5 August 2015

Cara Menyembuhkan Sakit Hati

DIRGAENGGAR.COM - Sebuah awal akan secara tidak langsung mengundang akhir. Begitu juga dalam konteks hubungan. Ada pertemuan, adapula perpisahan. Dalam perpisahan, sebagi manusia biasa akan mengalami suasana hati yang mengganjal. Antara sakit hati dan bahagia. Tetapi, sebuah hubungan yang dijalin dalam waktu yang lama tentu saja akan menimbulkan sakit hati yang membekas. Hubungan tumbang di tengah jalan atau cinta bertepuk sebelah tangan? Kejadian yang wajar untuk terjadi pada hubungan kasih saying dan percintaan. Khusus wanita, mungkin akan mengalami suatu posisi yang benar-benar di bawah atau down ketika harus mengakhiri suatu hubungan, karena memang wanita lebih menggunakan perasaan daripada logika.
sakit hati menyebabkan depresi
Sakit hati tersebut tentu akan membuat segala aktifitas yang dilakukan menjadi hambar dan tidak ada gairah. Sangat mengganggu dan bisa membahayakan diri sendiri. Oleh karena itu, coba tengok cara menyembuhkan sakit hati yang terlanjur terjadi :

1. Hilang Kontak Sementara

Untuk beberapa hari setelah putus hubungan dan sakit hati, menghilanglah sementara waktu agar kontak yang biasa terjadi bisa perlahan pudar. Tentu akan menjadi hal yang berat, tetapi bila memang kontak dengan dirinya masih terjadi, ditakutkan akan menambah berat untuk segera menyembuhkan sakit hati. Iya kalau kontak dengan dirinya bisa membuat baik hubungan atau balikan, kalau menjadi lebih buruk? Bisa menjadi depresi berat. Untuk itu, sementara menghilang dari dirinya untuk sementara waktu hingga siap bangkit dari sakit hati.

2. Ungkapkan dengan Tangisan

Dengan menangis, segala kelah kesuh di dalam hati bisa terungkapkan. Suasana hati akan menjadi lebih lega. Menangis keras tentu salah satunya. Bila sudah merasa lega dan rileks, pikiran akan lebih jernih dalam berpikir jernih dan akan berusaha untuk memperbaiki segalanya agar siap menyongsong masa depan atau menjalin hubungan selanjutnya. Ungkapkan dengan tangisan, khususnya wanita.

3. Menyibukkan Diri

Apalah arti memikirkan dirinya terus-menerus yang tentunya akan membuat lebih sakit hati. Buka mata untuk melakukan segala aktifitas yang ada. Bisa menonton film dengan bebas, jalan-jalan tanpa ada yang mengawasi, dan lain-lain. Lakukan segala aktifitas yang disuka, sibukkan diri sebagai proses untuk melupakan segala kenangan pahit yang ada. Menyanyi dan menulis, khususnya menulis blog tentu menjadi peringkat teratas untuk dilakukan. Hati lega, mendapat uang pula.

4. Curhat dengan Sahabat

Tentu tidak akan berlaku kalau yang membuat sakit hati adalah mantan pacar yang berpacaran dengan sahabat sendiri. Mengeluarkan sesuatu yang mengganjal di hati kepada teman atau sahabat akan menjadikan mereka mengerti perasaanmu sebenarnya, sehingga ganjalan hati tersebut perlahan berkurang karena dibagi dengan teman atau sahabat. Teman atau sahabat pun akan menghibur kamu agar cepat untuk melupakan segala hal yang menyakitimu untuk membuatmu nyaman dan lega.

5. Liburan

Aktifitas yang disukai semua orang. Berlibur dengan teman atau keluarga menjadi hal yang ampuh untuk menyembuhkan sakit hati. Namun, perlu diingat untuk memilih tempat liburan. Karena kalau memilih tempat liburan yang sudah pernah didatangi dengan mantan pacar, maka sia-sialah liburan untuk menyembuhkan sakit hati ini. Pilih tempat liburan yang belum dikunjungi bareng mantan pacar. Sakit hati hilang, pengalaman baru pun datang.

Sedikit cara untuk menyembuhkan sakit hati setelah putus cinta. Terkadang segala sakit hati yang terjadi akan menjadi cerita lucu untuk dibicarakan ketika kelak nanti.



“Every new beginning comes from some other beginning's end.” - Seneca

2 comments: