6 January 2016

Inilah Manfaat Susu Kambing untuk Kita

Inilah Manfaat Susu Kambing untuk Kita - Susu adalah satu diantara sumber utama kalsium yang diperlukan tubuh. Tetapi, janganlah hanya terpaku pada susu sapi, mengingat susu kambing juga tidak kalah manfaatnya. Tidak hanya memiliki kandungan kalsium, susu kambing juga kaya antioksidan serta asam lemak baik, hingga bisa memenuhi keperluan nutrisi. 

Di samping itu, banyak kandungan nutrisi dalam susu kambing sama juga dengan yang ada pada Air Susu Ibu (ASI). Susu kambing juga memiliki resiko alergi yang sedikit lebih rendah dibandingkan susu sapi. Ini lantaran susu kambing memiliki kandungan lebih sedikit senyawa kasein alpha 1 sebagai satu diantara pemicu alergi. 

Dari kandungan nutrisinya, berikut sebagian manfaat susu kambing :

Sumber Kalsium serta Antioksidan 

Seperti susu sapi, susu kambing juga kaya kalsium serta fosfor yang berguna untuk pembentukan tulang. Susu kambing juga memiliki kandungan zinc serta magnesium yang disebut antioksidan serta untuk mencegah penyakit saraf. 

Menyembuhkan Anemia 

Mengkonsumsi susu kambing secara teratur bisa memperbaiki keadaan anemia defisiensi zat besi. Ini lantaran susu kambing bisa tingkatkan penggunaan zat besi oleh tubuh dan merangsang pembaruan hemoglobin. 

Tidak sama dengan susu sapi, susu kambing meminimalisir hubungan pada kalsium serta zat besi dalam tubuh. Hubungan kedua zat mineral itu menyebabkan dampak saling menghalangi. Contohnya, kalsium dalam susu sapi bisa turunkan penyerapan zat besi dalam tubuh. 

Juga sebagai Probiotik 

Susu kambing kaya oligosaccharides atau senyawa yang memiliki kandungan gula sederhana. Dengan komposisi yang sama juga dengan ASI, oligosaccharides dari susu kambing bertindak juga sebagai probiotik di tubuh kita. Senyawa itu dapat membersihkan usus besar dari jamur serta bakteri penyakit yang dihasilkan bekas makanan. 

Lebih Gampang Diserap Tubuh 

Keuntungan yang lain adalah susu kambing bisa sedikit lebih baik untuk mereka dengan intoleransi pada laktosa. Ini lantaran susu kambing memiliki kandungan jatah laktosa sedikit lebih rendah ketimbang susu sapi, hingga lebih gampang diserap. Diluar itu, gumpalan protein susu kambing yang dibuat oleh aktivitas asam lambung lebih lembut hingga bakal lebih gampang dicerna. Itu dapat menguntungkan bayi yang kerap gumoh atau mempunyai masalah pencernaan seperti refluks. 

Memiliki kandungan Asam Lemak Baik 

Susu kambing memiliki kandungan asam lemak esensial seperti linoleat serta arakidonat yang lebih banyak daripada susu sapi. Asam lemak itu adalah sumber kekuatan yang cepat dibakar serta tak disimpan dalam tubuh sebagai lemak. 

Lemak susu kambing dapat menurunkan kandungan kolesterol total serta melindungi kandungan trigliserida. Ini bikin susu kambing jadi pilihan sehat untuk menghindari penyakit jantung. 

Panduan Mengkonsumsi Susu Kambing 

Susu kambing dapat diperhitungkan juga sebagai menu alami yang bisa dikonsumsi secara teratur oleh orang dewasa, terlebih untuk mereka yang alergi pada susu sapi, mempunyai masalah penyerapan nutrisi atau malabsorption, memiliki kandungan kolesterol yang tinggi, anemia, atau osteoporosis. 

Tetapi, pada umumnya mengkonsumsi susu sapi serta susu kambing tak dianjurkan untuk bayi berumur dibawah setahun. Hal semacam ini lantaran pemberian susu selain ASI pada bayi bisa meningkatkan resiko iritasi usus serta anemia. Tanyakan terlebih dulu pada dokter apabila mau memberi susu selain ASI pada anak terlebih anak yang alergi pada susu formula berbahan dasar susu sapi atau kedelai. 

Dengan beberapa manfaat susu kambing yang ada, kamu tetap mesti mencermati sebagian rambu-rambu. Yakinkan ada label ’Bebas Bovine Growth Hormone (BHG) serta antibiotik’ apabila kamu akan beli susu kambing

No comments:

Post a Comment