2 August 2015

Relaksasi yang Bisa Dilakukan Ketika Lelah Bekerja

DIRGAENGGAR.COM - Semua hal ada batasnya, begitu juga tubuh sendiri. Bekerja dan beraktifitas seharian dapat menguras semua tenaga, belum lagi bagi para pekerja lapangan. Hingga senja, terkadang masih saja ada yang bekerja. Ketika malam hari, dimana adalah waktu yang digunakan untuk berkumpul dengan keluarga bisa terlewati dengan istirahat hingga pagi menjelang. Relaksasi setelah bekerja atau beraktifita seharian harus dicoba untuk mengatur waktu dan mengatur kondisi tubuh kita.
rileks itu perlu

Terlebih untuk pekerja yang bekerja di ibukota, dimana aktifitas harus sudah dilakukan dari fajar menyingsing, hingga bulan datang. Lelah bekerja ditambah dengan keramaian jalanan, sangat-sangat membuat tubuh terkuras hingga bunyi "titong titong" layaknya ultraman. Sampai di rumah, akan langsung tidur, dan melewatkan waktu dimana bisa bercanda, bertukar ilmu dengan keluarga. Sedikit relaksasi mungkin akan membantu, seperti :

1. Mandi Air Hangat

mandi air hangat

Mandi air hangat dinilai ampuh untuk menghilangkan capek dan penat seharian. Persiapkan bak mandi yang cukup untuk buat berendam atau sekedar mengguyur badan yang telah capek dan lelah. Tenangkan pikiran dan perlahan guyur air hangat dari ujung rambut. Bawa bau wewangian seperti kapur barus, parfum tetangga, atau kaos kaki bapak kos. Bercanda.

2. Mendengarkan Musik

musik instrumen membuat rileks

Udara senja yang menerpa dinding-dinding tebal di samping tubuh ini, mencoba menusuk ke dalam pikiran dan wajah. Hilir mudik oksigen di luar bisa membuat wajah menjadi capek. Nyalakan radio di dalam mobil atau gadget, dan dengarkan musik yang disukai, lalu bernyanyilah bila perlu. Bila di rumah, nyalakan musik instrumental, perlahan tutup mata, dan resapi aliran musik instrumen dipadu dengan tenangnya suasana pikiran.

3. Membaca

baca cerita lucu

Sedikit bacaan di waktu menjelang tidur dengan bacaan-bacan ringan seperti majalah, dipercaya akan meningkatkan gairah ketika bangun pagi. Terlebih dengan bacaan yang lucu, tentu akan membuat kita sedikit untuk tertawa yang akan menghapus segala kerumitan dunia sementara untuk menambahnya lagi di esok hari.

4. Selalu Ingat Senyuman Orang Rumah

luangkan waktu untuk melihat senyum meraka

Anak, orang tua, mertua, saudara, keponakan yang ada dalam satu rumah akan selalu menyambut kedatangan sang pencari nafkah. Seberapun capeknya, sekuat apapun lelahnya, dan serumit apapun penatnya, luangkan sedikti waktu untuk sekedar makan bersama, bertukar cerita, dan bercanda. Senyum dari orang tersayang adalah kekuatan dan alat rileks yang paling murah. Kalau memang harus bekerja malam dan pagi buta harus bekerja, maka bisa dengan membuat video-video lucu secara singkat dan kirimkan ke orang-orang tersayang, dan minta mereka untuk membuat video-video lucu juga guna menghibur ketika di tengah-tengah kerja.

Terus semangat dalam menjalani hidup dan bekerja. Jangan lupa dengan senyum. Karena senyuman adalah obat dari segala hal penyakit di dunia ini.

No comments:

Post a Comment