7 December 2015

Manfaat dari Posisi Tidur Yang Baik Menurut Islam

Manfaat dari Posisi Tidur Yang Baik Menurut Islam - Posisi tidur dari satu orang dengan yang lain tentunya berbeda. Ada yang lebih suka tidur tengkurap, telentang, miring ke kiri atau miring ke kanan. Menurut berbagai informasi, posisi tidur seseorang bisa mempengaruhi kesehatan dari tubuhnya. Posisi tidur yang baik menurut Islam mengikuti cara Rasulullah. Dan hal ini dibenarkan oleh berbagai penelitian ilmiah yang pernah dilakukan sebab terbukti memberi pengaruh yang baik bagi tubuh. 

manfaat tidur Islam, manfaat tidur menurut Islam

Di bawah ini adalah posisi tidur yang baik menurut Islam, dengan segala manfaatnya :

Tidur Dengan Posisi Menghadap ke Sebelah Kanan 

Ketika kamu akan tidur, baringkan tubuh sampai rileks dan miringkan ke arah kanan. Inilah posisi tidur yang baik menurut Islam, selain mengikuti cara Rasulullah ternyata memang lebih baik menurut medis ketimbang posisi yang lainnya. Seperti posisi telungkup, sebaiknya dihindari sebab bisa mengakibatkan tidak lancarnya aliran darah. Ini bisa terjadi karena tertekannya hati, perut serta organ yang lainnya, posisi leher yang dibelokkan ke salah satu sisi juga berpengaruh. Menurut pandangan Islam, posisi tidur tengkurap juga sangat-sangat dibenci. Selain miring ke kanan, letakkan kedua tangan tepat di bawah pipi. 

Posisi tidur yang baik menurut Islam ini mempunyai manfaat yang baik bagi tubuh, diantaranya :

  • Mengistirahatkan Otak Sebelah Kiri 

Posisi tidur yang baik menurut Islam memiliki banyak manfaat, yang pertama adalah mengistirahatkan otak kiri. Dalam aktifitas sehari-hari anggota tubuh akan banyak bergerak dan bagian kanan yang lebih dominan. Seperti sudah diketahui, 2 bagian otak kita mempunyai fungsi secara silang dalam mengendalikan tubuh. Itu artinya, selama seharian otak kirilah yang lebih sibuk bekerja. Dengan mengistirahatkannya, bisa mencegah terjadinya bahaya bagi otak kiri akibat dari sirkulasi udara yang terhambat ataupun menjadi lambat kala tidur.

  • Mengurangi Beban Jantung 

Posisi tidur yang miring ke kanan, dalam hal ini adalah posisi tidur yang baik menurut Islam, akan membuat distribusi darah dalam tubuh secara merata serta terfokus di bagian kanan sehingga menurunkan keluar masuknya darah melalui jantung. Hal ini akan menurunkan tekanan darah juga denyut jantung dan tidur pun menjadi lebih berkualitas. 


  • Mengistirahatkan Lambung  

Posisi tidur yang tepat akan memperlancar kinerja lambung dalam mengosongkan kondisi lambung. Dikarenakan ketika proses mengeluarkan chyme, yang merupakan berbagai makanan yang usai dicerna oleh lambung. Jika proses tersebut tidak terhambat maka akan terhindar dari terbentuknya batu kandung empedu. Keluarnya cairan empedu serta getah pankeas juga akan mengalami peningkatan. Namun ada baiknya, ubah miring ke kiri sebentar saja untuk menetralkan lambung.

  • Meningkatnya Waktu Penyerapan Gizi 

Ketika seseorang dalam kondisi tubuh relaks saat tidur, akan terjadi peningkatan kinerja dari usus. Dengan posisi tubuh miring ke kanan, menyebabkan usus besar serta usus halus berada di posisi bawah. Sehingga akan membuat proses penyerapan makanan yang sudah dicerna menjadi lebih lama. 

Setelah mengetahui berbagai kebaikan yang bisa didapatkan dari posisi tidur yang baik menurut Islam, coba pikirkan kembali posisi tidur favorit kamu apakah sudah tepat atau belum. Semoga bermanfaat.

1 comment: