4 August 2015

Mengontrol Emosi dengan Air Putih

kontrol emosimu

DIRGAENGGAR.COM - Tidak jarang, kita sebagai manusia biasa kehilangan kontrol emosi yang disebabkan oleh alas an yang tidak jelas secara tiba-tiba. Suasana hati yang belum terkontrol akan tiba-tiba menjadi buruk yang membuat segala aktifitas yang dilakukan menjadi terganggu. Aktifitas pekerjaan bisa menjadi kacau, konsentrasi menjadi berkurang, dan situasi menjadi tidak enak. Bila hal tersebut, terjadi maka bisa mengontrol emosi dengan minum segelas air putih.

Dehidrasi ringan bisa terjadi kepada siapa saja dan kapan saja, termasuk Anda. Terdapat hubungan antara perubahan pada suasana hati dengan dehidrasi ringan. Hubungan seperti aku dan kamu. Dehidrasi ringan dapat menyebabkan emosi diri tiba-tiba menjadi meluap-luap dan tidak terkontrol. Menurut penelitian di University of Connecticut menyebutkan, dehidrasi ringan dapat mengakibatkan perubahan suasana hati seseorang, tingkat energi dan kemampuan otak seseorang agar dapat berpikir jernih.

Penelitian lain, seperti yang dikemukakan oleh Harris Lieberman yang dikutip di Daily Mail menyebutkan, dehidrasi ringan adalah suatu kondisi dimana tubuh mengalami kehilangan sebesar 1,5% dari volume air normal yang disebabkan segala aktifitas kita sehari dan dapat mempengaruhi suasana hati, terutama bagi kaum wanita.

Efek yang diakibatkan oleh dehidrasi ringan ini pengaruhnya akan lebih besar terhadap kaum wanita karena wanita memiliki susunan dan komposisi lemak yang katanya lebih banyak dari pria. Kaum pria memiliki komposisi saraf yang lebih banyak. Dalam tubuh kaum wanita memiliki volume air yang lebih rendah daripada kaum pria, hal ini juga didukung dengan adanya faktor hormonal yang membuat wanita lebih sensitfi daripada pria. Perubahan suasana hati sebenarnya secara substansial terjadi disaat istirahat atau olahraga. Apalagi ketika PMS, wanita akan berada pada puncak kesensitifannya. Hancur dunia. Gejala dehidrasi ringan ini juga biasa terjadi pada orang-orang yang sering berada di depan komputer selama berjam-jam.

Biasanya untuk wanita muda, dehidrasi ringan ini dapat mengakibatkan sakit kepala, tubuh menjadi lelah, dan tingkat konsentrasi akan berkurang. Hal ini akan berdampak pada pekerjaan dan aktifitas yang sedang dilakukan. Begitu juga dengan kaum pria. dehidrasi ringan bisa mengakibatkan kesulitan untuk menyelesaikan tugas mental. Dikarenakan kelelahan, ketegangan, dan kecemasan, maka aktifitas dan pekerjaan yang menyangkut kewaspadaan dan kerja memory menjadi terganggu.

Dengan begitu, manfaat air putih itu menyehatkan menjadi lebih kuat. Mengontrol emosi yang tiba-tiba muncul dan meluap-luap, maka air putih akan menjadi obatnya. 2 liter gelas air putih per hari adalah anjuran.

No comments:

Post a Comment