3 October 2015

Bukan Desktop Biasa

Bukan Desktop Biasa

DIRGAENGGAR.COM - Desktop adalah tampilan utama dalam sebuah sistem operasi saat ini. Desktop bisa diartikan etalase kita untuk meletakkan aplikasi-aplikasi yang dirasa penting dan sering digunakan. Desktop sendiri memiliki ciri khas yang berbeda, diantaranya desktop Windows dengan desktop Linux, ataupun desktop Mac. Untuk desktop Windows lebih dominan berwarna biru dengan logo Windows di tengah itupun setiap versi Windows berbeda, Windows 8 dengan aksen Metro-nya, Windows 10 dengan lebih terlihat 3D, desktop Linux yang dimana pengguna banyak menggunakan Linux Ubuntu didominasi oleh warna merah, dan untuk desktop Mac lebih dominan warna hitam dengan gambar bintang-bintang. 
Bukan Desktop Biasa
Desktop Ubuntu dari Wikimedia
Bukan Desktop Biasa
Desktop Mac dari Devianart
Desktop sendiri saat ini sudah menjadi ajang pertempuran tersendiri. Ada ajang adu desktop dimana disini dipertontonkan desktop-desktop dengan tampilan yang unik dan menarik dengan tema tersendiri. Kita bisa menceritakan suasana tampilan desktop kita agar sesuai dengan kepribadian kita sendiri. Banyak sekali tampilan desktop yang bisa digunakan sebagai referensi untuk menghias desktop sendiri. Mulai dari ikon yang digunakan, widget yang dipasang, dan masih banyak lagi. Peletakkan ikon aplikasi juga mempengaruhi nilai keindahan dan ekstetika desktop masa kini.

Saya sendiri lebih menyukai tampilan awal desktop, atau default. Berhubung saya menggunakan Windows 7, saya menggunakan gambar latar logo Windows sendiri, dengan meletakkan sedikit aplikasi agar terlihat bersih, mengkilat, dan licin. Aplikasi yang saya letakkan di desktop hanya permainan yang sering saya mainkan bersama adik saya. Tidak ada ikon folder ataupun dokumen. Untuk yang sering saya gunakan, saya letakkan di Start Menu dan taskbar yang di bawah. Alasannya ya itu tadi, saya tidak ingin terlihat ribet sehingga kalau bersih begini maka penilaian orang tentu akan berbeda. "Wah mas nya bersih ya", "Wah desktopnya rapi ya kayak orangnya", "Wah ini kok ada folder Pelajaran Biologi ya mas, dan isinya 50 GB". Nah, kalau itu bisa menimbulkan dampak yang tidak sehat untuk kita.
Bukan Desktop Biasa
Desktop Saya
So, "perkosa" tampilan desktopmu tuh temukan jati dirimu.

Terima kasih.

2 comments:

  1. Yuk mas cobain Linux, ringan nyaman dan 'kebal' dari serangan virus. Tapi kekurangan dari linux mungkin dibagian pengolah katanya, karena namanya juga 'Open Source' jadi ya tidak sebagus yang berbayar. Kebetulan dinegara ini banyak terjadi pembajakan OS Windows, daripada membajak mendingan pakai linux yang 'bebas'.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah pernah coba kok om pake ubuntu awal-awal kuliah dulu, sekitar setahun terus balik windows lagi karena memang pengen balikan. . .

      Delete