30 November 2015

Manfaat Buah Tomat untuk Tubuh Kita

Menjadi Sehat Dengan Buah Tomat - Tomat memiliki nama ilmiah yaitu Solanum lycopersicum, merupakan tumbuhan pendatang yang berasal dari Negara Amerika. Tanaman ini tidak tahan dengan wilayah yang selalu hujan, memiliki cahaya matahari yang terik, dan tanaman ini menginginkan hidup di tanah yang gembur serta subur. Tomat termasuk buah yang memiliki kadar serat yang tinggi dengan kadar 4,2 gram per 100 gram bahan. Tomat terkenal akan kandungan zat Likopen yaitu zat warna merah pada tomat, yang dapat mencegah kanker prostat. Maka dari itu, bagi kaum adam sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah tomat secara rutin (setiap hari), agar tidak mudah terkena penyakit kanker prostat. 

Menjadi Sehat Dengan Buah Tomat
Buah Tomat memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh diantaranya adalah zat Alkaloid Solanin sebanyak (0, 007%), zat Saponin, Asam Folat, zat Asam Malat, zat Asam Sitrat, zat Bioflavonoid, kandungan Protein, mineral Lemak, zat Gula (Glukosa dan Fruktosa), zat Adenin, zat Trigonelin, Kholin, zat Tomatin, zat Mineral, Vit.B1, vit.B2, vit.B6, vit.C, vit.E, zat Niasin, Serta zat Histamin. Zat dalam buah tomat berkhasiat mencegah berbagai penyakit seperti kanker prostat, menurunkan tekanan darah tinggi, membantu pembentukan zat glikogen dalam hati, mengatasi penyakit usus buntu, dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah, mencegah gusi berdarah, serta mengatasi masalah obesitas, membuat bersih darah dan hati, serta mampu mencegah rabun senja.

Buah tomat bermanfaat untuk menjaga kesehatan hati dengan cara menyelaraskan fungsi hati. Selain itu, tomat juga mampu meningkatkan nafsu makan sehingga dapat menghindarkan diri kita dari penyakit Anorexia (tidak nafsu makan).

Tomat juga banyak dimanfaatkan sebagai produk kecantikan, banyak masker dan obat anti penuaan dini yang berbahan dasar tomat. Bukan tanpa alasan, mengapa tomat dijadikan sebagai bahan kecantikan. Karena tomat memiliki kandungan zat likopen yang memang terbukti ampuh sebagai zat antioksidan. Zat lain yang terdapat pada tomat seperti zat tomatin yang dapat menjadi obat anti peradangan, yaitu dapat menyembuhkan luka dan jerawat. Jika tubuh Anda demam, tomat juga mempunyai sifat penurun demam. Sementara serat yang tinggi di dalam tomat mampu menghindarkan dari gangguan pencernaan seperti sembelit dan wasir.

Menjadi Sehat Dengan Buah Tomat
Mengkonsumsi buah tomat sebaiknya dengan cara di masak terlebih dahulu, seperti yang diungkap dari penelitian badan pangan dunia FAO & WAO. Hasil penelitian menunjukkan jika kandungan zat likopen tidak akan rusak ketika dimasak. Melainkan kandungan likopen akan meningkat menjadi sepuluh kali lipat ketika tomat diolah menjadi saus atau pasta tomat.  Jika ingin mengolah tomat dan mendapatkan manfaatnya sebaiknya dengan cara direbus atau dikukus. Jika ingin mengkonsumsi tomat sebaiknya pilih yang  organik. Karena, tomat organik lebih sehat karena bebas dari bahan kimia, baik dari pupuk atau dari pestisida. Tomat dari hasil organik juga lebih tinggi kandungan zat kalsiumnya, sekitar 23 mg dibandingkan tomat non-organik, yang hanya mengandung 5 mg per kalsium.

Banyak kandungan yang bermanfaat dalam buah tomat. Jika kita rutin untuk mengkonsumsi buah tomat, maka dapat dipastikan kita dapat terhindar dari berbagai jenis penyakit. Semoga artikel ini yang berjudul Menjadi Sehat Dengan Buah Tomat, dapat bermanfaat.
             

No comments:

Post a Comment