6 December 2015

Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan dan Apa Saja Hal Baru yang Mulai Dipelajari

Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan dan Apa Saja Hal Baru yang Mulai Dipelajari - Perkembangan bayi usia 5 bulan ditandai dengan kemampuannya dalam menggerakkan tubuh sesuai dengan rangsanan yang diterima. Di usia 5 bulan perkembangan fisik bayi mulai terlihat, biasanya di usia ini bayi mulai bisa menggerakkan organ tubuhnya dengan cukup mahir. Di usia ini  juga bayi mulai bisa mengeluarkan suara-suara dari lidah dan bibirnya. 

Para ibu di rumah sebaiknya di usia ini mulai memperhatikan gerak-gerik si bayi dan juga di usia 5 bulan bayi mulai bisa diajarkan bahasa-bahasa yang biasa digunakan sehari-hari dan tentunya bayi ini akan meniru apa yang orang tuanya katakan dan juga anda lakukan. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh bayi usia 5 bulan, apa saja hal tersebut? Simak ulasan berikut ini :
perkembangan bayi usia 5 bulan

Belajar Duduk

Perkembangan bayi 5 bulan yang baik terlihat ketika ia mulai belajar duduk. Cara bayi ini belajar untuk duduk yaitu dengan menegakkan badannya. Walaupun masih belum bisa duduk dengan sempurna bayi kamu akan menggunakan kedua tangannya untuk menahan posisi duduknya yang masih bergoyang-goyang ke depan. Ketika melihat proses ini sebaiknya para orang tua di rumah memberikan sandaran atau bantal pada punggung si bayi untuk meluruskan posisi duduknya.

Tengkurap

Bayi kamu akan mulai bisa menggerakkan tubuhnya dari posisi terlentang dan sekarang merambak ke arah tengkurap. Proses untuk menuju tengkurap ini juga akan terlihat menggemaskan, bagaimana si bayi akan berusaha memutar badannya dengan sekuat tenaga. Jika bayi sudah mahir tengkurap tentu akan menuju proses selanjutnya dimana bayi akan mulai mencoba menggerakan kakinya dan proses berjalan akan dicobanya.
perkembangan bayi 5 bulan

Memukul Benda

Jika bayi kamu senang memukul benda sebaiknya jangan pernah melarangnya. Sebab ini merupakan salahs atu tanda baik dalam hal perkembangan bayi usia 5 bulan. Proses ini adalah dimana bayi mulai membuat rangsangan pada suara yang ditimbulkan oleh benda yang di pukulnya. Proses memegang benda yang di genggamnya pun menjadi sebuah rangsangan untuk bisa merasakan benda yang dipegangnya. Untuk itu, jika diperhatikan rata-rata bayi yang memukul benda malah terlihat senang dengan apa yang dia lakukan.

Mulai Berkomunikasi

Di usia ini bayi mulai banyak berceloteh dan mengeluarkan suara-suara aneh di dalam mulutnya. Suara yang sering terdengar adalah “wwww” di mana bayi anda mulai mencoba bereksperimen dengan suara baru sehingga terkadang muncul suara-suara seperti orang bergumam atau sebagainya. Bayi 5 bulan juga mulai peka dengan suara-suara yang berada di sekelilingnya, terutama ketika namanya di panggil pasti mereka mulai mengenalinya dan memberikan reaksi ketika namanya disebut.

Mengenal Warna

Di usia 5 bulan mata bayi kamu akan mulai menangkap warna-warna yang berada di sekitarnya. Mata bayi pun sudah mulai fokus dengan apa yang dilihatnya. Bayi akan tertarik dengan benda-benda yang berwarna warni yang berada di sekitarnya, tetapi bayi saat ini belum bisa mengenal banyak warna. Warna yang menarik perhatiannya yaitu merah, kuning dan biru.

No comments:

Post a Comment