1 July 2014

Hari Pertama Kerja Praktek (KP) di PT. Gudang Garam

Halooooo. . . .
Ketemu lagi ya sama ane yang imut dan lugu ini. . .

Semoga gak bosan deh ya, soalnya ane insya Allah mau cerita soal sebulan ane KP, jadi ya mungkin akan ada 30 cerita gak jelas yang bisa dibaca. . 

Tanggal 1 Juli, hari pertama ane kerja praktek (KP) di PT. Gudang Garam Tbk. di kediri, jawa timur. Sahur sih ane keluar kost sama temen ane, cari makan di jalan pada gak buka, akhirnya di dekat pusat kota ada orang jual soto daging, langsung deh berhenti, terus pesan 2 porsi soto daging. Setelah jadi, makan deh tanpa sepik-sepik yang jual *yaiya yang jual udah bapak-bapak*. Rasanya hambar sih kalo menurut ane, tapi udah lapar mah makan aja, dagingnya juga empuk. 1 porsi habis, dan perut masih aja konser, yaudah pesan lagi 1 porsi, tapi gak pake daging. Jadinya, ane 2 porsi + temen ane 1 porsi + 2 aqua gelas total 18ribu. Murah abis dahhh, enak pula, hangat-hangat di badan.

Sampai kost, tunggu shubuh, sholat terus tidur bentar. Jam setengah 7, ane bangun dan temen ane ternyata gak tidur habis sahur.Yaudah jam 7 ane mandi, siap-siap baju kantor + jas almamater, dan yang lainnya. Setengah 8 ane berangkat langsung ke PT. Gudang Garam, dan ternyata disana sudah ada 4 orang dari Universitas Brawijaya yang juga melaksanakan kerja praktek. Setelah kenalan, ngobrol bentar, datang lagi temannya juga dari Universitas Brawijaya, Malang. Selang beberapa menit, datang lagi 5 orang dari Universitas Negeri Malang. Kalau jurusannya ada dari Teknik Informatika, Administrasi Negara, sama Teknik Industri. 
magang di gudang garam
Tempat Kerja Praktek Ane
Jam 8 lebih dikit, kami disuruh masuk lobby Gudang Garam, dan gede. wow. Mbak resepsionisnya pake rok pendek, widiiihhhh, godaan puasa. Habis isi data di resepsionis, disuruh masuk ke ruangan gitu, dikumpulin jadi 1 yang kerja praktek. 10 menit gitu nunggu, datang deh Bu Ayu, bagian humas Gudang Garam, setelah diberi penjelasan tata cara praktek dan aturan-aturannya, ane dikasih tanda pengenal yang harus dipakai saat kerja praktek. Dan, ada peraturan yang bikin pusing ane, "setiap kerja praktek wajib menggunakan pakaian berwarna putih", dan ane udah beli kemeja berwarna-warni, dan hanya membawa 1 kemeja putih. Hmmmm. . . .
magang di gudang garam
Jangan Lihat Fotonya
Masalah kemeja mah bodo amat deh, dipake seminggu juga oke oke aja nih. Next, 30 menit setelah diberi pengarahan, kami yang bagian di lembaga Direktorat IT disuruh menunggu di lobby untuk nanti ditemui dengan pembimbing, yaitu Pak Gideon. Yang bagian humas langsung bersama Ibu Ayu, dan yang bagian mesin langsung ke kantor yang jauh disana. 10 menit, 20 menit baru dipanggil untuk langsung ke ruang rapat gitu, ada pak Gideon, pak Feri, dan pak Jason. Pak Feri dan Pak Jason adalah pembimbing ane sama temen ane untuk bagian aplikasi developer. Yaudah langsung diajak ke ruang rapat lagi (ruangannya banyak *yaiyalah namanya juga kantor om -___-*) buat jelasin detail kerja praktek tentang pembuatan aplikasi.

30 menit kemudian, setelah berdiskusi, sepakat membuat aplikasi mobile berbasis android untuk pemesanan kendaraan akomodasi. Jadi, aplikasi ini berjalan di android, user memasukkan inputan untuk memesan kendaraan akomodasi, dan dikirim ke database, dan sekretariat IT bertugas untuk menyetujui permintaan bila sudah memenuhi syarat dengan mengambil data dari database tadi. Kemudian, sekretariat IT mengirimkan persetujuan kepada admin yang bertugas mencarikan driver / sopir kendaraan yang sedang kosong untuk dikirim kepada user yang meminta tadi dengan laporan detail tentang identitas sopir dan kendaraan yang dikirim. Kayak gambar gini lah :

magang di gudang garam
Aplikasi Android (Tugas KP)
Udah dijelaskan, ane disuruh nunggu di kantor IT nya, yah untuk duduk-duduk saja, setelah itu ane dipindah lagi ke ruangan kosong buat ngerjain tugas KP disitu. Jam 12 waktunya istirahat, ane dikasih kertas absen, buat ntar pulang harus absen, setelah itu ane balik kost sama temen ane buat sholat dan tiduran bentar. Jam 1 ane balik kantor lagi dan langsung ke ruangan yang sudah dikasih tahu tadi. 

Gabut.

magang di gudang garam
Ruangan Kerja Ane
Yap, ane disitu browsing buat tuagas, terus bosen, terus ngantuk, terus Facebook-an. Sampai jam 4, disitu ane karaokean bareng temen ane *ini boong*, langsung ane ke basement buat cek log absen. Karena memang belum tahu gimana caranya, ane duduk-duduk aja depan musholla, terus ada karyawan datang terus cek log, ane lihatin aja, terus selese, baru ane coba cek log, dan sukses huahahahahahaha. Nunggu sekitar 5 menitan.

Pulang ke kost langsung mandi dan sholat, terus tiduran bentar nunggu buka puasa. Pas adzan ane langsung keluar sama temen ane buat cari buka, dan kebetulan ada tukang sate, yaudah ane pesen sate 16 tusuk + 3 bungkus nasi, total 23 ribu. Sekalian beli aqua buat persediaan minum. Dan sampau ane ngetik ini juga sembari nyicil buat tugas, 70% facebook-an, 15% nyemil, 5% nugas.

Oke, byeeeeeeee. . . . . .

No comments:

Post a Comment