan kapasitas yang sama seharga Rp. 200.000. Mungkin, saya pikir lagi, nanti kalau beneran mendapatkan ini ya dijual saja atau dikasih ke ibu.

Tidak bahagia dengan mudah ketika sudah mendapat barang murah seperti itu. Saya harus was-was karena status pembayaran saya di situsnya tidak berubah padahal saya sudah membayar. Oke, langsung saya kirim email untuk konfirmasi, ternyata disuruh menunggu. Iya layaknya aku menunggu jawaban dari kamu. Selang 2 hari kemudian, statusnya berubah menjadi dikirim. Wah, beneran dapat ternyata. Malamnya, saya mendapatkan e-mail dari pihak MatahariMall.com kalau saya menjadi salah satu pemenang yang mendapatkan Powerbank Xiaomi dengan harga Rp. 10.000. Sip, tinggal menungu barang datang. Menunggu lagi. Kebiasaan menunggu lama-lama jadi pengen nunggu. Hampir seminggu barang akhirnya datang juga dengan selamat, sehat, sentosa, mawaddah, warohmah. Seminggu ya untuk pengiriman.

Sedang asyik-asyik memadu kasih di pojokan laboratorium di kampus dengan kekasih hati (baca: skripsi.red), iseng berjalan-jalan lagi ke MatahariMall.com dan melihat banyak sekali komentar dan tanggapan negatif soal pengiriman, status pesanan, dan status pembayaran. Hampir seluruhnya menanyakan respon dari customer service MatahariMall.com yang sangat lamban dalam menanggapi respon masyarakat. Kebanyakan dari mereka menanyakan soal status pesanan yang tidak kunjung diproses dan diberi kejelasan. Mang enak nunggu !!! Sudah bayar tapi statusnya masih verifikasi. Batal memesan minta kejelasan uang kembali. Barang tidak kunjung dikirim, dan masih banyak lagi.

Muncul ide buat mencoba membuktikan keluhan-keluhan masyarakat tersebut, saya  membeli produk makanan bernama Ovomaltine 400gr seharga Rp. 39.000. Lebih mahal dari powerbank yak. Oke, tidak mengapa-mengapa. Saya transfer dan saya coba pantau setiap hari. 2 hari, 3 hari status masih verifikasi padahal sudah transfer. Seminggu kemudian baru berubah menjadi dikirim. Hmm, seminggu ya. Setelah itu, menunggu lagi, 3 hari kemudian, barang sampai di rumah. Pesan di tanggal 17 September, baru sampai rumah tanggal 29 September. Lama bukan.

Kalau dari saya sih, MatahariMall.com menerapkan strategi marketing yang bagus dengan membukanya menggunakan diskon 99% untuk produk mahal seperti iPhone, Play Station 4, dan GoPro. Tetapi, hal ini mungkin diluar dari perkiraan MatahariMall.com soal membeludaknya minat beli konsumen. Tidak imbangnya minat yang ada dengan fasilitas pendukung seperti minimal customer service, tidak diperhatikan oleh perusahaan. Belum lagi, dengan pembangunan sistem e-commerce untuk menanggulangi traffic dari masyarakat hingga muncul kekecewaan berlebih ketika berebutan barang. Oke, untuk yang baru buka itu bisa saya maklumi. Dan sekali lagi, MatahariMall.com tidak menipu kita, tetapi masih membutuhkan waktu untuk mengatasi segala permintaan pasar yang diluar perkiraan mereka dan selain itu mungkin saya tidak memesan barang yang mahal seperti handphone atau apalah, karena ya itu, ini toko online baru buka, kepercayaannya masih belum terkumpul. Mending untuk membeli handphone atau apalah ke toko online sebelah yang sudah ada sejak lama.

Packingnya rapi kok, tidak sembarangan. So, be patience. Terima kasih.

4 comments:

  1. Waduuhh..benarkah sering terjadi kekeliruan seperti itu??
    Saya pun sedang dlm proses penantian barang dikirim dr situs tsb dan urgent jua :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. sering kok, baca saja di komentar di halaman facebook MatahariMall.com, mungkin masih baru pertama kali buka dan langsung diserbu konsumen sehingga dampaknya ya salah kirim atau lamban dalam pengiriman. . .wah kalau urgent mending ke toko online sebelah mbak :D

      Delete
  2. Saya pun sedang menunggu presto dr matmall itu 😢
    Biasanya di blibli cepet ini udah 4 hari blm ada aja 😑
    Dr kmrn pending shipment terus 😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bisa sebulan lebih mbak, ya mungkin karena masih baru kalau menurut saya jadi masih belum siap untuk menghadapi banyak pesanan, tapi insya Allah sampai kok mbak

      Delete