15 September 2014

Alasan - Alasan Telat Lulus Kuliah


Haloooo. . .
Ketemu lagi sama ane, ya ane, itu yang kalo ditanyain "sudah semester berapa? kapan lulus?" mukanya langsung kayak knalpot motor matic yang baru dipanasi, kretek-kretek gitu. Entah kenapa, di dunia ini ketika bertemu dengan orang, seperti hanya tersisa 2 pertanyaan untuk sekedar basa-basi, kalo nggak "kapan lulus / kerja dimana?", ya "sudah punya pacar / istri belum?", tidak ada pertanyaan gitu, dan mungkin "apa kabar", "sibuk apa" itu sudah hilang seiring negara api dikalahkan negara air. 

Lalu, untuk kita, ane, sebagai mahasiswa, pertanyaan tersebut itu seperti sholat, wajib mugholadoh saat kita bertemu dengan orang lain, atau teman orang tua kita. Ya, kan kita, khususnya ane, telat lulus kuliah ada alasan kuat tersendiri yang mungkin bagi orang lain hanya sekedar alasan belaka, tapi buat ane itu adalah sebuah prinsip yang kuat akibat kemauan untuk lulus tepat waktu yang tertunda, ngerti?

Nih, ane kasih alasan-alasan yang biasa dipakai untuk seorang wisudawan yang belum wisuda. Cekidot :

1. Disambi Kerja



Ini alasan yang paling sering dipakai mengapa mahasiswa telat lulus kuliah. Mereka menyambinya dengan bekerja, untuk mendapatkan uang yang digunakan untuk bayar SPP, untuk jajan, untuk meringankan orang tua dalam membayar kos, dll. Bekerja disini bermacam-macam bentuknya. Ada yang nyambi jadi pelayan kafe, jadi penjaga warnet atau rental PS, kerja di travel, jagain tower, iya tower, tower di dota 2, dan lain-lain. Biasanya ini dilakukan oleh mahasiswa perantauan dari kota lain.


Ada yang nyambi kerja jadi mahasiswa panggilan juga lho. Hahahahahahahahahaha. . . . . ini serius ada, dan banyak.

2. Sibuk Organisasi


Alasan terkuat kedua saat ditanya kapan lulus. Sibuk berorganisasi, baik di area kampus maupun luar kampus. Kuliah pagi, berorganisasi malam, malam sampai pagi, sehingga tidak kuliah pagi, begitu seterusnya. Kebanyakan ikut organisasi BEM universitas maupun fakultas, dengan seabrek tugas-tugas yang pentingnya melebihi tugas kuliah. Ada juga ikut organisasi di luar area kampus seperti ikut komunitas yang kerjaannya ke luar kota terus, ke luar negeri bahkan, ada yang juga mungkin ikut anggota teroris, atau ISIS yang sedang mengalami trend yang menanjak dan tidak mau kalah dengan trend selfie, selfie sukaesih, oh itu evie.

3. Skripsi Susah


Skripsis susah disini karena memang skripsinya yang membutuhkan data yang sangat besar dan memerlukan waktu berbulan-bulan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Contohnya saja skripsi tentang bagaimana membuktikan bahwa jari manis itu benar-benar manis meskipun dicelupin ke garam rasanya tetap manis menciptakan alat teknologi untuk mendapatkan pacar dengan karakteristik berdasarkan kategori-kategori yang sudah kita pilih, dan masih banyak lagi.

4. Menyempurnakan Nilai


Ini alasan yang mungkin akan jarang dipakai oleh mahasiswa telat lulus. Semester 1 ada mata kuliah yang mendapatkan nilai AB, maka dia akan mengulang mata kuliah tersebut hingga mendapatkan A, dan akan berusaha mendapatkan IP di atas 3,5. Ya, itu jarang sekali. Kebanyakan, asal lulus mah bungkus aja nilainya.

Itu sedikit alasan-alasan yang mungkin digunakan oleh mahasiswa yang telat lulus kuliahnya. Tapi, jangan remehkan dan jangan ejek mereka karena lulusnya terlambat, karena bagi mereka untuk masuk kuliah dan universitas tertentu saja sudah sangat sulit, masak ingin cepat-cepat lulus dan tidak dinikmatin. Itu. . . . . . .bisikan syaiton.

Oke, byeeeeee. . . . . .


Sumber gambar : google.com (dari berbagai blog dan website)

6 comments:

  1. Hahaha... Kampret! Emang pertanyaan kapan lulus itu menyakitkan. Bahkan nyokap udah nanya kayak anaknya ini lagi hamil. "Jadi kapan lo lulus, mboool?" #Gubrak

    gue follow blog lo ya. ditunggu follow baliknya. makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha. . .sabar bang mbooll, ya begitu nasib mahasiswa yang terlalu cinta dengan kampusnya. .

      oke gue follow balik :D

      Delete
  2. Banyak juga ya alasannya. Semoga dilancarkan pas kuliah ntar deh. :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gitu deh. . Oh baru mau kuliah? sukses deh :D

      Delete
  3. nah yang banyak tuh gara2 kerja atau sibuk organisasi bahkan yang ingin nyempurnain nilai juga banyak demi nilai nya ga kaya kunci gitar ..haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha kunci gitar haha ada A-E, kebanyakan B haha

      Delete