1 December 2015

Bunda, Ini Lho Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi - Tak sedikit orang tua yang ingin mengetahui apa saja ciri-ciri dan cara mengatasi perut kembung pada bayi karena gangguan kesehatan ini kerap kali mengusik kegembiraan si kecil dan orang tua. Bayi memang memiliki tingkat fungsi sistem pencernaan yang berbeda-beda. Walaupun begitu, dapat dipastikan bahwa semua bayi pasti akan membuang gas dari dalam perutnya. Namun, jika organ pencernaan mereka terganggu, maka perut mereka akan menjadi kembung karena penuh dengan gas. Penyebab perut kembung ini ada berbagai macam, mulai dari alergi laktosa, sembelit, stres, infeksi, dan terlalu banyak makan. Faktor lain semisal mulas atau akibat dari makanan yang dimakan oleh si ibu sebelum memberikan asi jga dapat menjadi penyebab kembung pada bayi.

Sayangnya, berbeda dengan orang dewasa yang sudah lancar dalam bertutur, bayi tidak bisa menjelaskan kepada orang tua gejala apa yang mereka rasakan. Maka dari itu, orang tua harus peka terhadap perubahan-perubahan yang terjadi pada si buah hati dan kemudian memeriksa apa yang terjadi. Biasanya, bayi akan mulai mengalami perut kembung selama 4 bulan pertama karena sistem pencernaan mereka yang masih dalam tahap perkembangan dan belum sempurna. Nah, sebelum kita membahas cara mengatasi perut kembung pada bayi, pertama-tama kita akan mendiskusikan ciri-ciri bayi yang mengalami perut kembung.

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi
Saat gas dalam perut terjebak, maka ia akan berperilaku layaknya udara dalam botol yang menghambat aliran cairan pencernaan. Kalau perut si buah hati terlihat lebih mengembang dan keras, maka hal ini bisa menjadi indikasi bahwa bayi kamu mengalami perut kembung. Selain perut yang membesar, gas kentut berlebihan yang dikeluarkan bayi juga dapat menjadi gejala perut kembung. Bayi normal akan buang angin sekitar 15-20x setiap harinya. Kemudian, ciri-ciri selanjutnya ialah sendawa. Ya, sendawa merupakan mekanisme alami tubuh untuk membuang gas berlebihan. Hal ini terjadi karena terlalu banyak udara yang ditelan oleh si kecil saat sedang makan. Itulah beberapa ciri-ciri perut kembung pada si kecil, dan berikutnya kita akan membahas tentang cara mengatasi perut kembung pada bayi.

2 Teknik Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Gas yang terperangkap di dalam perut memang bukanlah suatu hal yang disengaja. Oleh karena itulah, maka sebagai orang tua, kita wajib mengetahui teknik mengatasi perut kembung pada bayi untuk memberikan pertolongan pertama. Cara yang pertama ialah dengan mengetahui posisi yang tepat saat memberikan asi pada si kecil dengan menjaga kepala dan lehernya berada di atas posisi perut saat sedang menyusu. Jika kamu memberikan susu formula, maka miringkan botol pada posisi vertikal hingga semua udara di dalam botol berada di bagian atas. 

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi
Selain itu, kamu juga bisa memicu sendawa pada bayi dengan memberikan stimulasi di bagian pundak. Lakukan hal ini di tengah-tengah dan setelah kegiatan menyusui. Itulah 2 teknik cara mengatasi perut kembung pada bayi.

Tuh, dikasih cara dari beberapa artikel yang saya baca. Semoga bermanfaat ya. 





Kalau mau kirim artikel soal kesehatan, silahkan hubungi di kontak.

No comments:

Post a Comment