28 November 2015

Waktu Tidur Yang Baik Agar Lebih Sehat

Waktu Tidur Yang Baik Agar Lebih Sehat
Waktu Tidur Yang Baik Agar Lebih Sehat - Tidur ialah waktu dimana tubuh kamu diberi kesempatan untuk rehat dari segala aktifitas. Waktu yang teramat penting bagi tubuh setiap manusia pastinya terlebih dilakukan pada malam hari. Dikarenakan ada banyak sekali manfaat baik yang bisa diperoleh tubuh. Ketika tidur, semua organ tubuh akan beristirahat dan berfungsi untuk memulihkan stamina tubuh. Agar tubuh kembali fresh ketika bangun di pagi hari, perlu adanya tidur yang berkualitas. Tidur yang berkualitas bisa di dukung dari waktu tidur yang baik.

Waktu, menjadi hal yang perlu diperhatikan ketika kamu memutuskan untuk tidur. Hal ini, berkaitan erat dengan kesehatan tubuh kamu. Menurut penelitian, waktu tidur yang baik ialah sepanjang 8 jam tiap harinya. Dengan begitu, akan menurunkan prosentase resiko untuk lebih cepat meninggal. Dan kali ini akan mengulas waktu yang baik untuk tidur :

  • Tidur selama 6 - 7,5 jam Setiap Harinya

Seperti yang sudah banyak digembar-gemborkan lewat media televisi, radio, maupun media online memang tidak selalu benar. Hal ini diambil dari berbagai keterangan hasil penelitian dari mereka para ilmiah. Jangka waktu tidur yang baik  untuk membawa tubuh dalam posisi rileks ialah sebanyak 6 - 7,5 jam tiap harinya. Namun, pada dasarnya setiap orang mempunyai waktu tidur yang tidaklah sama. Waktu tidur yang kurang, ditandai dengan langsung terlelap ketika mulai berbaring. Dan jika baru akan terlelap sekitar 15 menit, itu berarti waktu tidur kamu bisa dibilang tercukupi dengan baik.  

  • Hindari tidur kurang dari 5 jam untuk per harinya

Untuk mendapatkan tidur berkualitas, kamu membutuhkan waktu tidur yang baik dan cukup, tidak kekurangan dan tidak berlebihan. Sepadat apapun aktifitas kamu, usahakan untuk tidak mengabaikan waktu tidur. Jangan sampai aktifitas kamu justru memberi dampak buruk pada kesehatan. Kurangnya waktu tidur bisa memicu adanya penyakit mendiami tubuh seperti resiko stroke, nyeri pada jantung serta terjadi kerusakan pada tulang.

  • Jangan Tidur Terlalu Lama 

Jika ada yang beranggapan semakin lama terlelap saat malam hari, semakin bagus. Hapus anggapan dari dalam pikiran kamu. Waktu tidur yang terlampau panjang beresiko sama dengan kekurangan tidur. Orang yang tidur di malam hari sepanjang 9 jam atau lebih bisa mengakibatkan kepala pusing, tubuh lemas, konsentrasi terganggu dan gangguan kesehatan lainnya. Cukupi waktu istirahat dengan baik serta tepat. Usahakan tidur lebih awal dan bangun lebih awal, kamu bisa mulai tidur mendekati pukul 10 malam dan bangun di jam subuh. Hindari tidur di atas jam 12 malam dan hindari juga tidur di pagi hari. Sebaiknya, mulai membiasakan diri untuk tidur teratur setiap harinya. 

Berbagai penjelasan di atas bisa menjadi bahan pertimbangan kamu untuk lebih bijak dalam memperlakukan diri kamu. Jangan anggap sebagai hal kecil, hal buruk meskipun kecil apalagi dilakukan secara berkelanjutan bisa mendatangkan penyesalan. Sayangi diri kamu, dimulai dengan memberikannya waktu tidur yang baik. Sayangi juga keluargamu dengan waktu yang tertata dan terjadwal. Mantap kan?

No comments:

Post a Comment