5 December 2015

Ternyata Kayu Manis Memiliki Manfaat Besar Bagi Kesehatan

Ternyata Kayu Manis Memiliki Manfaat Besar BagiKesehatanKayu manis adalah salah satu bumbu rempah makanan tertua yang digunakan oleh manusia. Bumbu ini telah digunakan pada zaman Mesir Kuno sekitar 5000 tahun yang lalu, dan kayu manis disebutkan beberapa kali di dalam kitab-kitab perjanjian lama. Berikut adalah manfaat dari kayu manis untuk kesehatan tubuh :

  • Mampu Mencegah Pembekuan Darah 

Salah satu manfaat dari mengkonsumsi kayu manis adalah mampu menyembuhkan pembekuan darah. Di dalam kayu manis terdapat kandungan minyak yang bernama Cinnamaldehyde yang memiliki sebuah fungsi yaitu dapat mencairkan darah agar tidak mengental. Kayu manis akan mensekresi asam lemak sebagai anti peradangan yang biasa disebut dengan arakidonat. Asam lemak ini dapat mengurangi peradangan dan pembekuan sel pada darah.
Ternyata Kayu Manis Memiliki Manfaat Besar Bagi Kesehatan

  • Mencegah Pertumbuhan Kanker

Dilansir dari sebuah penelitian dari University of Texas, para ahli berkata bahwa kayu manis dapat mengurangi kegiatan proliferasi dari sel kanker. Dalam artian zat yang terdapat di dalam kayu manis mampu menghambat pertumbuhan dari sel kanker tersebut. Tidak hanya itu, kayu manis dapat juga menjadi salah satu obat herbal yang dapat menyembuhkan penyakit kanker. Tapi hal tersebut masih dalam penelitian yang berlanjut.

  • Mampu Mengontrol Gula Darah


Walau namanya menyandang kata (manis), tapi kandungan zat antioksidan yang terdapat di dalam kayu manis dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Selain itu, kandungan dalam kayu manis juga membantu proses melancarkan pencernaan dan meningkatkan respon kadar insulin pada penderita diabetes tipe 2. 

  • Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

Kandungan dalam kayu manis mengandung zat kalsium, kandungan serat, dan zat mineral seperti zat mangan. Jadi, kayu manis sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan, usus, dan mampu mencegah penyakit jantung. Tidak hanya sampai disitu, manfaat kesehatan yang lain dari kayu manis adalah dapat menurunkan kadar kolesterol. Zat kalsium dan kandungan serat yang terdapat di dalam kayu manis dapat membantu menghilangkan garam yang tidak diperlukan oleh tubuh dan dapat mencegah datangnya kanker usus besar.

  • Dapat Menjadi Anti Infeksi

Terdapat Komponen di dalam kandungan kayu manis yaitu anti infeksi yang bermanfaat dapat mencegah dan menghilangkan bakteri Helicobacter pylori dari dalam tubuh. Helicobacter pylori adalah sejenis bakteri yang dapat menyebabkan datangnya penyakit radang perut, dan berbagai jenis penyakit pencernaan yang disebabkan oleh bakteri tersebut.
Ternyata Kayu Manis Memiliki Manfaat Besar Bagi Kesehatan

  • Dapat Menjadi Obat Serbaguna

Kayu manis memiliki banyak kandungan serat, zat kalsium, zat besi dan zat mangan. Zat-zat tersebut terbukti efektif dalam mengurangi rasa sakit saat wanita menstruasi atau melahirkan. Kayu manis mengandung senyawa cinnamaldehyde yang dapat menyeimbangkan hormon, dan meningkatkan hormon progesteron pada tubuh wanita, serta mampu mengurangi hormon testosteron pada wanita.

  • Menghangatkan Tubuh 

Kayu manis yang biasanya digunakan pada pengobatan tradisional Cina, pada orang yang sedang demam ataupun influenza. Hal ini karena kayu manis memiliki kandungan zat yang dapat membuat tubuh lebih hangat dan nyaman.

Walau terlihat sepele hanya untuk tambahan penyedap ataupun penghias hidangan, tetapi kayu manis ternyata memiliki manfaat yang begitu besar. Semoga artikel ini yang berjudul Ternyata Kayu Manis Memiliki Manfaat Besar Bagi Kesehatan, dapat bermanfaat bagi para pembaca. Ingat, kayu manis, bukan kayu putih, apalagi kayu jati. Jayus.

No comments:

Post a Comment