14 December 2015

Cara Memilih Susu Formula untuk Bayi Kita

Cara Memilih Susu Formula untuk Bayi Kita - Susu formula yang bagus, tak dapat bila cuma dipandang dari harganya. Akan tetapi juga dipandang dari kandungan yang ada di dalam susu formula itu. Oleh karenanya tak semua susu formula yang mempunyai harga mahal bisa pas dengan si kecil. Setiap orang tua pasti mengidamkan anaknya senantiasa sehat. Seperti yang kita ketahui, satu diantara makanan paling baik untuk balita yaitu ASI. Walau demikian tak seluruh ibu bisa menghasilkan ASI yang cukup untuk buah hatinya. 

Dan sudah pasti untuk menangani permasalahan itu adalah dengan cara memberikannya susu formula. Walau demikian, penentuan susu formula juga mesti dicermati. Ini lantaran pemberian susu formula yang salah bisa mengakibatkan alergi, diare serta permasalahan kesehatan yang lain. Lantas apa saja tipsnya? Untuk lebih detilnya, simak penjelasan di bawah ini. 

Cara Memilih Susu Formula untuk Bayi Kita

Cocokkan dengan Usia 

Panduan yang pertama yaitu sesuaikan dengan umur. Tahukan kamu karakteristik susu formula dibagi jadi 2 jenis, yakni 0-6 bulan serta 6-12 bulan. Penggolongan itu berdasarkan dengan keadaan pencernaan bayi. Dimana seseorang bayi yang berumur 0-6 bulan mempunyai pencernaan yang belum prima, sedang bayi yang berumur 6-12 bulan sudah mempunyai sistem pencernaan yang baik serta telah bisa diberi MPASI (Makanan Pendamping ASI). 

Cermati Apakah Bayi Alergi atau Tidak 

Sesungguhnya susu formula juga dibedakan jadi 3 jenis, yakni susu sapi, susu kedelai serta susu elemental (susu formula yang mempunyai kandungan lemak kecil tetapi memiliki zat gizi tinggi) hingga susu elemental yang tak menyebabkan alergi. Oleh karenanya, bila si kecil alami alergi susu sapi maupun kedelai, kamu dapat memakai susu elemental. Akan tetapi baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu supaya tak terjadi hal yang tidak diinginkan. 

Cermati Kualitas Susu Formula 

Panduan menentukan susu formula yang bagus selanjutnya yaitu dengan cara memerhatikan kualitas serta keamanan susu formula. Produk susu formula yang aman dikonsumsi yaitu susu formula yang dibuat dengan mengikuti standar Good Manufacturing Product (GMP) serta di bawah pengawasan sesuai standar yang sudah diputuskan European Union (EU), the United States Food and Drug Administration (U. S FDA) serta sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Tidak cuma itu saja, susu formula yang baik juga mempunyai ijin dari BPOM. 

Cermati Komposisi Susu 

Selanjutnya yaitu dengan memerhatikan komposisi susu. Biasanya komposisi susu mesti mendekati dengan komposisi ASI yakni dengan kandungan zat serta nutrisi yang telah diputuskan WHO. Sebagian komposisi susu formula yang baik yaitu mencakup mempunyai kandungan AHA, DHA, LA, FOS serta GOS, Kolin, beta karoten, omega 3 dan omega 6. 

Nah tersebut sebagian panduan pilih susu formula yang bagus untuk bayi. Semoga bisa memberikan panduan yang pas kepada kamu saat kamu memiliki bayi.

No comments:

Post a Comment