17 December 2015

Cara Agar Anak Berani Tidur Sendirian

Cara Agar Anak Berani Tidur Sendirian - Takut tidur sendirian merupakan permasalahan yang seringkali dihadapi anak-anak. Mereka memiliki imajinasi bila tidur sendirian, bisa membahayakan dirinya sendiri atau diganggu hantu. Sebagai orangtua, kamu pasti inginkan anak jadi mandiri serta dapat tidur sendiri tanpa ada harus ditemani setiap waktu. Simak tips bikin anak berani tidur sendiri : 

1. Rencanakan sebelumnya 

Janganlah minta anakuntuk tidur sendirian dengan cara mendadak. Sebagai langkah pertama, buat anak untuk tertidur sendirian bahkan juga saat mereka tidur dengan kamu. Lalu, biarlah mereka tidur di siang hari sendirian di suatu ruang. Saat anak-anak jadi akrab dengan kamar mereka, baru membiarkan tidur sendirian pada malam hari. 
Cara Agar Anak Berani Tidur Sendirian

2. Menjamin keamanan 

Membiarkan anak kamu tidur sendiri tak berarti mesti ada jarak di antara kamu dengan anak. Kamu mesti bikin si anak terasa bahwa kamu ada disana. Kamu bisa berusaha untuk menengok si kecil setiap 10 menit. Katakan pada mereka bahwa kamu akan tiba setiap 10 menit serta melakukannya hingga mereka tidur. Ini bakal jadi jaminan untuk anak bahwa kamu ada disana. 

3. Menghabiskan saat dalam gelap 

Bila balita kamu takut kegelapan, maka menggunakan waktu dalam kegelapan yaitu satu-satunya langkah untuk mengatasinya. Matikan lampu, serta habiskan saat dengan bercerita atu mengobrol santai. Mematikan lampu juga efisien untuk memberitahu pada mereka bahwa tak ada sinar akan tidak membuat perubahan di dalam ruang. 

4. Menerapkan kebiasaan tidur 

Satu gelas susu hangat, menyikat gigi, mengatakan selamat malam atau membaca cerita pengantar tidur bakal bikin tidur mereka mengasyikkan bukan jadi menakutkan. Hal semacam ini bakal menolong anak mengerti bahwa tidur adalah bagian dari kebiasaan sehari-hari mereka. 

5. Hilangkan gangguan 

Siapkan kamar yang nyaman, bantal yang empuk serta jangan sempat anak kamu jatuh dari tempat tidur. Menghilangkan semua alat komunikasi atau tv di seputar kamar supaya tidak mengganggu tidur malamnya. 

6. Biarlah mereka tertidur sendiri 

Kekeliruan yang paling umum dikerjakan oleh orang tua yaitu memaksa anak untuk selekasnya tertidur. Hal semacam ini bikin anak tak nyaman. Biarlah mereka tidur nyenyak dengan sendirinya. 

Cara itu dapat melatih anak kamu supaya berani tidur sendirian. Mulai saat ini latih anak kamu supaya berani serta tak manja. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment