4 December 2015

Manfaat Rumput Laut sebagai Makanan Sehat

Manfaat Rumput Laut sebagai Makanan Sehat - Tanaman dengan nama lain Codium Fragile ini, memiliki berbagai macam manfaat bagi manusia. Rumput laut adalah tanaman yang hidup di wilayah bagian pesisir yang mempunyai banyak khasiat sebagai pengobatan dan kesehatan yang ditemukan oleh manusia sejak jaman dahulu. Di seluruh dunia terdapat berbagai macam jenis rumput laut, namun yang dapat digunakan sebagai makanan hanya kurang lebih 40 jenis. Seperti Di Negara Jepang, Korea, Cina, Eropa, dan Amerika, rumput laut sudah dikembangkan menjadi makanan kesehatan dan pengobatan. Di Negara kita ini yang merupakan negara dengan wilayah laut yang luas, rumput laut sudah mulai banyak dimanfaatkan. Rumput laut sendiri termasuk ke dalam jenis tumbuhan algae yang dengan ciri tidak memiliki batang, daun, ataupun akar. Bentuk rumput laut beraneka ragam tergantung dengan jenis dan habitat, yang mempunyai manfaat tersendiri bagi manusia. Oleh karena itu, kali ini saya coba menjelaskan tentang mafaat rumput laut sebagai makanan sehat.
manfaat rumput laut untuk tubuh, manfaat rumput laut buat dimakan
Untuk mencapai kesehatan dan pengobatan yang dinginkan, rumput laut dapat direbus begitu saja dengan air secukupnya, atau dikeringkan dan dihaluskan menjadi bubuk. Rumput laut juga dapat dicampur dengan bahan lain untuk dibuat menjadi masakan. Sekarang rumput laut dapat dijumpai dengan bentuk kering atau sudah jadi bubuk dan sangat mudah untuk memperolehnya.

Rumput laut dapat dimanfaatkan untuk membuat tubuh tetap segar, berseri, serta kelihatan awet muda, dan mengatasi berbagai penyakit. Rumput laut juga dapat membantu pembentukan jaringan tubuh, menjaga keseimbangan asam alkali dalam tubuh, dan mengatur zat air yang ada dalam tubuh. Rumput laut juga dapat membantu mengobati berbagai macam penyakit, seperti gangguan pencernaan, meningkatkan fungsi usus dan lambung, membantu pembentukan jaringan tubuh, menghaluskan kulit, menurunkan tekanan darah, mencegah kanker, mengatasi gondokan, mengatasi penyakit beri-beri, mengatasi TBC, kelenjar getah bening, dan mengatasi anemia. Kandungan rumput laut yang baik untuk tubuh kita adalah mineral essensial (zat besi, zat iodin, aluminum, mangan, kalsium, nitrogen yang dapat larut, fosfor, zat sulfur, zat khlor, zat silica, zat rubidium, zat strontium, zat barium, zat titanium, kalium, dan unsur-unsur lain), asam nukleat, asam amino, protein, mineral, trace elements, tepung, gula dan berbagai macam vitamin seperti, vit.A, vit.D, vit.C, vit.D, vit.E, dan vit.K. Kandungan kimia penting lain adalah karbohidrat yang berupa zat polisakarida seperti agar – agar,  zat Karagenan dan zat alginat. 
manfaat rumput laut, jenis rumput laut
Nah, jika kamu ingin tubuh yang sehat dan bugar maka tidak ada salahnya mencoba manfaat rumput laut sebagai makanan sehat. Apalagi bagi kita warga Negara Indonesia tidak sulit untuk mendapatkannya. Karena Negara ini memiliki wilayah laut yang luas dan penduduk sekitar sudah mulai membudidayakannya. Jika Kamu tidak ingin dibuat repot, ketika ingin mengonsumsi rumput laut. Sekarang sudah banyak olahan makanan yang menggunakan ekstrak rumput laut seperti agar-agar dan makanan maupun minuman lainnya.Semoga artikel tersebut yang berjudul manfaat rumput laut sebagai makanan sehat dapat bermanfaat bagi pembaca dan mengerti akan kebaikan dari rumput laut.

No comments:

Post a Comment