29 November 2015

Cara Merawat Bayi Baru Lahir, Memandikan dan Menidurkan

Cara Merawat Bayi Baru Lahir, Memandikan dan Menidurkan
Cara Merawat Bayi Baru Lahir, Memandikan dan Menidurkan - Cara merawat bayi baru lahir kadang menjadi hal paling sederhana, tetapi kadang juga menjadi hal paling sulit yang kamu lakukan dalam hidupmu. Karena bayi adalah makhluk kecil yang hanya berkomunikasi dengan dua cara, yaitu menangis dan berteriak Bayi sangat bergantung kepada orang tuanya, dan kamu sebagai orang tuanya adalah orang yang bertanggung jawab atas apapun yang terjadi terhadap bayimu. 

Hal itu akan cukup sulit terutama jika kamu orang tua baru yang selama ini hanya mengurus dirimu sendiri. Maka dari itu, saya disini akan membahas cara merawat bayi yang baru lahir. Tips yang paling awal dan penting adalah bernafaslah dan relax ketika menggendong ataupun ketika bersama bayi kamu. Karena bayi  tahu ketika kamu tegang, dan keteganganmu akan tertransfer kepada bayi, dan akan membuat bayi kamu tegang dan rewel.
Cara Merawat Bayi Baru Lahir, Memandikan dan Menidurkan
Bayi yang baru lahir tidur setiap saat, biasanya 20 jam dalam sehari, terutama minggu-minggu awal kelahiran bayi. Tetapi dilain sisi, bayi perlu makan cukup sering, karena bayi yang baru lahir cenderung cepat merasa lapar dikarenakan perutnya yang kecil dan kebuthan nutrisinya. Jika anda sebagai ibu menghabiskan waktu seharian menyusui si bayi, itu hal yang normal. Perlu diperhatikan, makanan yang paling baik untuk bayi yang baru lahir adalah ASI, karena ASI mengandung colostrums dan zat-zat penting lainnya yang baik untuk imunitas dan tumbuh kembang bayi.

Alasan utama bayi menangis adalah rasa lapar. Tetapi jika kamu sudah menyusuinya dengan cukup dan bayi masih menangis, kamu perlu mengecek popoknya. Segera ganti popok atau pakaian bayi apabila kotor atau lembab dan bersihkan pula bokong dan kemaluan bayi setelah buang air besar atau buang air kecil. Untuk menjaga kebersihan bayi, kamu bisa memandikan atau menyeka bayi dua kali sehari menggunakan produk khusus bayi yang aman dan terpercaya seperti sabun mandi, bedak, shampoo, dll. Selain itu, perlu diperhatikan, pakaian bayi harus dicuci dengan detergen khusus bayi dan hindari penggunaan softener agar terhindar dari iritasi. 

Cara Merawat Bayi Baru Lahir: Memandikan Bayi

Cara Merawat Bayi Baru Lahir, Memandikan dan Menidurkan
Cara merawat bayi baru lahir selain memberi susu adalah memandikan bayi. Isi bak mandi bayi dengan air hangat cukup setinggi 2 inci.  Pastikan anda sudah menyiapkan semua hal yang dibutuhkan sebelum kamu membuka pakian bayi anda, seperti sabun bayi, shampoo dll. Gunakan waslap hangat untuk mengelap wajah, tangan dan bokongnya. Memandikan bayi akan lebih mudah dan efektif jika dilakukan oleh dua orang, satu orang memegang bayi dan satu orang lagi mengelapinya. Tetapi, dilakukan sendiripun tidak masalah. Mengingat mandi adalah hal yang paling dibenci bayi, kamu dianjurkan untuk mengalihkan perhatian bayi ketika sedang dimandikan, dengan cara mengajaknya bicara, memeluk atau menciumnya, agar bayi tidak menangis dan mengamuk ketika dimandikan.

Cara Merawat Bayi Baru Lahir: Menidurkan Bayi 

Cara Merawat Bayi Baru Lahir, Memandikan dan Menidurkan
Bayi yang baru selalu tidur dengan gelisah terutama di malam hari, dia akan sering terbangun di tengah malam. Untuk meminimalisir kegelisahan bayi agar bayi bisa mendapatkan tidur yang lebih berkualitas dan nyenyak, sebelum menidurkan bayi, kamu bisa memandikannya dengan air hangat yang sudah ditetesi dengan baby bath dan pijat  bayi dengan baby oil. 

Setelah itu, kamu bisa membuat suasana tenang dengan cara membacakannya dongeng atau menyanyikannya lagu. Gunakan lampu kecil dengan warna cahaya yang tidak mencolok dan gunakan kelambu untuk menghindari nyamuk. 

Demikianlah beberapa tips cara merawat bayi baru lahir. Bukan berarti saya sudah memiliki anak, lulus kuliah aja belum. Ah elah. . . . Artikel ini saya dapat dari pengalaman teman-teman saya yang selama ini sudah banyak yang menikah. Semoga bermanfaat untuk ibu-ibu baru.

No comments:

Post a Comment