28 November 2015

Bahaya Tidur Dengan Lampu Yang Menyala

Bahaya Tidur Dengan Lampu Yang Menyala
Bahaya Tidur Dengan Lampu Yang Menyala - Kamu lebih suka tidur dalam ruangan terang terpapar sinar lampu atau gelap? Setiap orang pasti mempunyai pilihannya masing-masing ketika tidur. Ada yang lebih suka tidur dalam keadaan gelap karena menurutnya menenangkan hingga cepat terlelap dan biar tidak ada yang mengintip. Namun banyak juga yang justru merasa sulit tidur dengan lampu yang mati ataupun sebaliknya. Sebenarnya, ada bahaya tidur dengan lampu menyala.

Meninggalkan hal itu, keadaan terang dari sinar lampu ketika tidur bisa mengakibatkan hal-hal buruk terjadi. Jangan sampai niat kamu meluangkan tubuh untuk rehat justru memunculkan berbagai penyakit. Supaya kamu tidak semakin panik dan penasaran, mari simak penjelasan berikut mengenai beberapa bahaya tidur dengan lampu menyala :

  • Kanker 

Bahaya tidur dengan lampu menyala yang bisa saja terjadi adalah kanker. Penyakit super mengerikan ini bisa menghinggapi tubuh diakibatkan dari hal yang dianggap sepele. Mungkin kamu tidak pernah memikirkan apa yang kamu lakukan ketika tidur, yang selama ini mungkin kamu anggap sebagai penunjang kenyamanan saat beristirahat. Kebiasaan tidur di bawah lampu yang terang, mungkin kamu pikir menjadi hal yang tidak terlalu mengkhawatirkan. Padahal hal ini, bisa memicu terbentuknya sel kanker di dalam tubuh. Tentu kamu tidak ingin hal ini terjadi bukan? Jadi, mulailah matikan lampu ketika akan tidur. 

  • Menghambat Produksi Hormon Melatonin  

Di dalam tubuh manusia, terdapat berbagai hormon penting yang berfungsi dalam melindungi tubuh dari serangan sel jahat, salah satunya ialah Melatonin. Melatonin  merupakan hormon yang mempunyai peran untuk menghambat serta mencegah  tumbuhnya sel kanker. Jika lampu terus menyala sepanjang kamu tidur, produksi dari hormon melatonin akan mengalami penurunan. Daya tahan tubuh kamu terhadap kanker menjadi rentan karena tak mendapat perlindungan dari hormon melatonin. Ini adalah salah satu bahaya tidur dengan lampu menyala yang benar-benar sudah di buktikan secara ilmiah.

  • Tidak Baik Bagi Seorang Wanita 

Bagi kamu yang wanita, mulailah memperhatikan akan hal ini. Jika biasanya kamu tidur dengan lampu yang terus menyala sampai bangun saat pagi hari, sebaiknya segera menghentikannya. Dikarenakan bahaya tidur dengan lampu menyala bisa memberi dampak buruk bagi kamu. Tubuh kamu yang dibiarkan terkena sinar lampu akan meningkatkan resiko terjangkitnya kanker usus besar. Tidak hanya itu, bahkan bisa berpotensi lebih besar terkena kanker payudara. Mulai sekarang, bagi kamu seorang wanita atau putri kesayangan kamu pastikan tidak lagi membiarkan lampu menyala ketika beristirahat. 

  • Dapat Mengancam Kesehatan Tubuh 

Ternyata ada banyak hal yang perlu diperhatikan ketika kita tidur. Lampu yang terus menerangi tubuh akan mengakibatkan terjadinya berbagai gangguan tidur. Selain itu, juga berakibat pada gangguan terhadap sistem metabolisme serta memicu penyakit kardiovaskular. Diabetes menjadi satu diantara penyakit yang paling dihindari, dan dengan mematikan lampu kala kamu mengistirahatkan tubuh, bisa menurunkan potensi terkena Diabetes. 

Demikian berbagai bahaya tidur dengan lampu menyala. Ada baiknya, perlahan-lahan untuk membiasakan mematikan lampu ketika beranjak tidur. Sudah pasti meninggalkan hal yang tidak tepat demi kebaikan kesehatan diri kamu. Selain itu, tidur dengan lampu yang menyala dapat membuat hantu di jendela dapat melihat kita. Tapi, jujur, saya sendiri tidak bisa tidur dengan keadaan yang sangat gelap,, harus ada sedikit cahaya untuk melihat. Trauma gitu.

12 comments:

  1. Saya dulu kalau tidur selalu nyalain lampu, seterang-terangnya, dan yang sering dirasain pas bangun tidur adalah pusing, capek, dan kurang semangat. Padahal kan sehabis bangun tidur, semestinya tubuh lebih rileks. Akhirnya saya putuskan matiin lampu sebelum tidur, dan alhamdulillah... setelah itu tidur saya lebih berkualitas, dan pas bangun tidur lebih rileks.

    Entahlah apa ini akibat faktor lain juga, tapi satu hal yang pasti: kurangnya paparan cahaya saat tidur itu bermanfaat. Manfaat lainnya ternyata lebih banyak, yang telah diuraikan dengan rinci di atas. Kalau boleh saran, jika ngga bisa tidur dengan kondisi lampu mati, sebaiknya pasang lampu meja. Setidaknya masih lebih baik daripada lampu kamar yang menyala terang.

    Thanks sharing infonya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar, saya juga begitu dan baru saja saya alami mas, semalem lampu kamar dinyalain sama adik jadinya ini bangun tidur badan sakit semua .

      Iya, saya biasanya memanfaatkan lampu teras yang masuk di sela-sela ventilasi kamar, kalau nggak sambil nyalain tv biasanya meski itu gak baik.

      Sama-sama mas :)

      Delete
  2. Segitu seriusny yah ternyata tidur dengan lampu terang, kirain hanya biar kita nyama aja kalau tidur dengan lampu dimatikan, TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, bahaya sih cuman ya terkadang orang ada yg takut gelap

      sama-sama mbak

      Delete
  3. aku dlu suka parno klol tdur dg lmpu mati..
    skrg gk,
    tengkiu ilmunya yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, saya juga parno mbak, makanya saya pakai lampu teras biar gak gelap-gelap amat hehe

      sama-sama

      Delete
  4. lampu kamarku malah nyala terus. kadang suka bingung kalo bangun dalam keadaan gelap

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener mbak, kalau belum terbiasa memang gitu, tapi efek buat kesehatan tidak bagus kalau lampu nyala

      Delete
  5. duh. aku salah satu yang sering tidur dengan lampu masih nyala nih. :(
    tapi kesini sini, emang lagi belajar tidur gelap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, biasakan tidur dengan lampu yg mati, atau remang-remang :D

      Delete
  6. Waduh... Ini salahsatu kebiasaan saya, ternyata ga bagus ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar gak bagus mas, perlahan coba pake lampu redup, enak kok

      Delete