21 August 2015

Pentingnya Meng-Eject Flashdisk Sebelum Dicabut

DIRGAENGGAR.COM - Mencabut langsung flasdisk yang masih menancap pada komputer atau laptop sering dilakukan oleh banyak orang. Biasanya karena terburu-buru atau memang tidak tahu apa efek yang ditimbulkan dari kita langsung mencabut flashdisk yang masih menancap. Ibarat mur baut yang masih menancap, kalau langsung ditarik maka akan menghasilkan kerusakan pada rumah buliran bautnya, begitu juga flashdisk. Tak sedikit orang menganggap meng-eject flashdisk sebelum dicabut adalah pekerjaan sia-sia. 20 detik yang digunakan untuk meng-eject flashdisk bisa digunakan untuk hal lainnya seperti mengupil, berkedip cantik, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, saya mencoba menjelaskan pentingnya meng-eject flashdisk sebelum dicabut.

Apa Pentingnya Meng-Eject Flashdisk Sebelum Dicabut?

Pentingnya Meng-Eject Flashdisk Sebelum Dicabut

1. Bisa Membuat Data Rusak atau Corrupt

Pernah kan meminta data atau film atau software dari laptop teman yang ukurannya bergiga-giga? Namanya flashdisk dengan kecepatan transfer data yang tidak terlalu cepat, maka waktu yang dibutuhkan pun akan sedikit lama. Sama seperti menunggu jawaban dari kamu, yang bisa dilakukan hanya bersabar. 

Begitu flashdisk masuk ke laptop atau komputer, maka kita tidak tahu apakah ada ampas-ampas pada flashdisk kita yang sedang berjalan di laptop atau komputer. Misalnya sudah mengetik dan menyimpan di flashdisk, nah kita tidak tahu apakah masih ada ampas dari proses penyimpanan tadi yang masih dijalankan. Kalau langsung dicabut, otomatis ampas tadi akan langsung terputus tanpa ada pengamanan, sehingga membuat data tadi bisa terjadi kerusakan atau corrupt.

2. Bisa Merusak Komponen Flashdisk

Ini sering saya alami, karena memang flashdisk saya selalu berpindah-pindah tangan. Ingin mengumpulkan skripsi eh ternyata flashdisk tidak terbaca, atau sebagainya. Kan aku cebel, mz. Analoginya saat kamu sedang sayang-sayangnya ke orang, terus tiba-tiba dia minta putus, sakit hati kan? Sama seperti flashdisk, saat dia sedang bekerja dan langsung dicabut tanpa di-eject, bisa rusak komponennya.

Demikian pentingnya meng-eject flashdisk sebelum dicabut. Memang sepele, flashdisk rusak bisa langsung beli, tetapi untuk yang lainnya seperti hardisk eksternal yang kapasitasnnya bertera-tera dan terdapat data penting, mau ganti langsung?

No comments:

Post a Comment