20 December 2015

Manfaat Sit Up dan Cara yang Benar untuk Melakukannya

Manfaat Sit Up dan Cara yang Benar untuk Melakukannya - Mungkin saja sudah banyak orang yang mengetahui olahraga yang bernama sit-up ini. Umumnya sit-up dipakai juga sebagai tindakan hukuman atas pelanggaran kedisiplinan dalam suatu pelatihan PBB, pramuka dsb. Disamping itu, tahukah kamu bahwa sit up yang dijalankan melalui langkah yang benar, bakal berguna untuk kesehatan. Dan sebaliknya, bila salah dalam mengerjakannya malah dapat menyebabkan cedera otot. Kenali apa kegunaan sit up untuk kesehatan, langkah situp yang benar dan efek bila salah dalam mengerjakannya. 

Sit up merupakan termasuk juga jenis latihan retensi otot, terutama untuk melatih retensi otot perut. Sit up dijalankan melalui langkah membaringkan diri pada sebuah media datar, baik memanfaatkan matras ataupun langsung di lantai atau tanah. Sit up dengan cara simpel dapat dijalankan melalui cara melipat kedua lutut serta menjejakkannya di lantai, disamping itu bagian punggung ada pada posisi tidur, serta ditarik agak kedepan menuju arah lutut. Gerakan sit up dijalankan dalam beberapa kali set dengan nafas yang teratur. 

Latihan sit up merupakan latihan yang termasuk murah, dan gampang dikerjakan lantaran tak membutuhkan peralatan serta biaya. Tetapi sit up juga tawarkan kegunaan kesehatan yang luar biasa, seperti pada banyak jenis latihan yang lain. :

Manfaat Sit Up untuk Kesehatan 

Manfaat latihan resistensi seperti sit up untuk pria bisa menambah kandungan testosteron dalam tubuh, dan menambah kemampuan otot. Testosteron juga dikenal hormon pria, serta pria yang mempunyai kandungan testosteron tinggi bakal mempunyai kekuatan seksual yang bagus, mempunyai otot yang kencang, mempunyai tulang yang kuat, serta kesempatan besar untuk panjang usia. Menurut Medical News Today, rendahnya testosteron berkenaan dengan osteoporosis, diabetes, tekanan darah tinggi serta peningkatan lemak viseral (lemak yang tidak tampak namun mengitari organ vital), baik pada pria serta wanita. Berikut beberapa manfaat luar biasa dari sit up, berdasarkan berbagai macam sumber serta riset : 

Mengencangkan Otot 

Menurut suatu studi yang dikerjakan pada tahun 1998 oleh peneliti dari Penn State University yang dipublikasikan dalam Journal of Strength and Conditioning Research, bahwa testosteron berkesinambungan merespon otot.

Sit up memanfaatkan otot-otot besar di dada, yakni golongan otot besar deltoid di bahu serta trisep. Juga otot lain, termasuk juga otot perut yang bertindak juga sebagai stabilisator. 

Menghambat Osteoporosis 

Menurut Hormone Foundation, rendahnya tingkat testosteron bisa berperan pada hilangnya kepadatan tulang dari waktu ke waktu serta menyebabkan osteoporosis pada laki-laki. 
  
Sebab itu, rendahnya tingkat testosteron dapat juga mengakibatkan hilangnya massa otot serta kemampuan secara keseluruhan, dan atrofi otot dari waktu ke waktu. 

Panjang Umur 

Suatu studi yang dikerjakan pada tahun 2008 oleh beberapa peneliti dari University of Greifswald di Jerman, memperlihatkan bahwa tingkat testosteron yang rendah bisa menambah resiko diabetes, hipertensi, obesitas dan bahkan juga kematian dini. 
  
Studi yang diikuti peserta selama sekitar lebih dari tujuh tahun ini mendapatkan bahwa orang dengan kandungan testosteron rendah 2, 5 kali lebih mungkin saja meninggal dini ketimbang dengan orang dengan tingkat testosteron lebih tinggi, terlepas dari merokok, mengkonsumsi alkohol atau umur. 

Memperkecil Perut Buncit 

Hasil Analisis di Rush University Medical Center pada studi 2009 yang dipublikasikan dalam jurnal Obesitas, mendapatkan korelasi pada tingkat testosteron yang rendah serta berfluktuasi pada wanita menopause bisa mengakumulasi lemak visceral, yakni lemak yang menumpuk di dalam serta seputar organ vital di dekat pinggang. Sebab itu, sit up dapat dikatakan juga sebagai olahraga yang bisa memperkecil perut buncit. 

Saat paling baik melakukan sit up? 

Sit up dapat dikerjakan setiap saat, sama dengan melakukan olahraga lain pada umumnya. Seandainya dikerjakan dengan cara teratur, maka kamu bakal mendapatkan manfaat yang luar biasa dari sit up. 


Langkah Sit Up yang Baik serta Benar 

Upayakan supaya setiap bagian badan ada pada posisi yang benar. Bila kamutelah merasa nyaman serta siap, barulah sit up dapat dimulai. Oleh karena itu, baiknya mencari lantai yang datar, serta rata tentunya. 

Walau sit up bisa dikerjakan dimanapun asal ada lantai atau tanah yang datar, namun akan tambah baik bila memakai matras. Hal semacam ini supaya kamu merasa nyaman, dan terbebas dari materi yang bisa melukai kulit punggung. 
  
Kerjakan sit up dengan hanya fokus pada gerakan otot perut, bukanlah mengkalkulasi berapa banyak sit up yang dapat kamu kerjakan.

Untuk pertama kali, lakukan sit up hanya dengan beberapa set yang sama selama beberapa hari latihan. Tidak perlu tergesa-gesa untuk menaikkan jumlah set, yang penting dijalankan saja dengan cara teratur. 
  
Yang tidak kalah perlunya yaitu mengatur nafas dengan benar. Ketika badan dalam posisi tidur, tarik nafas dalam-dalam. Serta hembuskan nafas dengan cara perlahan-lahan ketika posisi bangun. 
  

Beberapa Hal yang Perlu Dijauhi Waktu Lakukan Sit Up : 


  • Jangan sampai melakukan gerakan situp, bila posisi belum sesuai. 
  • Jangan sampai melakukannya sit up terlampau cepat 
  • Melakukan terlalu banyak gerakan sit up, dengan argumen supaya lebih cepat langsing

2 comments:

  1. Yap. Memang sit-up berguna banget buat ngecilin perut. Gue udah 2 mingguan ini ngerutinin sit-up dan bentuk perut gue jadi lebih mengecil tapi tetep aja masih buncit. Huhu. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama gan kyuto, sit up banyak, makan banyak juga hahaha

      Delete