26 July 2015

Cara Mengganti dan Menambah RAM Laptop atau PC

Cara mengganti dan menambah RAM laptop atau PC sendiri sangat mudah sekali. Tidak perlu memerlukan pengetahuan lebih untuk mengotak-atik tubuh dari laptop atau PC milik sendiri. Hanya memerlukan keberanian dalam membedah isi dari laptop atau PC. Cara mengganti dan menambah RAM laptop atau PC lebih diutamakan untuk mengganti sendiri, karena selain kita bisa lebih mengenal isi dari laptop atau PC kita sendiri, kita juga tidak perlu takut untuk dibohongi oleh penjual RAM. Memang agak ribet, akan tetapi pengalaman adalah pelajaran yang berharga.

Untuk orang awam, yang penting ukuran RAM bertambah tanpa harus mengetahui kecepatan proses kerja RAM itu sendiri. Saat ini, di pasaran sudah banyak tipe-tipe RAM. Kali ini saya akan mencoba sedikit menjelaskan gampangannya untuk mengetahui tipe RAM kita, mencari RAM yang cocok, dan memasangnya.

Tipe RAM kita bisa dilihat dari aplikasi CPU-Z, yang bisa diunduh disini. Dalam aplikasi tersebut nampak tipe RAM yang sedang kita gunakan (untuk laptop menggunakan RAM tipe Sodimm, untuk PC menggunakan Longdimm). Contohnya, PC5600, PC6400, PC8500, PC10700 / PC10600, PC12800, PC15000. Laptop jaman sekarang kebanyakan menggunakan tipe PC10600 dengan DDR3, laptop jaman dulu biasanya menggunakan DDR2 (tinggal cek dengan aplikasi CPU-Z), untuk PC tinggal cek dari aplikasi tersebut, dan sesuaikan dengan motherboard yang digunakan. Adapun cara lain, yaitu dengan membaca buku manual yang disediakan dalam kotak pembelian. Dalam buku manual dijelaskan bahwa laptop kita dapat menampung RAM dengan kecepatan maksimal berapa. Seperti dalam buku manual laptop saya bisa menampung hingga kecepatan 1333MHZ atau PC10600.
buku manual laptop
RAM yang bisa berjalan pada laptop saya
Keterangan :
- 1066 MHZ = PC8500
- 1333 MHZ = PC10600

Cara membeli RAM, pertama cek tipe RAM pada laptop dan PC anda, apakah DDR3 atau DDR2, dan cek maksimal kecepatan yang bisa digunakan apakah PC8500 = 1066 MHZ atau PC10600 = 1333 MHZ. Usahakan mencari dengan merk yang sama bila ingin membeli 2 biji (untuk dual-channel). Bila laptop kita menggunakan dual-channel, usahakan menggunakan RAM dengan kecepatan yang sama, seperti memakai 2 biji RAM dengan PC10600. Kalau yang 1 menggunakan PC8500 dan yang 1 PC10600, maka kecepatan pada PC10600 tidak akan maksimal karena akan mengikuti kecepatan dari PC8500. Atau bila ingin tidak ribet, cari RAM yang langsung menggunakan fitur dual-channel seperti 2x4GB, atau 2x2GB. Karena, pengalaman saya kemarin mengganti dan menambah RAM, saya membeli RAM 2 biji dengan merk yang sama dan tipe yang sama. Akan tetapi, setelah dikirim, RAM tersebut memiliki pin yang berbeda, 8 pin dan 16 pin. Alhasil yang 16 pin tidak bisa berjalan di laptop saya dan mengganti dengan yang 8 pin.
perbedaan dual channel dan single channel
Kalau ingin tahu dual-channel dan single-channel
Kesimpulan cara mengganti dan menambah RAM laptop atau PC :

  • Usahakan membawa laptop atau PC ketika ingin membeli bila membeli di toko.
  • Untuk membeli online, usahakan mencari yang sesuai dengan spesifikasi di buku manual, dan bila menggunakan dual-channel, beli yang langsung memiliki fitur dual-channel, seperti 2x4GB, dsb.
  • Kenapa harus dibawa? Karena toko akan memberikan RAM random yang bisa saja ada yang tidak berjalan pada laptop anda (berdasarkan pengalaman).
  • Cek DDR yang digunakan, DDR2 atau DDR3.
  • Pastikan kecepatan maksimal yang bisa berjalan, PC8500, PC10600 / PC10700, atau PC12800.
  • Belilah dengan merek yang sama untuk meminimalisir terjadi crash.
  • Pantau harga minimal pada 3 toko, baik online maupun offline.
  • Belilah sesuai kebutuhan penggunaan laptop atau PC anda.





Toko online saya rekomendasikan :

2 comments:

  1. ini info menarik
    bagaimana cara memory laptop ditambah
    terima kasih

    ReplyDelete