8 December 2015

Tips Agar Anak-Anak Selalu Sehat di Musim Hujan

Tips Agar Anak-Anak Selalu Sehat di Musim Hujan - Musim hujan yang datang di penghujungtahun, perlu mendapatkan perhatian spesial, terutama menyangkut kesehatan keluarga. Perubahan musim hujan ke musim kemarau umumnya bikin tubuh jadi rawan pada beragam problem kesehatan, hal semacam ini karena tubuh dipaksa menyesuaikan dengan suhu serta kelembaban hawa yang tidak sama dari sebelumnya. Penyakit yang rawan menyerang di musim hujan salah satunya seperti flu, batuk, sesak nafas, pilek, masuk angin, penyakit kulit, sampai demam berdarah menjadi daftar penyakit yang banyak ditemui waktu musim ini. 

Penyakit-penyakit itu bukan sekedar menyerang orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Ketahanan badan anak-anak memanglah yang paling rawan serta butuh perhatian spesial kala musim hujan datang lantaran sistem imunnya belum cukup prima. Oleh karenanya orang-tua mesti pintar-pintar dalam melindungi kesehatannya supaya tidak drop serta alami beragam penyakit musiman yang parah. Untuk mnecegah anak terserang penyakit di musim hujan, berikut ini merupakan sebagian panduan Tips Agar Anak-Anak Selalu Sehat di Musim Hujan yang dapat kamu kerjakan untuk melindungi kesehatan si kecil dengan maksimal. 
Tips Agar Anak-Anak Selalu Sehat di Musim Hujan

Cermati Kebersihan Lingkungan 

Seberapa telatennya kamu dalam melindungi anak supaya tak terserang penyakit di musim hujan, bila kebersihan lingkungan tak turut jadi perhatian dengan baik, semua yang kamu kerjakan mungkin saja bakal percuma saja. Kebersihan lingkungan adalah aspek terpenting untuk wujudkan terciptanya lingkungan bersih serta sehat. Lingkungan yang sehat bakal menghasilkan pribadi yang sehat juga. 

Hujan yang selalu mengguyur di musim penghujan sudah pasti bakal bikin lingkungan jadi lebih kotor dibanding musim kemarau. Hal semacam ini dipicu lantaran tingkat kelembaban udaranya jadi lebih tinggi sampai bikin sampah atau limbah jadi gampang membusuk yang selanjutnya berkembang hingga menjadi sumber beragam penyakit. Bersihkan serta cermati beberapa tempat yang kira-kira punya potensi jadi sarang kuman serta bakteri untuk berkembang biak, seperti menutup lubang yang punya potensi tergenangnya air hujan, mengubur atau membakar sampah, tutup penampungan air serta bak mandi, memotong ranting atau rumput yang terlampau rindang, dsb. Lingkungan yang kotor serta lembap bakal jadi sarang yang baik untuk tumbuhnya nyamuk demam berdarah. 

Pastikan Selalu untuk Higienis 

Tangan, yaitu satu diantara media paling umum yang dapat jadi fasilitas masuknya kuman serta bakteri ke tubuh. Dengan cara tak sadar, rutinitas makan dengan tangan, menyentuh organ tubuh lain dengan tangan tanpa mencucinya dengan sabun terlebih dulu miliki potensi memasukkan kuman semakin banyak ke tubuh. Hingga, senantiasa pastikan kamu serta keluarga selalu untuk higienis setiap hari lewat cara membiasakan anak membersihkan tangan setiap saat menyentuh barang atau objek, saat sebelum serta setelah makan, tiap kali habis dari toilet, bahkan juga sesudah pulang bepergian serta baru tiba di rumah.  

Menjaga Konsumsi Makanan 

Makanan yang bergizi seimbang bakal memperngaruhi ketahanan tubuh, konsumsi protein baik hewani ataupun nabati dapat membantu kamu melindungi kesehatan anak serta anggota keluarga yang lain. Sering-seringlah menghidangkan makanan hangat berkuah seperti sup supaya badan terus terasa hangat walau cuaca begitu dingin. 

Atur Porsi Makan 

Pada musim hujan, efek suhu yang dingin umumnya nafsu makan jadi semakin besar di banding umumnya, tetapi sayangnya hal semacam ini tak disertai dengan kemampuan metabolisme badan yang menjadi lebih lambat dari umumnya di musim ini. Bila kamu tak dapat mengatur pola makan serta jumlah makan si kecil, kegemukan atau obesitas bakal jadi permasalahan baru. Perut yang diisi dengan cara terus menerus tidak ada sistem pembakaran yang seimbang tentu bakal membawa efek yang jelek untuk kesehatan. 

Cermati PolaTidur 

Rasa kantuk bakal kerap menyerang waktu musim hujan. Untuk menahan rasa kantuk yang terlalu berlebih, ajak anak-anak main bersama-sama, memasak bersama-sama, atau ajak membaca buku serta mendiskusikannya supaya terbentuk situasi hangat serta ramai hingga rasa kantuk dapat dijauhi. Jumlah tidur yang berlebihan bakal bikin badan lemas serta otot jadi kaku, diluar itu fungsi pola tidur yang teratur serta cukup istirahat dapat membuat stamina badan jadi sembuh serta memperbaiki sistem kekebalan badan. 

Penuhi Cairan Tubuh 

Umumnya orang kerap meremehkan mengkonsumsi air putih terlebih selagi musim hujan, rasa haus jadi tidak sering terjadi disebabkan suhu yang dingin. Tetapi keperluan mengkonsumsi air putih baik musim kemarau ataupun musim hujan, kenyataannya tetaplah sama. Pasokan air yang cukup, dapat tingkatkan daya badan. Bila bosan minum air putih, kamu dapat sesekali memberikan minum air rebusan jahe, susu, atau teh hangat pada si kecil, namun masih tetap usahakan supaya anak penuhi kepentingan mengkonsumsi air putih sehari-harinya. 
Tips Agar Anak-Anak Selalu Sehat di Musim Hujan

Mengkonsumsi Vitamin 

Vitamin yang alami pasti lebih menyehatkan dibandingkan suplemen-suplemen vitamin yang ada di pasaran. Kamu dapat menyediakan beragam buah serta sayuran untuk selalu dikonsumsi sehari-hari oleh si kecil, bahkan juga kamu dapat membuatnya juga sebagai makanan ringan sehat waktu rasa lapar datang. Buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin C sangatlah diperlukan di musim ini, sebagian buah yang memiliki kandungan vitamin C salah satunya jeruk, strawberry serta ada banyak lagi. Mengkonsumsi vitamin C dengan cara teratur bakal menolong kamu penuhi kebutuhan vitamin C serta tingkatkan sistem imun dalam tubuh. 

Gunakan Busana Hangat 

Pakaikan busana, sarung tangan, kaos kaki, topi, serta sepatu hangat pada bayi serta anak-anak saat beraktivitas di luar rumah. Busana sangatlah memengaruhi kesehatan di musim hujan, busana tidak tebal serta transparan tak sesuai digunakan di musim ini terlebih bila banyak melakukan aktivitas diluar ruang. Baiknya gunakan busana yang cukup tebal serta tertutup untuk melindungi badan supaya terus hangat serta melindungi si kecil dari cuaca yang dingin. 

Batasi Saat Bermain & Bekali Perlengkapan Hujan 

Tentukan batas saat yang lumrah untuk anak bermain di luar rumah waktu musim hujan untuk mencegah hipotermia. Bila anak pergi ke sekolah, bekali dengan perlengkapan hujan yang komplit. Dari mulai paying, jas hujan, sweater sampai sepatu boat.

Terima kasih sudah membaca Tips Agar Anak-Anak Selalu Sehat di Musim Hujan. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment