19 August 2015

Pengertian VGA beserta Fungsinya pada Komputer

DIRGAENGGAR.COM - Pengertian VGA beserta fungsinya pada komputer akan coba saya jelaskan pada artikel berikut. VGA atau Video Graphics Accelerator adalah alat untuk mengolah data berbentuk grafis yang akan ditampilkan. Gampangnya, kalau sedang bermain game, maka hasil yang ditampilkan akan sesuai dengan VGA yang dimiliki. VGA memiliki fungsi mendetailkan bentuk tampilan pada suatu data grafis, seperti tampilan game. 

VGA memiliki GPU atau Graphics Processing Unit, yang menurut Wikipedia, berfungsi sebagai alat untuk mempercepat manipulasi dan mengubah memori yang sedemikian rupa dimana nantinya akan memberikan dalam mempercepat pembangunan gambar dalam frame buffer yang dimaksudkan untuk output untuk tampilan.

Jadi, fungsi VGA Card biasanya akan terlihat pada saat bermain game dimana tampilan yang muncul menjadi lebih bagus. Tentu disesuaikan dengan VGA dan kapasitas memori yang dimiliki.
Pengertian VGA beserta Fungsinya pada Komputer

Jenis-jenis VGA pada komputer ada banyak, contohnya :


  • VGA card ISA, yang masih bersistemkan I/O 8-bit atau 16-bit.
  • VGA card EISA, yang bersistemkan I/O 32-bit.
  • VGA card PCI, yang bersistemkan I/O 32-bit ataupun 64-bit.
  • VGA card AGP, yang bersistemkan I/O 128-bit dan 256-bit.
  • VGA card PCI Express (PCIe), dimana menggunakan berangkaian seri dan sistem I/O-nya mencapai hingga 32 GByte/s.


Bentuk VGA, beserta Kelemahan dan Kelebihan

  • VGA On-Board, adalah VGA yang menjadi satu paket dengan mainboard atau motherboard. Kelebihannya, bakal ada jarang masalah bila nanti dipasang pada komputer, dan cocok untuk yang memiliki dana terbatas. Kekurangannya, akan memakan sebagian memori RAM komputer yang nantinya akan memperlambat kinerja komputer.
  • VGA Add-On, adalah VGA yang ditambahkan sendiri dan tidak menjadi satu dengan mainboard atau motherboard. Kelebihannya, dapat melakukan aktifitas lebih berat dan lebih maksimal. Efek yang ditimbulkan membuat tampilan dan performa komputer menjadi lebih terasa dan lebih ringan. Kekurangannya, dana yang dikeluarkan lebih besar karena memang tidak satu paket dengan mainboard atau motherboard, dan akan membutuhkan tenaga listrik yang lebih besar dari biasanya, karena bila power supply yang ada kurang memadai, maka kinerja komputer akan tidak normal.
Demikian artikel pengertian VGA beserta fungsinya pada komputer. Semoga bermanfaat, dan maaf bila terjadi kesalahan.

No comments:

Post a Comment