3 December 2015

Berbagai Jenis Sakit Mata dan Obat Sakit Mata untuk Bayi

Berbagai Jenis Sakit Mata dan Obat Sakit Mata untuk Bayi - Bayi merupakan usia pertumbuhan manusia di mana ia masih sangat rentan menghadapi kuman penyakit. Akibatnya, kuman pun dengan mudah bersarang di organ-organ penting semisal hidung, mata, telinga, mulut dll. Khusus pertemuan kali ini, penulis akan membahas tentang obat sakit mata untuk bayi yang tentunya berbeda dari obat mata pada anak-anak maupun orang dewasa. Di sini, orang tua dituntut sangat cerdas untuk mengetahui keluhan sekecil apapun yang dialami oleh bayi mereka. Pasalnya, si kecil hanya bisa menangis sebagai sarana komunikasi untuk memberitahukan bahwa kuman telah menyerang organ mata. Intinya, orang tua harus dengan cepat mengetahui dan mengatasi penyakit mata ini.
Dari berbagai sumber yang penulis rangkum, sakit mata pada bayi setidaknya ada 3 macam, yaitu mata merah akibat infeksi virus pilek, alergi atau iritasi, dan mata belekan/penyumbatan air mata. Nah, dari penyebabnya ini, nanti kita akan bahas obat sakit mata untuk bayi. Mata merah akibat infeksi virus dan bakteri biasanya dibawa oleh virus penyebab pilek. Ya, selain menyerang organ tenggorokan dan hidung yang mengakibatkan batuk dan hidung meler, virus pilek juga dapat membuat mata bayi menjadi merah. Penyebab yang kedua ialah alergi atau iritasi. Sebagaimana ditekankan pada paragraf awal, orang tua harus peka terhadap setiap perubahan yang ditunjukkan oleh si buah hati. Maka, tugas kamu ialah mengenali hal-hal apa saja yang dapat membuat mata si kecil menjadi alergi. Untuk kasus iritasi, biasanya hal ini dipicu akibat mata bayi yang tidak terlindungi dan terkena paparan debu. 

Penyebab sakit mata pada bayi yang terakhir ialah penyumbatan saluran mata. Pada umumnya, saluran kotoran dari mata ke hidung pada bayi berusia di bawah 7 bulan, belum terbuka secara sempurna sehingga sering mengalami penyumbatan. Akibatnya, kotoran yang dihasilkan dari basuhan air mata pun menumpuk dan membuat mata bayi belekan. Dari sebab-sebab ini, selanjutnya akan kita bahasa obat sakit mata untuk bayi.

Berikan Obat Sakit Mata untuk Bayi sesuai Penyebabnya


Sakit mata pada bayi yang disebabkan oleh virus pilek dapat diatasi dengan memberikan obat pilek. Langsung ke titik sumbernya, dengan diberantasnya virus pilek, maka sakit mata pada bayi pun akan turut memudar; sedangkan obat sakit mata untuk bayi yang disebabkan oleh alergi dan infeksi ialah dengan meningkatkan asupan asi pada si kecil. Asi diketahui berfungsi sebagai agen peningkat daya tahan untuk memberantas alergi dan infeksi. Namun, untuk lebih memastikan proses kesembuhan, kamu juga dapat berkunjung ke dokter.

Belekan yang menumpuk pada mata bayi dapat kamu bersihkan dengan kapas yang telah dicelupkan ke air hangat. Air hangat akan memudahkan kapas untuk mengangkat sisa-sisa kotoran/belek yang lengket. Namun, kamu harus berhati-hati saat menyapu belek ini karena organ mata sangatlah sensitif. Di lain pihak, untuk melancarkan saluran kotoran mata, kamu dapat memijat-mijat bagian pangkal hidung bayi dengan ibu jari ke arah bawah. Cukuplah pijat dengan lembut bagian ini karena kulit si kecil masihlah tipis. 

Demikian pembahasan mengenai berbagai jenis sakit mata dan obat sakit mata untuk bayi, semoga bermanfaat!


No comments:

Post a Comment