1 July 2015

Tips Membeli Laptop yang Baik dan Benar

Sumber
Mungkin sudah banyak artikel yang seperti ini ya?

Hahahahahahahahaha. . . . . .

Menurut sabda seseorang, konsisten itu sulit, namun itu harus. Konsisten bisa mudah untuk dilakukan bilamana seseorang sudah mendapatkan tujuan yang diinginkan, dan kemauan yang keras. Oke bahas laptop saja.

Jadi, di jaman  yang maju ini, kebutuhan akan teknologi sudah sangat besar. Bahkan, untuk memasak pun dibutuhkan teknologi. Teknologi untuk membuat panci, wajan, dan sebagainya. Apalagi tuntutan yang semakin bertambah membuat efektifitas dan efisiensi menjadi hal yang utama dalam sebuah pekerjaan. Pesatnya teknologi sekarang juga sangatlah cepat, dan hampir semua pekerjaan membutuhkan sebuah perangkat guna mendukung efisiensi dan efektifitas kerja.

Laptop.

Lalu, bagaimana memilih sebuah laptop yang pas dan tidak menguruas dompet dikarenakan banyaknya merek laptop yang beredar sekarang? 

1. Pastikan Budget

"Merek A harganya berapa?"
"Merek B harganya tidak bisa turun lagi?"

Yup, harga dan budget. Pastikan Anda memiliki budget yang diinginkan. Biasanya budget akan berbanding lurus dengan kebutuhan yang diminta. Budget Anda besar maka kebutuhan Anda berarti banyak, begitu sebaliknya.

2. Cari Tahu Kebutuhan

Setelah budget sudah ada, cari tahu kebutuhan Anda sebenarnya. Anda suka bermain game? Anda suka desain? Anda hanya pekerja kantoran yang bisa mengetik saja?

Nah, segera cari tahu kebutuhan Anda sebenarnya. Karena jangan buang-buang sesuatu yang berharga. Anda pekerja kantoran biasa kok membeli laptop dengan kelas berat. Untuk investasi? Menurut saya, Anda salah. Teknologi bukanlah investasi, melainkan aliran. Teknologi akan terus berkembang, mungkin untuk 1-4 tahun ke depan bisa digunakan, 4 tahun ke depan? Saya tidak bisa jamin.

3. Service Center

Belilah laptop dengan service center yang dekat dengan daerah Anda dan terjamin. Kenapa? Lagi-lagi karena ini teknologi. Bila memang Anda pintar menjaga dan merawatnya, tentu tidak masalah. Bila tidak, maka keberadaan service center akan lebih berguna daripada keberadaan jodoh yang ada di beberapa kursi yang Anda duduki.

4. Suku Cadang Mumpuni

Satu garis dengan service center, akan tetapi di sini lebih ditekankan ketersediaan suku cadang yang ada di pasaran. Meskipun tidak orisinal itu akan sedikit membantu Anda bila memang tidak ada kekuatan finansial yang mumpuni atau sedang dalam keadaan gawat. Tapi ingat, suku cadang tidak orisinal kurang saya rekomendasikan karena nanti bila dijual kembali harganya akan turun dengan sangat drastis, gampangannya begitu. Jadi, untuk pengganjal sementara masih bisa, tapi usahakan selalu menggunakan suku cadang yang orisinal.

Kesimpulan :

1. Untuk yang pekerja kantoran biasa (sekitar Office) : coba cari saja yang menggunakan RAM 2GB
2. Untuk yang mahasiswa : cari yang memiliki RAM 4GB
3. Untuk pekerja desain dan gamer : cari yang RAM 4GB atau mungkin 8GB.

Kenapa hanya RAM? Biar tidak lemot. Itu gampangannya.

Untuk merek?
Cari yang sesuai budget dan kebutuhan, dan rekomendasi saya jatuh ke Lenovo dan Asus. Karena laptop saya banyak yang merek tersebut dan tidak pernah kecewa akan purna jual dan kualitas barangnya.

Terima kasih.

No comments:

Post a Comment