14 December 2015

Contoh Gerakan-Gerakan Senam Hamil 9 Bulan

Contoh Gerakan-Gerakan Senam Hamil 9 Bulan - Kehamilan merupakan hal yang paling ditunggu oleh sepasang suami istri. Sewaktu mereka menunggu sang calon buah hati, mereka dihinggapi beragam permasalahan. Dari mulai permasalahan kehamilan hingga permasalahan mendekati persalinan. Kehamilan seseorang pada intinya berumur kurang lebih 9 bulan 10 hari. Mendekati angka-angka itu, pasangan suami istri pasti dilanda rasa khawatir. Bukan sekedar untuk anak pertama, tetapi anak kedua dan seterusnya bakal akan terasa gugup mendekati persalinan. 

Untuk mengatasai persoalan gugup serta kelancaran waktu persalinan, banyak para calon ibu menjalankan senam hamil 9 bulan. Senam ini adalah senam yang tengah diminati banyak ibu hamil sekarang ini. Mereka melakukan hal semacam ini guna kelancaran kala proses persalinan nanti. 

Senam seperti ini gampang dikerjakan. Bahkan juga beberapa calon ibu bisa mengerjakannya sendiri dirumah. Beberapa gerakan dalam senam hamil 9 bulan ini cuma butuh dilakukan waktu umur kehamilan mencapai 9 bulan hingga akan terjadinya proses persalinan. 
Gerakan-gerakan senam hamil diantaranya : 

1. Duduk Bersila 

Satu diantara gerakan yang bisa dikerjakan yaitu dengan duduk bersila serta kedua tangan ada diatas paha. Posisi ini seperti posisi ketika meditasi yoga. Lalu aturlah nafas, hirup dan keluarkan perlahan-lahan. Gerakan ini bisa menolong beberapa calon ibu untuk melatih pernapasan mereka waktu persalinan kelak. 

2. Posisi Merangkak 

Gerakan yang lain yaitu, posisi merangkak. Sesudah merangkak, kempiskan perut serta mengerutkan dubur. Kerjakan gerakan seperti ini 8 kali kala melakukan senam. Selanjutnya para calon ibu hamil dapat juga menjalankan gerakan untuk melatih mengejang waktu proses persalinan. Gerakannya sedikit susah, yakni menempatkan kepala serta leher di lantai dengan posisi merangkak. Lalu yang perlu dikerjakan yaitu tarik nafas dengan kondisi mulut terbuka, lantas tutup mulut serta kerjakan dorongan seperti mengejang waktu BAB. 

3. Posisi Jongkok 

Langkah lain yang bisa dijalankan waktu senam hamil 9 bulan yaitu dengan cara jongkok. Diawali dari berdiri tegak, lalu jongkok secara perlahan-lahan dengan posisi punggung masih tetap tegak. Tahan posisi jongkok selama sekitar 10 menit selanjutnya berdiri. Gerakan ini bisa menguatkan otot paha serta meregangkan otot panggul. 

4. Pose Kupu-Kupu 

Gerakan yang lain dari senam ini yaitu pose kupu-kupu. Langkahnya cukup gampang. Beberapa calon ibu cuma butuh duduk di lantai. Lalu pertemukan kedua telapak kaki di depan seperti bertepuk tangan lantas mendorong lutut ke lantai. Lakukan gerakan ini secara berkali-kali. 

5. Jalan Kaki 

Gerakan yang paling akhir yang bisa dicoba beberapa calon ibu yaitu jalan kaki. Kala umur kehamilan mencapai 9 bulan, beberapa calon ibu banyak yang melakukan gerakan ini. Gerakan yang amat gampang dijalankan serta gunanya cukup banyak untuk proses persalinan nanti.

Tadi adalah contoh gerakan-gerakan senam hamil 9 bulan yang bisa dilakukan di rumah atau di taman tanpa perlu mengeluarkan biaya lebih. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment