1 December 2015

Inilah Bahaya Dari Terlalu Banyak Minum Air Putih

Walaupun air putih sangat diperlukan oleh tubuh, namun kita harus hati-hati saat mengkonsumsinya, karena jika tubuh terlalu banyak mendapat asupan air putih, maka akan memberikan efek yang tidak baik bagi tubuh. Nah, berikut ini akan saya ulas sedikit tentang dampak yang terjadi jika kita terlalu banyak minum air putih.

  • Dapat Merusak Komposisi Sel Darah

Jika kita terlalu banyak minum air putih, maka dampak yang terjadi pada tubuh kita adalah dapat merusak komposisi sel darah. Di dalam sel darah terdapat plasma darah yang memiliki kadar kekentalan darah secara fisiologis dalam tubuh yang terukur. Bila kita mengkonsumsi air putih terlampau banyak, maka dikhawatirkan dapat mengganggu kadar kekentalan dari darah tersebut. Dampak lebih luasnya yang akan terjadi adalah akan mengganggu sistem peredaran darah di dalam tubuh kita.
Inilah Bahaya Dari Terlalu Banyak Minum Air Putih

  • Meningkatkan Jumlah Kapasitas Darah

Apabila volume darah meningkat dengan drastis maka dapat mengganggu kinerja dari jantung dan sistem pembuluh darah (sistem tertutup). Kapasitas air yang meningkat, dapat mengganggu. Karena terjadi benturan antara meningkatnya air dalam tubuh dan peningkatan tekanan pada sistem pembuluh darah yang tertutup tersebut. Kondisi tersebut akan membuat organ ginjal bekerja lebih keras untuk mengurangi jumlah air dalam sirkulasi darah dalam tubuh.

  • Meningkatkan Kinerja Ginjal dari Yang Seharusnya

Tubuh memiliki organ yang bernama ginjal yang fungsinya untuk menyaring setiap cairan yang masuk ke dalam tubuh. Di dalam ginjal terdapat bagian yang penting bernama glomerulus. Bila banyak cairan yang harus disaring, maka beban yang akan diterima oleh ginjal akan semakin besar. Bila hal ini terlalu sering terjadi, dan ginjal selalu dipaksa untuk bekerja keras daripada biasanya, maka yang akan terjadi adalah organ glomerulus dapat rusak yang menyebabkan datangnya berbagai macam penyakit.

  • Terjadinya Pembengkakan Sel

Jika kita terlalu banyak minum air putih, maka dampak yang terjadi adalah pembengkakan sel. Hal ini karena adanya peningkatan kadar natrium dalam tubuh yang berlebihan. Bila hal ini terjadi pada sel-sel otak maka akan dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Kekurangan natrium atau biasa disebut dengan kondisi Hyponatraemia, yang dapat menyebabkan mudah mengantuk. Namun, jika hal tersebut terjadi secara cepat, kekurangan natrium ini dapat berakibat pada terjadinya intoksikasi air yang berakibat terjadinya mual, sering buang air kecil, sering pingsan, sistem pernafasan terganggu, dan bahkan bisa menyebabkan kematian. Intoksikasi (keracunan air) adalah akibat lanjut dari pembengkakan pada sel otak ini yang merupakan ketidakseimbangan elektrolit.

  • Kasus keracunan air (Intoksikasi air)

Hal ini juga dikenal dengan istilah hiper-hidrasi atau overhydration, adalah sebuah gangguan potensial yang terjadi di dalam fungsi otak ketika keseimbangan elektrolit terganggu karena terlalu banyak mengkonsumsi air. Ada sebuah kasus keracunan air baru-baru ini yang dialami oleh seorang wanita bernama Jennifer Strange, hal tersebut menyebabkan ia mengalami koma beberapa hari dan kemudian dia tidak dapat tertolong akibat pembengkakan otak. Keracunan air dapat juga terjadi akibat bahaya air minum isi ulang yang tidak higienis.

Demikian, artikel bahaya bila terlalu banyak minum air putih. Memang, semua sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Yang sedang-sedang saja, yang sedang-sedang saja.

No comments:

Post a Comment