6 December 2015

Makanan Sehat dan Sumber Serat yang Bermanfaat bagi Tubuh

Makanan Sehat dan Sumber Serat yang Bermanfaat bagi Tubuh - Apa sesungguhnya pengertian dari serat?  Yang dimaksud serat adalah sejenis karbohidrat yang mudah dicerna oleh tubuh kita. Mengapa para pakar gizi menganjurkan untuk mengonsumsi buah dan sayuran dengan kulitnya, (tentu setelah dicuci bersih terlebih dahulu ) ? Jawabannya adalah karena pada buah dan sayur, kandungan serat yang tinggi terdapat pada kulit tersebut. 

Makanan sumber serat lainnya adalah sereal dan produk serealia utuh lainnya. Jika kamu ingin mencoba untuk meningkatkan asupan serat harian, maka berikut ini merupakan artikel yang akan membahas Makanan Sehat dan Sumber Serat yang Bermanfaat bagi Tubuh dan akan kami paparkan dalam rangka memberi pengetahuan tentang pentingnya serat bagi para pembaca yang budiman  nan rajin menabung sekalian : 
makanan berserat, sehat

  • Sayuran Berdaun Hijau

Banyak beragam macam sayuran tetapi sayuran yang berdaun hijau adalah sumber makanan yang paling banyak memiliki zat besi, zat beta-karoten dan juga serat. Menurut para pakar ahli nutrisi, sayur-mayur dengan warna hijau contohnya seperti, sayur bayam, lobak hijau, dan bit hijau, merupakan sumber serat yang terbaik.

Baca juga Khasiat Buah Kelengkeng

  • Beras Merah

Anda harus mulai membiasakan diri dengan mengonsumsi beras merah. Karena setiap takaran cangkir beras merah mengandung sebanyak 3,5 gram serat.

  • Brokoli

Sayuran ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan juga mengandung banyak serat. Brokoli dapat mencegah penyakit kanker, Anda juga akan mendapatkan sekitar 5,1 gram dalam ( kira - kira ) satu cangkir brokoli rebus.

  • Kacang-Kacangan

Dalam Kacang-kacangan banyak terdapat kandungan serat. Terutama pada kkacang hitam dan juga kacang merah adalah salah satu sumber serat terbaik. Anda bisa mendapatkan sekitar 15 gram seratdi dalamnya.

  • Jagung

Di dalam Jagung banyak memiliki zat antioksidan. Sekitar ½ cangkir biji jagung, mengandung 2 gram serat. Popcorn yang disajikan tanpa garam dan tanpa bumbu juga merupakan makanan sumber serat, dengan memiliki kadar 3,5 gram serat.

  • Edamame

Apakah kalian tahu Edamame? Edamame adalah sejenis kedelai berbiji besar yang berwarna hijau. Setengah cangkir edamame dapat berisi hingga 11 gram protein dan 9 gram serat.

  • Keluarga Buah Berry

Buah-buahan merupakan sumber serat yang baik. Menurut para ahli gizi berbagai semua jenis berry seperti raspberry, blackberry, dan elderberry adalah sumber serat yang baik dalam jenis buah, karena berbagai berry tersebut dapat mengandung  hingga 8 sampai 10 gram serat per satu cangkirnya.

  • Alpukat

Buah Alpukat merupakan sumber serat terbaik, dengan hanya dua sendok makan per porsi alpukat memiliki sekitar 2 gram. Alpukat memiliki asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.
makanan yang sehat

  • Apel

Apel juga merupakan buah yang wajib untuk dimakan bersama dengan kulitnya. Karena di situlah, nutrisi dari apel tersimpan. Buah apel mengandung sekitar 4,4 gram serat.

  • Buah Pir

Buah ini sangat bergizi dan kaya akan serat, apalagi jika dikonsumsi secara utuh beserta kulitnya. Buah pir mengandung sekitar 5,5 gram serat.

Kami sebagai penulis menginginkan, bila kamu selesai membaca artikel ini yang berjudul Makanan Sehat dan Sumber Serat yang Bermanfaat bagi Tubuh, semoga kamu dapat memilih dan memilah mana makanan yang berserat tinggi supaya hidup kamu lebih sehat.

No comments:

Post a Comment