31 March 2015

Teknologi Motor? Honda Selalu di Depan

Perkembangan jaman yang semakin menuntut kita untuk selalu berupaya dalam menyelesaikan sebuah permasalahan di sekitar kita, membuat berbagai macam terobosan muncul dengan perlahan. Salah satu terobosan yang muncul adalah berasal dari perusahaan kendaraan bermotor terkenal, HondaHonda baru saja meluncurkan terobosan teknologi pintar untuk kendaraan motor yang memang dikenal belum ada di kendaraan motor lainnya yang diberi nama Honda Smart Technology, di antaranya :




1. eSP (Enhanced Smart Power)

eSP adalah singkatan dari Enhanced Smart Power yaitu peningkatan daya tahan, halus serta lebih bertenaga. Konsep ini diusung Honda untuk skubek globalnya, melalui aplikasi teknologi mutakhir dan ACG starter, dirancang sempurna untuk menghasilkan performa tinggi dengan efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan ramah lingkungan. eSP sendiri memiliki 6 komponen di antaranya :
- ACG Starter
- Offset Cylinder
- Roller-Type Rocker Arm
- Spinny Sleeve
- Squish 
- Tumble
Dengan 6 komponen utama dalam eSP, kita bisa mendapatkan 10 keuntungan antara lain :
  • ACG starter dan ISS, starter di buat menyatu dengan alternator. Karena tidak ada motor starter dan susunan gigi starter maka suara saat menyalakan motor jadi sangat sunyi. Komponen ini klop disandingkan dengan idling stop system (ISS). ISS adalah teknologi yang memungkinkan mesin mati pada kondisi langsam lebih dari 3 detik. Sangat berguna menghemat bahan bakar ketika berhenti di lampu merah. 
  • Fuel Injector, pada skutik Honda memiliki semprotan bahan bakarnya paling halus diantara kompetitornya. 
  • Roller Rocker Arm, sudah tidak asing lagi namun pada matic Honda disempurnakan dengan laher bambu pada as rocker arm dan memiliki ukuran roller yang lebih kecil. Jadi lebih ringan dan gesekannya berkurang. 
  • Compact Combustion Chamber pada ruang bakar disempurnakan dengan menghilangkan hambatan pada saluran masuk bahan bakar. Kalau umumnya terdapat sudut yang bisa menghambat aliran kabut bahan bakar, kini dibuat lebih lancar. 
  • Offset Cyclinder & Spiny Sleeves, Ini adalah dua hal yang berbeda. Offset cylinder adalah posisi piston dan setang piston saat TMA (titik mati atas) yang tidak sejajar dengan posisi sumbu kruk as. Manfaatnya, ketika langkah usaha atau kompresi, gesekan antara piston dan dinding silinder semakin kecil. Piston dan setang piston akan bergerak tegak lurus tanpa menekan dinding silinder secara berlebih. Sedang spiny sleeve adalah lapisan yang menyerupai kulit jeruk di balik dinding silinder. Fungsinya untuk melepas panas lebih cepat. Teknologi ini juga dipakai pada blok silinder Honda CBR 250R. 
  • Light Weight Piston & Crankshaft, sesuai namanya piston yang dipakai lebih ringan bila dibandingkan dengan komponen terdahulu. Pin dan rumah pin piston dibuat lebih kecil, selain ringan juga mengurangi bidang gesek antara piston dan dinding silinder. Sedang kruk as dibuat lebih kuat dan mengurangi getaran, caranya dengan menggunakan bearing kruk as yang lebih besar. 
  • Breather Passage. Di balik blok silinder, selain ada jalur air radiator juga terdapat lubang pendinginan. Lubang ini mengalirkan uap panas di dalam mesin ke luar. Pada model sebelumnya panas hanya dibuang lewat jalur rantai keteng. Kalau sekarang ada dua jadi lebih dingin dan mesin lebih ringan bekerja. 
  • Built in Liquid Cooling System adalah sistem pendinginan air pada eSP engine yang diklaim lebih baik. Kini jalur airnya tidak hanya terdapat pada kepala silinder tapi juga ada di balik dinding silinder. Selain itu radiatornya memiliki core atau sekat lebih banyak. V-Matic, transmisi otomatis pada eSP engine memiliki rasionya lebih lebar dan dirancang dengan belt baru dengan elastisitas karet yang tinggi. Efeknya lebih awet dan mengurangi gejala selip.
  • Transmission memiliki penyempurnaan pada gigi transmisi di belakang CVT juga banyak mengalami perubahan. Utamanya dengan konstruksi rib atau tulangan baru, Honda pun bisa mengurangi jumlah olinya agar lebih ringan bekerja. Beberapa bearing juga ditambahkan agar gigi transmisi lebih halus dan bebas getaran.

2. PGM-FI

Siapa sih yang tidak kenal dengan teknologi Honda yang satu ini? Teknologi PGM-FI dikendalikan secara elektronik untuk memasok bahan bakar dan oksigen secara tepat sesuai kebutuhan mesin di setiap keadaan. System injeksi ini mengandalkan peran berbagai komponen sensor yang mengirimkan sinyal informasi ke pusat control mesin ECM (Engine Control Module), yang kemudian memberikan sinyal perintah ke komponen keluaran di dalam mesin untuk menghasilkan tenaga optimal secara efisien dengan emisi yang ramah lingkungan.

3. CBS

Teknologi canggih yang membantu menyeimbangkan pengereman roda belakang dan depan secara optimal, memungkinkan kemudahan pengoperasian rem dengan menarik tuas rem kiri, rem depan, rem belakang dapat berfungsi dengan tepat. Jadi, kita akan lebih aman untuk melakukan pengereman, dan akan sangat bermanfaat bagi kaum wanita yang sering menggunakan motor matic.

4. ISS

Fitur Premium kelas dunia untuk efisiensi bahan bakar dan emisi gas buang yang lebih baik. Setelah berhenti lebih dari 3 detik, dan mesin otomatis menyala kembali saat tuas gas diputar. Teknologi ini membantu mencegah bahan bakar terbuang percuma. Lebih irit dan ramah lingkungan. Performa mesin dan aki tetap optimal. Intinya, mungkin bila kita berhenti di lampu merah yang lama, maka mesin akan otomatis berhenti, dan bila sudah hijau, dengan menarik tuas gas maka mesin langsung akan menyala dan jalan.

5. Answer back System

Teknologi yang sangat berguna bagi kita yang sering lupa dimana kita meletakkan sepeda motor saat parkir misalnya parkir di mall. Answer Back System adalah sistem yang bekerja dengan menggunakan sinyal radio melalui remote. Saat remote ditekan yang sudah terintegrasi dengan kunci, motor akan memberi tanda berupa suara yg dihasilkan buzzer dan kedipan dari lampu sein depan - belakang sehingga pengendara dapat segera mengetahui dimana posisi motornya disimpan. Dengan fitur ini maka pengguna akan terbantu dalam mendeteksi keberadaan motor secara otomatis.

6. LED Highlight

Teknologi lampu LED Sangat hemat daya namun menghasilkan sorot lampu lebih terang. Umur pakai jauh lebih lama, Tingkat panas yang dihasilkan lebih rendah, Serta tingkat pencahayaannya yang baik sehingga memiliki tingkat efisiensi yang sangat tinggi. Dengan adanya teknologi ini, maka suasana malam pun, berkendara dengan Honda akan tetap aman dan suasana di depan motor akan terlihat lebih jelas.

Nah, dengan teknologi yang dibangun oleh Honda, diharapakan berkendara semakin aman dan nyaman. Dan, diharapkan juga tetap mengamankan lingkungan di sekitar kita karena sudah kita ketahui bahwa polusi dari asap kendaraan bermotor menjadi musuh nomor 1 dalam hal penurunan kualitas udara di dunia.



Sumber :
Disini
Disini
Disini


2 comments:

  1. Ulasan keren Mas Dirga. Salam kenal dan follow balik ya :)
    www.bairuindra.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mas ruindra :D sudah saya follow balik

      Delete