22 August 2015

Tips Memilih Laptop untuk Anak Sekolah

DIRGAENGGAR.COM - Memilih laptop untuk anak sekolah bisa repot bisa tidak. Kebutuhan akan laptop pada masa sekolah saat ini bukanlah menjadi hal yang besar bagi kita semua. Untuk ukuran anak yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), sudah mulai menggunakan laptop sebagai media bantu pembelajaran baik di sekolah maupun di rumah. Terkadang seorang guru mewajibkan semua tugas-tugas sekolah dikerjakan dengan diketikan lalu dicetak sehingga membuat orang tua menjadi berpikir untuk membelikan sebuah laptop dalam melancarkan pengerjaan tugas anaknya.

Memiliki anak yang berkemampuan dalam mengenal dan mengetahui spesifikasi laptop yang agak mendalam dari anak seusianya, tentu akan menjadi bahan pertimbangan sendiri sebagai orang tua. Orang tua hanya meminta laptop yang murah dan bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolah, namun sang anak memilih laptop dengan spesifikasi agak tinggi dengan pertimbangan bisa sekalian untuk bermain. Tips memilih laptop untuk anak sekolah bisa saya jabarkan sebagai berikut :

Tips Memilih Laptop untuk Anak Sekolah

Tips Memilih Laptop untuk Anak Sekolah


Pastikan Dana

Pastikan dulu dana yang tersedia. Untuk harga laptop yang biasa sekitar 3-4 juta. Sudah bisa untuk bermain game juga.

Kenali Kebutuhan

Apakah akan digunakan sang anak saja atau bisa digunakan untuk seluruh orang rumah.  Apakah akan dibuat untuk 1-2 tahun ke depan, atau agak lama.

Tanya RAM

Tanya ke yang jual soal RAM yang terpasang pada laptop. Minimal 2 GB agar pekerjaan menyelesaikan tugas sekolah tidak terganggu karena lag. Bermain game dan sekedar berselancar di dunia internet juga bisa dilakukan.
Kenapa yang ditanya hanya RAM?
RAM itu kerjanya mengatur seberapa lancar program itu berjalan. Kalau lag, berarti RAM nya kecil. Gampangnya, biar tidak gampang lag atau lemot. Kalau lemot atau ingin menambah RAM, silahkan membaca artikel saya Cara Mengganti dan Menambah RAM.

Pilih Merk

Nah, setelah kebutuhan sudah dipastikan, pilih merk yang memiliki purna jual yang bagus kalau ingin menggunakannya hanya 1-2 tahun ke depan, dan pilih merk yang memiliki  layanan pelanggan yang bagus kalau ingin menggunakannya agak lama. Saran saya kalau yang 1-2 tahun ke depan pilih Acer atau Toshiba. Kalau layanan pelanggan yang bagus pilih Asus dan Lenovo.

Tips memilih laptop untuk anak sekolah sebenarnya tidak susah, hanya memang dipusingkan dengan banyak tipe, merk, dan spesifikasi laptop yang memang banyak sekali. Yang penting pastikan dana dan kenali kebutuhan terlebih dahulu.

No comments:

Post a Comment