22 December 2015

Tips Agar Anak Cepat Bisa Berjalan

Tips Agar Anak Cepat Bisa Berjalan - Menurut pakar tumbuh kembang anak, biasanya si kecil mulai dapat berdiri serta melangkahkan kaki untuk pertama kalinya waktu mereka berumur 9-12 bulan serta mulai lancar jalan waktu umur mereka mencapai 14-15 bulan. Ayah bunda tidak perlu cemas bila di umur itu si kecil masih belum dapat berjalan, selama tak ada kelainan fisik pada badan si buah hati. Beberapa anak normal lainya baru mulai jalan hingga umur mereka 16-17 bulan. 

Mengetahui tahap perkembangan gerak si buah hati 

Di 5 bulan pertama, kaki si kecil belum cukup kuat untuk menyokong badan mereka, namun bila ayah bunda memegang badannya dengan posisi kaki di bawah dekat lantai, mereka bakal berupaya mengerak-gerakan kaki mereka seperti ingin jalan. Gerak itu merupakan gerak refleks yang umumnya mereka lakukan sepanjang beberapa bulan pertama. 

Sesudah si kecil masuk umur 6 bulan kebiasaan itu bakal hilang serta bertukar dengan rutinitas menekankan kakinya ke lantai seolah ingin meloncat-loncat. Rutinitas itu bakal berjalan sepanjang beberapa bulan bersamaan dengan makin kuatnya otot kaki mereka sambil si kecil berlatih berguling, duduk, serta merangkak. 
Tips Agar Anak Cepat Bisa Berjalan
Waktu si kecil menginajak umur 9 bulan, biasanya mereka bakal berupaya untuk belajar berdiri. Mereka bakal menarik apa pun yang ada didekatnya seperti kursi atau meja untuk menopang badannya berdiri. Di umur 9-10 bulan, mereka bakal belajar bagaimana caranya menekuk lutut mereka serta bagaimana caranya duduk serta berdiri. 

Di umur 12 bulan mereka bakal mulai bergerak dari satu tempat ke tempat lainya dengan memakai pegangan yang ada didekatnya. Sebagian anak di umur itu telah dapat berdiri dengan sendiri serta jalan walau tertatih-tatih tanpa ada harus berpegangan pada benda di sekelilingnya, jongkok serta membungkuk untuk mendapatkan mainan di bawah dari posisi berdiri. 

Tips mudah biar si kecil cepat berjalan 

Bila ayah bunda merasa si kecil agak lambat jalan, sesungguhnya bunda tak perlu cemas selama tak terlihat kelainan pada fisik, terlebih kaki si kecil. Kadang-kadang sebagian anak butuh dimotivasi serta distimulasi supaya berani jalan. Di bawah merupakan beberapa tips yang dapat dijalankan supaya si kecil segera dapat berjalan. 

1. Latih untuk berdiri tegak. Waktu umur mereka 9-10 bulan, bantu si kecil untuk jadi biasa berdiri tegak tanpa dipegang sepanjang setengah menit. Bila si buah hati duduk terjatuh, berikan motivasi dia untuk bangkit berdiri sendiri. 

2. Pegang tangannya. Latih mereka untuk melangkahkan kakinya sembari tanganya dipegangi ayah bunda. Bila telah memungkinkan biarlah tangan si kecil memegang satu tangan ayah bunda sebagai pegangan untuk berjalan. 

3. Berdiri dalam box. Letakkan si kecil dalam box tidurnya, bimbing mereka untuk berdiri dengan berpegangan pada dinding box serta pandu dia untuk jalan menyusurinya. Tetap temani mereka waktu belajar jalan dalam boxnya untuk memastikan keamanannya. 

4. Stimulasi dengan mainan. Letakan mainan kesukaanya dalam posisi tertentu, motivasi dia untuk mengambilnya lewat cara berjalan. 

5. Mendorong. Waktu si kecil belajar jalan umumnya mereka suka pada kegiatan mendorong, bila amat mungkin berikanlah mereka mainan yang dapat didorong.

No comments:

Post a Comment