20 March 2014

Cara Agar Komputer / Laptop Tidak Gampang Terkena Virus

agar laptop tidak kena virus
Kali ini ane mau sedikit serius tentang kejadian yang sehari-hari kita alami. Sering sekali ane denger soal komputer atau laptop temen-temen ane yang terkena virus. Terkadang sebel juga kalau ane denger persoalan ini. Kenapa sebel? Ya karena sebuah virus itu muncul dalam komputer / laptop kita dikarenakan kelalaian kita sendiri. Sudah sering dibilang juga, pasang anti virus dan firewall, tapi tetep aja gak dijalanin. Emang sih gak semua anti virus bisa menjaga komputer / laptop kita. Terus gimana?

Gini, ane punya sedikit cara biar komputer / laptop kita gak gampang kena virus :

1. Pasang Anti Virus yang Selalu Update
agar laptop tidak kena virus
Cari antivirus yang memerlukan update setiap hari, contohnya Avast, Karspersky, Eset. Karena dengan update tiap hari maka database virus dalam antivirus tersebut akan terbarui, hal ini dikarenakan virus akan selalu berubah dan bertambah setiap hari.

2. Kenali Asal Virus
agar laptop tidak kena virus
Ingat-ingat dulu, sebelum virus menyebar dalam komputer / laptop ente, ente habis buka atau nglakuin apa. Bisa jadi komputer / laptop ente bawa hujan-hujan kan juga bisa kena virus, virus flu. Atau nggak ente bawa ke pinggir jalan juga bisa kena virus debu. Tapi bukan itu intinya. Biasanya virus itu dari flashdisk / hardisk temen kita yang kita paksa untuk bercumbu dengan komputer / laptop kita atau dari browsing internet yang tidak aman, dengan sembarangan meng-klik link yang tidak kita kenal asal-usulnya, seperti pop up iklan.

3. Jangan Sembarang Online di Wifi Orang / Tempat Umum
Disini ane pernah punya pengalaman. Jadi, ane sempet online di tempat makan yang ada wifinya gitu, terus tiba-tiba ane dapat email yang isinya bisa dibilang tidak mencurigakan, jadinya ane buka dan langsung deh anti virus ane detek banyak sekali virus yang masuk. Jadi, kalo lagi online di tempat umum gitu, siapin anti virus paling baru dan jangan mudah klik link yang masuk ke dalam komputer / laptop kita melalui apapun. Kalo penasaran, siapin antivirus paling update buat penangkalnya, dan kalo linknya bisa di hover, cek dulu linknya dengan hover / hanya meletekkan tanpa meng-klik kursor mouse ke link itu. Kayak gini nih :
agar laptop tidak kena virus
Hover Cursor Mouse
Kalo dari ane sih cuma itu aja intinya. Banyak celah yang bisa dimasuki oleh virus. Nah kalo virus sudah masuk ke dalam komputer / laptop kita, bisa dilakukan cara-cara ini :
1. Pasang pukat harimau dalam komputer laptop kita, biar semua virus bisa tersaring, baik virus besar, virus kecil, virus baik, virus jahat, semua tersaring.
2. Usir dengan ngomong "hus hus hus hus", mungkin kalo takut virusnya bakal keluar sendiri.
3. Kalo sudah masuk ke dalam komputer / laptop kita, segera semprotkan cairan kimia kayak semprotan nyamuk, sapa tau mati.
4. Kalo masih kena, masukkan komputer / laptop kita ke dalam air dan rendam, pasti virusnya keluar deh.

Oke itu aja, singkat, padat, dan gak jelas.
Byeeee. . . .

No comments:

Post a Comment