10 August 2015

Cara Menghemat Uang Belanja Agar Lebih Barokah

manajemen uang belanja
DIRGAENGGAR.COM - Berbicara soal uang, tidak akan lepas dari manajemen pengeluaran yang baik. Berbagai cara menghemat uang pun sudah dilakukan. Apalagi bila sedang merantau jauh dari rumah, cara menghemat uang belanja akan terus digali dan dimodifikasi. Memang, menghemat uang belanja sehari-hari demi kelangsungan hidup yang lebih baik harus terus diperbaiki dan disesuaikan dengan situasi yang ada. Ada diantaranya :

1. Masak Sendiri 
Harus dibiasakan untuk masak sendiri, agar tercipta hubungan yang romantis ketika membina rumah tangga untuk yang masih remaja. Masak sendiri dihitung akan lebih murah daripada harus beli untuk sekali makan.

2. Selalu Periksa Kulkas
Biasanya terdapat "harta karun" tersembunyi dan masih segar yang kadang kita lupakan. Sayuran ataupun daging-daging segar yang telah membeku, seperti halnya cintamu kepadaku setelah kau kenal dirinya.

3. Berburu Produk Promosi
Selalu survei lokasi-lokasi yang menyediakan produk promosi, beli 1 dapat 2, aku cinta kamu tapi kamu cinta dia.

4. Simpan Struk Belanja
Kalau belanja di supermarket, simpan bukti pembelian agar bisa dibandingkan, belanja hari ini apakah lebih banyak habisnya dari belanja minggu lalu.

5. Perbanyak Makan Protein
Tempe, tahu, dan telur tentu akan lebih bermanfaat dari daging. Selain harga murah, hidup sederhana juga perlu dilakukan.
mengatur uang belanja
6. Beli Barang Produksi Sendiri
Seperti tisu, gula, atau pembersih lantai biasanya supermarket ada yang produksi sendiri, harganya lebih murah tapi kualitas tidak murahan.

7. Bandingkan dengan Barang Online
Untuk membeli barang kebutuhan, coba bandingkan terlebih dahulu bila harus membeli dengan sistem online sebagai patokan. Jangan lupa total harga yang harus dibayar sertakan dengan ongkos kirim.

8. Pastikan Belanja Banyak di Satu Supermarket
Bila ke supermarket, usahakan untuk membeli banyak barang yang dibutuhkan agar bisa menghemat bensin, kan rugi kalau hanya membeli satu barang saja.

9. Buat Daftar Pengeluaran yang Paten
Misalnya harus membayar listrik, air, dan bila ada bayar perpanjangan STNK. Pastikan segala pembayaran yang menggunakan sistem bulanan.

10. Belanja di Pasar Tradisional
Harga murah, dapat ditawar, dan segar. Bila sudah kenal pasti dikasih lebih.

Semoga cara menghemat uang belanja agar lebih barokah dapat membuat segalanya mudah diatur. Terutama untuk keluarga kecil, dan baru membina biduk rumah tangga.

No comments:

Post a Comment