15 December 2015

Tips untuk Hidup Sehat dan Berkualitas

Tips untuk Hidup Sehat dan Berkualitas - Setiap orang pasti mau sehat serta bugar sepanjang waktu, supaya dapat melakukan semua kegiatan dengan lancar. Bila mau sehat tentu kita mesti lakukan rutinitas serta gaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Kita semua paham bahwa rutinitas sehat, umpamanya tak merokok, melindungi berat tubuh ideal, berolahraga, konsumsi makanan yang sehat serta banyak lagi rutinitas sehat yang lain. Kedengarannya sangatlah simpel, namun banyak yang sudah coba terasa begitu sulitnya mengubah rutinitas, sebagian orang berupaya mengubah drastis, walau demikian saat mereka hadapi kesusahan mereka segera menyerah. 

Sesungguhnya rahasia untuk hidup sehat itu hanya butuh melakukan perubahan-perubahan kecil yang perlu dikerjakan dengan cara terus-terusan seperti, satu gelas air putih pada pagi hari, kegiatan fisik yang cukup, berpikir positif (positif thinking). Nah dengan perubahan-perubahan kecil serta sederhana inilah yang bakal membuat hasil yang luar biasa dalam kehidupanmu (sehat, bugar, dan hidup yang lebih berkualitas). 
Tips untuk Hidup Sehat dan Berkualitas
Di bawah ini merupakan sebagian tips hidup sehat serta kebiasaan-kebiasaan sederhana yang perlu dijalankan supaya senantiasa bugar setiap hari, hingga kita bisa beraktivitas dengan lancar. 

1. Satu Gelas Air Putih pada Pagi Hari 

Biasakan bangun pada pagi hari dengan satu gelas air putih, selain itu bila ingin mencoba, dapat ditambahkan jeruk lemon atau jeruk nipis. Air putih dipercaya bisa membersihkan toksin serta radikal bebas di dalam tubuh, serta sudah pasti supaya kmau terlepas dari dehidrasi (60% badan kita yaitu cairan). 

2. Tidur yang Cukup 

Kurang tidur bisa bikin kamu capek, emosi serta tidak bisa menjaga konsentrasi dengan baik. Kurang tidur dapat juga mengakibatkan kerusakan fisik, kesehatan (terlebih kesehatan jantung). beberapa riset membuktikan bahwa 8 jam tidur per 24 jam (satu hari semalam) adalah kebutuhan standar rata-rata untuk orang dewasa. Namun masing-masing orang dapat pula berlainan sekitar pada 8 -10 jam, bila kamu masih tetap merasa mengantuk, kemungkinan kamu masih tetap kurang tidur. 

3. Peregangan pada Pagi Hari 

Peregangan bisa menambah aliran darah ke otot-otot kamu, serta memberi ekstra oksigen yang bakal bermanfaat untuk beraktivitas hari ini dengan penuh semangat serta optimisme. 

4. Lakukan Sarapan pada Pagi Hari 

Makan pagi (breakfast) sangatlah berguna sebagai sumber tenaga untuk melakukan aktivitas, sarapan dapat juga mencegah dari penyakit lambung (gastritis), tak perlu takut gemuk, lantaran sebagian riset (Konfrensi American heart Association 2003) melaporkan bahwa orang yang sarapan pada pagi hari kemungkinan kecil untuk menderita gemuk serta penyakit diabetes bila dibanding dengan orang yang tidak sarapan (nonbreakfast). 

5. Luangkan Waktu untuk Jalan Kaki Setiap Hari 

Kita tentu sudah mengetahui tentang keuntungan melakukan aktivitas fisik (jalan kaki), walau demikian banyak di antara kita yang merasa tak mempunyai waktu serta hasrat untuk olahraga. Bila kamu bekerja dikantor biasakan memanfaatkan tangga bukan lift, berjalan-jalan dengan rekan kamu, berjalan-jalan dengan hewan peliharaan kamu sedikit lebih lama ini bakal bikin kamu lebih aktif secara fisik. sebagian peneliti menyampaikan bahwa orang cuma butuh jalan 12 mil perminggu atau seputar 125-200 menit perminggu untuk tingkatkan kesehatan jantung mereka. 

6. Jalankan Interaksi Sosial 

Disebutkan bahwa orang yang kesepian lebih cendrung sakit serta mati muda. Orang yang tidak mempunyai rekan mudah stress, depresi serta kerap kurang aktif secara fisik. Beberapa pakar menyampaikan bahwa seorang yang memiliki hubungan sosial yang baik, kesehatannya juga lebih baik. 

7. Konsumsi Makanan yang Alami (tanpa ada bahan pengawet) 

Teliti daftar makanan yang bakal kamu beli, apakah memiliki kandungan bahan pengawet serta tak sehat, terdapat beberapa bahkan juga ratusan makanan yg tidak sehat dan memiliki kandungan pengawet yang beredar dipasaran, jadi pastikan kamu lebih waspada dalam menentukan makanan yang sehat untuk kamu. Miliki info yang cukup perihal makanan, kosmetik serta produk yang lain yang kurang baik untuk kesehatan kamu di Internet. 

8. Mencari Kesibukan Baru 

Membuat kesibukan baru bersama rekan, keluarga seperti hiking, berolahraga kelompok, ski atau naik sepeda, menyalurkan hobi bisa memberi kesenangan sendiri serta kurangi stress. Kamu akan mulai bersua dengan orang-orang yang mempunyai ketertarikan sama dengan kamu serta mungkin saja memperoleh beberapa rekan-rekan baru, asyik kan? Nikmati hobi baru kamu, serta ingat bahwa orang yang bahagia umumnya hidup lebih lama. 

9. Cintai Hidup Anda 

Relaks! janganlah gugup serta emosi hanya lantaran permasalahan sepele, janganlah terlampau serius, senyum, cinta orang lain, serta senantiasa lihat sisi terang kehidupan. 

Bila panduan ini dipraktekkan dengan benar serta berkaitan, kamu bisa memperoleh manfaat yang luar biasa, hidup sehat, bugar sepanjang hari serta hidup yang berkualitas.

2 comments:

  1. Hmm sederhana ya mas sebenarnya.. tapi selalu ada aja alasan tuk mengabaikannya. Mudah2an bisa berubah pelan2 deh biar bisa hidup sehat dan berkualitas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, memang hidup sehat itu cuma melakukan hal-hal sederhana seperti yang diatas, tapi kadang malas itu yang bikin merusak semuanya. .

      Delete