26 December 2015

Tanda-Tanda Kita Kekurangan Vitamin C

Tanda-Tanda Kita Kekurangan Vitamin C - Vitamin C merupakan nutrisi yang sangatlah penting untuk badan lantaran fungsinya yang amat besar untuk kesehatan. Manfaat vitamin C di antaranya menambah kekebalan tubuh serta mencegah flu. Kekurangan vitamin C pada badan bisa menyebabkan beberapa penyakit serta permasalahan kesehatan yang lain. 

Penyakit yang paling umum terjadi efek kekurangan vitamin C yaitu penyakit kudis yang berlangsung lantaran tubuh kekurangan kolagen sebagai efek rendahnya kandungan vitamin C. Sariawan, gusi berdarah serta kulit kering juga adalah tanda-tanda tubuh kekurangan vitamin C. 
Beberapa peneliti juga sudah mempelajari kaitan pada defisiensi vitamin C dengan permasalahan neurologis. Permasalahan neurologis, fisiologis serta psikologis yang ekstrim efek kekurangan vitamin C itu berangsur-angsur membaik sesudah keperluan vitamin C tercukupi dengan meningkatkan asupannya. Obat yang paling simpel yaitu dengan menambah konsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin C diantaranya jeruk, lemon, limau, kubis, kembang kol, asparagus, brokoli serta yang lain. 

Tanda-tanda Kekurangan Vitamin C 

Selain beberapa hal diatas, tubuh yang kekurangan vitamin C dapat juga ditandai oleh tanda-tanda sebagai berikut ini : 

1. Kekurangan energi yang parah, kelemahan serta depresi 

Kekurangan vitamin C bahkan bisa memengaruhi kemampuan tulang. Tingkat vitamin C yang rendah dapat juga mengakibatkan penurunan berat badan secara drastis. 

2. Pendarahan gusi, gigi tanggal, atau gingivitis 

Hal semacam ini berlangsung lantaran badan kekurangan kolagen yang dibutuhkan untuk membangun serta memelihara jaringan gigi serta gusi. Vitamin C sangatlah dibutuhkan oleh badan untuk mensintesis kolagen. 

3. Pergantian kondisi hati 

Orang yang kekurangan vitamin C, moodnya gampang sekali berubah-ubah, mudah emosi, serta gampang marah. 

4. Kulit memar 

Kulit yang gampang memar serta memerlukan waktu yang lama untuk sembuh, dapat jadi tanda-tanda kekurangan vitamin C. Lambatnya penyembuhan luka ringan secara alami oleh badan juga memperlihatkan bahwa kandungan vitamin C dalam tubuh kurang mencukupi. 

5. Nyeri sendi 

Nyeri sendi atau tungkai yang parah adalah tanda-tanda yang memberikan indikasi bahwa tubuh kekurangan vitamin C. Terkadang penyakit kudis yang parah dapat juga mengakibatkan pendarahan di dalam sendi serta menyebabkan rasa sakit yang tidak tertahankan. 

6. Anemia 

Anemia merupakan tanda lain dari kemungkinan kekurangan vitamin C. Orang yang kekurangan vitamin C juga mudah jatuh sakit lantaran sistem kekebalan tubuhnya melemah. 

Oke, ini dia gejala-gejala akibat kekurangan vitamin C dalam tubuh. Semoga bermanfaat.

6 comments:

  1. Wah kayaknya gue kurang vitamin C nih, soalnya sering tiba-tiba sakit gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya, sama kayak saya, kekurangan vit c makanya jadi sakit"an :D

      Delete
  2. bisa efek ke nyeri sendi juga ya, gawat

    ReplyDelete
  3. Untung saya nggak kurang vitamin C (baca: cinta) hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau itu saya juga tidak kekurangan mas syaiha hehehe

      Delete