25 December 2015

Cara Mengatasi Anak yang Terlambat Bicara

Cara Mengatasi Anak yang Terlambat Bicara - Waktu umur 12 bulan ke atas, seorang anak telah mulai bisa mengucapkan sebagian kalimat yang bisa ditangkap oleh setiap orang. Seorang anak yang telah berumur 18 bulan atau lebih biasanya juga telah bisa mengatakan 10 sampai 15 kata. Tetapi dalam beberapa masalah ada beberapa anak terlambat bicara. Sudah pasti hal semacam ini bisa bikin beberapa orang tua was-was serta cemas. 

Walau semuanya bisa dipelajari, namun demikian perubahan anak perlu dukungan serta stimulasi dari para orang tua untuk memberi dukungan tumbuh kembang anak tersebut. Tahukah kamu bahwa orang tua menjadi satu diantara media untuk memaksimalkan kecerdasan anak. 
Cara Mengatasi Anak yang Terlambat Bicara
Biasanya keterlambatan anak dalam bicara bisa dipicu oleh beberapa aspek, seperti aspek genetik, masalah pada pendengaran, minimnya komunikasi, aspek televisi dan ada kendala perkembangan otak anak itu sendiri. Lantas bagaimana caranya menangani anak terlambat bicara? Berikut penjelasannya! 

Langkah mengatasi anak terlambat bicara 

Jauhkan anak dari televisi serta gadget 

Langkah yang pertama yaitu dengan langkah menjauhkan anak-anak dari televisi serta gadget. Anak yang sering melihat televisi serta bermain gadget bakal menjadi pendengar yang pasif. Saat anak melihat televisi maupun bermain gadget, ia cuma menerima tanpa mengolah serta memproses informasi yang ada. Oleh karenanya jauhkan dahulu anak dari TV maupun gadget. Tidak hanya bisa menghalangi bicara, melihat televisi yg tidak sesuai sama usia anak dapat juga mengakibatkan anak traumatis dengan tayangan yang ia lihat. 

Memberinya stimulasi 

Yang kedua yaitu dengan langkah memberinya stimulasi. Stimulasi yang bisa diberikan yaitu dengan mengajaknya berkomunikasi walau anak belum dapat bicara dengan baik. berkomunikasi bisa dilakukan lewat cara mengajak anak untuk bernyanyi maupun membacakan dongeng untuk dia. 

Memberi anak kesempatan untuk berinteraksi 

Langkah mengatasi anak terlambat bicara selanjutnya yaitu dengan memberinya kesempatan untuk berinteraksi. Interaksi bisa dikerjakan lewat cara bermain dengan kamu maupun dengan teman-temannya. Aktivitas yang satu ini sudah pasti bisa memberikannya motivasi untuk si kecil supaya berlajar bicara. Lantaran bermain dengan rekan-rekan sepantarannya juga memerlukan kekuatan komunikasi verbal. 

Tanyakan dengan dokter anak 

Selanjutnya yaitu dengan langkah berkonsultasi dengan dokter anak. Dokter anak sudah pasti bisa memberi kamu jalan keluar seperti apa saja hal yang perlu dikerjakan para orang tua untuk bikin anaknya bisa bicara sesuai dengan umurnya. 

Nah itulah sebagian penyebab serta langkah mengatasi anak terlambat bicara yang bisa kamu coba.

2 comments: