Perkembangan jaman yang
semakin menuntut kita untuk selalu berupaya dalam menyelesaikan sebuah
permasalahan di sekitar kita, membuat berbagai macam terobosan muncul dengan
perlahan. Salah satu terobosan yang muncul adalah berasal dari perusahaan
kendaraan bermotor terkenal, Honda. Honda baru
saja meluncurkan terobosan teknologi
pintar untuk kendaraan motor yang memang dikenal belum ada di
kendaraan motor lainnya yang diberi nama Honda
Smart Technology, di antaranya :
1. eSP (Enhanced
Smart Power)
eSP adalah singkatan dari Enhanced
Smart Power yaitu peningkatan daya tahan, halus serta lebih bertenaga.
Konsep ini diusung Honda untuk skubek globalnya, melalui
aplikasi teknologi mutakhir dan ACG starter, dirancang sempurna untuk
menghasilkan performa tinggi dengan efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan
ramah lingkungan. eSP sendiri memiliki 6 komponen di antaranya
:
- ACG Starter
- Offset Cylinder
- Roller-Type Rocker Arm
- Spinny Sleeve
- Squish
- Tumble
Dengan 6 komponen utama
dalam eSP, kita bisa mendapatkan 10 keuntungan antara
lain :
- ACG starter
dan ISS, starter di buat menyatu dengan alternator. Karena tidak ada motor
starter dan susunan gigi starter maka suara saat menyalakan motor jadi
sangat sunyi. Komponen ini klop disandingkan dengan idling stop system
(ISS). ISS adalah teknologi yang memungkinkan mesin mati pada kondisi
langsam lebih dari 3 detik. Sangat berguna menghemat bahan bakar ketika
berhenti di lampu merah.
- Fuel Injector,
pada skutik Honda memiliki semprotan bahan
bakarnya paling halus diantara kompetitornya.
- Roller Rocker Arm, sudah tidak asing lagi namun pada matic Honda disempurnakan dengan laher bambu
pada as rocker arm dan memiliki ukuran roller yang lebih kecil. Jadi lebih
ringan dan gesekannya berkurang.
- Compact Combustion Chamber pada ruang bakar disempurnakan dengan
menghilangkan hambatan pada saluran masuk bahan bakar. Kalau umumnya
terdapat sudut yang bisa menghambat aliran kabut bahan bakar, kini dibuat
lebih lancar.
- Offset Cyclinder & Spiny
Sleeves, Ini adalah dua hal yang berbeda. Offset cylinder adalah posisi
piston dan setang piston saat TMA (titik mati atas) yang tidak sejajar
dengan posisi sumbu kruk as. Manfaatnya, ketika langkah usaha atau
kompresi, gesekan antara piston dan dinding silinder semakin kecil. Piston
dan setang piston akan bergerak tegak lurus tanpa menekan dinding silinder
secara berlebih. Sedang spiny sleeve
adalah lapisan yang menyerupai kulit jeruk di balik dinding silinder.
Fungsinya untuk melepas panas lebih cepat. Teknologi ini juga dipakai pada
blok silinder Honda CBR 250R.
- Light Weight Piston &
Crankshaft, sesuai namanya piston yang
dipakai lebih ringan bila dibandingkan dengan komponen terdahulu. Pin dan
rumah pin piston dibuat lebih kecil, selain ringan juga mengurangi bidang
gesek antara piston dan dinding silinder. Sedang kruk as dibuat lebih kuat
dan mengurangi getaran, caranya dengan menggunakan bearing kruk as yang
lebih besar.
- Breather Passage. Di balik blok silinder, selain ada jalur air
radiator juga terdapat lubang pendinginan. Lubang ini mengalirkan uap
panas di dalam mesin ke luar. Pada model sebelumnya panas hanya dibuang
lewat jalur rantai keteng. Kalau sekarang ada dua jadi lebih dingin dan
mesin lebih ringan bekerja.
- Built in Liquid Cooling System adalah sistem pendinginan air pada eSP engine yang diklaim lebih baik.
Kini jalur airnya tidak hanya terdapat pada kepala silinder tapi juga ada
di balik dinding silinder. Selain itu radiatornya memiliki core atau sekat
lebih banyak. V-Matic, transmisi otomatis pada eSP engine memiliki rasionya lebih
lebar dan dirancang dengan belt baru dengan elastisitas karet yang tinggi.
Efeknya lebih awet dan mengurangi gejala selip.
- Transmission
memiliki penyempurnaan pada gigi transmisi di belakang CVT juga banyak
mengalami perubahan. Utamanya dengan konstruksi rib atau tulangan baru,
Honda pun bisa mengurangi jumlah olinya agar lebih ringan bekerja.
Beberapa bearing juga ditambahkan agar gigi transmisi lebih halus dan
bebas getaran.
2. PGM-FI
Siapa sih yang tidak
kenal dengan teknologi Honda yang
satu ini? Teknologi PGM-FI dikendalikan secara elektronik untuk memasok bahan
bakar dan oksigen secara tepat sesuai kebutuhan mesin di setiap keadaan. System
injeksi ini mengandalkan peran berbagai komponen sensor yang mengirimkan sinyal
informasi ke pusat control mesin ECM (Engine Control Module), yang kemudian
memberikan sinyal perintah ke komponen keluaran di dalam mesin untuk
menghasilkan tenaga optimal secara efisien dengan emisi yang ramah lingkungan.
3. CBS
Teknologi canggih yang
membantu menyeimbangkan pengereman roda belakang dan depan secara optimal,
memungkinkan kemudahan pengoperasian rem dengan menarik tuas rem kiri, rem
depan, rem belakang dapat berfungsi dengan tepat. Jadi, kita akan lebih aman
untuk melakukan pengereman, dan akan sangat bermanfaat bagi kaum wanita yang
sering menggunakan motor matic.
4. ISS
Fitur Premium kelas
dunia untuk efisiensi bahan bakar dan emisi gas buang yang lebih baik. Setelah
berhenti lebih dari 3 detik, dan mesin otomatis menyala kembali saat tuas gas
diputar. Teknologi ini membantu mencegah bahan bakar terbuang percuma. Lebih
irit dan ramah lingkungan. Performa mesin dan aki tetap optimal. Intinya,
mungkin bila kita berhenti di lampu merah yang lama, maka mesin akan otomatis
berhenti, dan bila sudah hijau, dengan menarik tuas gas maka mesin langsung
akan menyala dan jalan.
5. Answer back System
Teknologi yang sangat
berguna bagi kita yang sering lupa dimana kita meletakkan sepeda motor saat
parkir misalnya parkir di mall. Answer Back System adalah sistem yang bekerja
dengan menggunakan sinyal radio melalui remote. Saat remote ditekan yang sudah
terintegrasi dengan kunci, motor akan memberi tanda berupa suara yg dihasilkan
buzzer dan kedipan dari lampu sein depan - belakang sehingga pengendara dapat
segera mengetahui dimana posisi motornya disimpan. Dengan fitur ini maka
pengguna akan terbantu dalam mendeteksi keberadaan motor secara otomatis.
6. LED Highlight
Teknologi lampu LED
Sangat hemat daya namun menghasilkan sorot lampu lebih terang. Umur pakai jauh
lebih lama, Tingkat panas yang dihasilkan lebih rendah, Serta tingkat pencahayaannya
yang baik sehingga memiliki tingkat efisiensi yang sangat tinggi. Dengan adanya
teknologi ini, maka suasana malam pun, berkendara dengan Honda akan
tetap aman dan suasana di depan motor akan terlihat lebih jelas.
Nah, dengan teknologi
yang dibangun oleh Honda, diharapakan berkendara semakin aman dan
nyaman. Dan, diharapkan juga tetap mengamankan lingkungan di sekitar kita karena
sudah kita ketahui bahwa polusi dari asap kendaraan bermotor menjadi musuh
nomor 1 dalam hal penurunan kualitas udara di dunia.
Sumber :
- Disini
- Disini
- Disini
Ulasan keren Mas Dirga. Salam kenal dan follow balik ya :)
ReplyDeletewww.bairuindra.com
terima kasih mas ruindra :D sudah saya follow balik
Delete