3 December 2015

Berbagai Macam Penyakit yang Diakibatkan Oleh Mendengkur (Ngorok)

Berbagai Macam Penyakit yang Diakibatkan Oleh Mendengkur (Ngorok) - Banyak orang menganggap jika ketika kita tertidur dan kemudian mendengkur adalah tanda bahwa diri kita tidur sangat nyenyak. Asumsi tersebut ternyata salah kaprah, karena di saat kita tertidur kemudian mendengkur adalah sebuah tanda di mana kondisi tubuh terdapat gangguan yang dapat berbahaya bagi si pendengkur tersebuat. Gangguan mendengkur di saat tidur dalam istilah kedokteran disebut dengan Sleep Apnea, adalah apabila kondisi ini secara terus-menerus dialami oleh seseorang dalam jangka waktu yang cukup lama maka dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit berbahaya seperti hipertensi, penyakit serangan jantung, penyakit stroke, bahkan pada kondisi tertentu gangguan tidur dapat menyebabkan sebuah kematian mendadak.
penyakit ngorok, mendengkur

  • Penyakit Tekanan Darah Tinggi

Berdasarkan dari sebuah penelitian oleh para ahli, ketika kita sering mengalami kondisi mendengkur (sleep apnea) hal tersebut merupakan sebuah awal pemicu penyakit darah tinggi yang dapat menyerang pada seseorang, semakin besar gangguan tidur tersebut pada seseorang maka akan semakin berat juga tekanan darah pada orang tersebut.

  • Datangnya Penyakit Stroke

Gangguan tidur (sleep apnea) yang sering dianggap remeh oleh banyak pihak. Bahkan ada yang mengira jika mendengkur adalah sebuah kebiasaan ketika dia tidur. Padahal mendengkur, merupakan pelopor pertama dari penyakit stroke. Karena ketika kita mendengkur dapat mengakibatkan terjadinya peningkatan kekentalan darah pada penderita dan pada akhirnya dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena stroke.

  • Penyakit Serangan Jantung

Apabila terdapat seseorang yang menderita gangguan ketika tidur (sleep apnea) dan tidak mendapat sebuah perawatan, maka orang tersebut akan sangat berisiko terkena untuk terkena penyakit jantung. Gangguan ketika tidur diketahui dapat membuat denyut jantung menjadi tidak beraturan pada seseorang. Yang pada akhirnya dapat menyebabkan orang tersebut menderita penyakit jantung koroner, dan penyakit jantung kongestif.

  • Mudah Mengalami Depresi

Berdasarkan sebuah penelitian dari para pakar ahli, ditemukan bahwa orang yang mengalami gangguan tidur dapat mengakibatkan penderitanya mudah untuk mengalami depresi. Karena sel dalam otak dan darah tidak mendapat cukup istirahat.

  • Kerusakan pada otak

Orang yang sering mengalami gangguan tidur yang diakibatkan oleh mendengkur dapat memiliki risiko lebih besar untuk mengalami kerusakan pada otak yang permanen. Kerusakan ini dapat terjadi pada bagian otak yang berfungsi untuk mengontrol ingatan, tekanan darah, dan emosi.

  • Menimbulkan Diabetes

Gangguan tidur (sleep apnea) dapat juga mengganggu kinerja dari metabolisme tubuh, sehingga tubuh tidak dapat mentolerir zat glukosa dan juga resisten terhadap kandungan insulin. Sehingga yang terjadi adalah tubuh kita dapat terjangkit penyakit diabetes tipe-2 yang dikenal sebagai salah satu penyebab utama kematian di Dunia, hal ini terjadi karena tubuh tidak dapat memanfaatkan insulin dengan efektif.

Semoga artikel dengan judul Berbagai Macam Penyakit yang Diakibatkan Oleh Mendengkur, dapat membuat kamu tersedar bahwa kebiasaan yang selama ini kita anggap sepele, ternyata dapat berbahaya bagi kehidupan kita.

No comments:

Post a Comment