18 August 2015

Kupinang Kau dengan Kerokan

DIRGAENGGAR.COM - Kerokan adalah cara tradisional dalam menyembuhkan penyakit dengan cara menggosok badan dengan benda logam secara beraturan hingga membuat punggung menjadi berwarna merah. Menurut Wikipedia dikatakan kalau kerokan adalah sebuah terapi pengobatan alternatif untuk gejala masuk angin dengan metode menggaruk sambil menekan bagian permukaan kulit menggunakan minyak dan benda tumpul seperti uang logam sebagai alat pengerok, yang selanjutnya menyebabkan guratan merah atau lecet pada kulit.

Penyakit masuk angin dan tidak enak badan adalah penyakit-penyakit yang dapat dengan mudah disembuhkan hanya dengan kerokan. Ditambah dengan minum sirup jahe hangat, tentunya akan lebih membantu. Kerokan sendiri tidak hanya dilakukan di Indonesia, melainkan juga banyak dilakukan di negara seperti Vietnam, China, dan Kamboja.

Manfaat kerokan menurut Guru Besar dari Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Prof Didik Gunawan Tamtomo, mengatakan kalau kerokan dapat meningkatkan endorfin dalam tubuh, dan melebarkan pembuluh darah, dimana dengan hal ini terjadi maka aliran darah yang beredar dalam tubuh menjadi lancar.
kerokan juga ada bahayanya
Via addgue
Entah memang betul atau tidak, tapi kenyataannya sehabis kerokan, tubuh akan menjadi lebih segar kembali. Tidak banyak orang yang bisa dengan baik melakukan kerokan yang efektif dan efisien. Hanya sekedar menggosok-gosok punggung hingga panas. Tetapi, ada teknik yang mesti diketahui,

Gosok punggung mulai dari bawah, terus langsung ke atas pada 1 sisi punggung terlebih dahulu. Setelah itu, turun ke bawah lagi. Begitu pula sebaliknya hingga pola merah pada punggung menyerupai badan ikan. Lalu, gosok bagian samping kiri dan kanan, dan kalau sudah selesai, gosok bagian tengah. Gosok hingga memerah.

Tapi ingat, jangan berlebihan. Sesekali untuk dicoba boleh. Sesuai takaran. Semua ada akibatnya.

Setelah dikerokin lama oleh orang tua, saya sendiri sudah bisa kerokin orang lain, biasanya kerokin ibu sama adik. Untuk calon istri saya nanti, jangan khawatir kalau menderita masuk angin atau tidak enak badan, saya siap sedia untuk menyebuhkanmu, sayang. Dan, tidak semua orang biasa melakukan kerokan, jadi suatu saat nanti, kupinang kau dengan kerokan

2 comments:

  1. Haha, judulnya benar-benar mengundang untuk baca.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha terima kasih sudah baca mbak wiwin :D

      Delete