20 December 2015

Inilah Manfaat Wudhu Sebelum Tidur untuk Kesehatan Kita

Inilah Manfaat Wudhu Sebelum Tidur untuk Kesehatan Kita - Wudhu jadi suatu hal yang akrab untuk golongan muslim. Pasalnya wudhu adalah satu diantara langkah bersuci untuk jalankan ibadah dalam Islam. Wudhu jadi ritual suci, saat sebelum kamu mencapai sajadah serta mengenakan mukena atau baju koko yang akan melaksanakan sholat atau beribadah suci yang lain. Tetapi tahukah kamu bahwa melaksanakan wudhu terlebih dulu adalah satu diantara rutinitas Rasul. 

Jangan sampai salah, nyatanya Nabi besar kita Muhammad SAW juga lakukan hal demikian. Rutinitas baik ini pasti memberi dampak baik untuk yang mengerjakannya. Menurut pengetahuan medis, nyatanya juga amat baik untuk kesehatan. Riset terakhir dari Kampus Alexsandria, Dr. Musthafa Syahatah, seorang dekan fakultas THT menyatakan bahwa orang yang melaksanakan wudhu saat sebelum tidur mempunyai kuman lebih sedikit daripada orang yang tidak melaksanakan wudhu. 
Lantas apa saja kegunaan berwudhu sebelum akan tidur untuk badan, di bawah ini beberapa diantaranya : 

1. Bebas dari kuman jahat 

Kuman jahat dapat tumbuh serta berkembang dimanapun. Bahkan juga di tiap-tiap gagang pintu kamu, diatas sprei, ataupun di tempat nonton tv menjadi tempat perkembangan kuman yang baik. Oleh karenanya, kamu diharuskan untuk selalu dalam kondisi bersih. Terlebih saat tidur. 

Satu diantara jawabannya yaitu dengan wudlu sebelum akan tidur. Riset yang pernah dilakukan mengatakan bahwa wudlu dapat mengurangi kuman-kuman yang hidup pada badanmu.

2. Struktur wudhu benar-benar menyehatkan 

Wudhu bermakna membersihkan diri. Baik dari kotoran, kuman, serta bakteri yang mengenai badanmu. Lakukan wudlu yang diawali dari niat, lantas membersihkan kedua tangan, berkumur, memasukkan air ke hidung dan membersihkan kepala amat jelas berarti membersihkan anggota tubuh bagian atas. 

Selanjutnya diteruskan untuk membersihkan tangan hingga siku, lalu ke dua daun telinga, dan bersihkan kaki. Tata cara yang dikatakan benar-benar baik untuk menolong kamu melindungi serta menjaga kesehatan badan. 

3. Membantu memelihara kesehatan wajah 

Bila ahli kecantikan menghimbau beberapa wanita untuk membersihkan muka saat sebelum tidur, maka Rasulullah menyarankan untuk berwudhu saat sebelum tidur. Kedua sisi ini sesungguhnya mempunyai essensi sama, yaitu membersihkan anggota tubuh bagian atas. 

4. Makin mendekatkan diri pada Illahi 

Berwudlu merupakan satu diantara bentuk beribadah yang tinggi. Karena dengan wudlu kita selalu melindungi kebersihan diri. Sedangkan Allah menyayangi serta suka pada kebersihan. Kamu pasti telah tak asing dengan hadits yang berbunyi Kebersihan merupakan sebagian dari keimanan bukan? Yuk wudhu setiap malam. 

5. Di doakan oleh malaikat 

Dalam suatu hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban mengatakan bahwa seorang yang berwudhu, saat bangun ia bakal di doakan malaikat. Simak berikut haditsnya : 

Rasulullah SAW bersabda : “Barang siapa tidur pada malam hari dalam keadaan suci (berwudhu’) maka Malaikat akan terus mengikuti, lalu saat ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap ‘Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, kerana ia tidur pada malam hari dalam keadaan selalu suci”. (HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r. a.)  

6. Kala mati, maka akan dianggap mati syahid 

Dalam satu kitab yang dicatat oleh Syekh Muhammad bin Umar An Nawawi Al Mantany dalam bukunya Tanqih al Qand al Hatsis mengatakan bahwa seorang yang berwudlu saat sebelum tidur memperoleh manfaat. Yaitu saat ia wafat maka dianggap mati syahid. 

Dari Umar bin Harits bahwa Nabi bersabda : ”barangsiapa tidur dalam kondisi berwudhu, maka apabila mati sewaktu tidur maka matinya dalam keadaan syahid disisi allah” .

Intinya adalah seorang yang tidur dalam kondisi suci, berwudlu, maka ia bakal mendapatkan posisi tinggi di sisi Allah. Subhanallah. 

7. Merilekskan otot saat sebelum tidur 

Saat siang hari, pasti kesibukan yang kamu kerjakan sangatlah banyak. Karenanya butuh dilakukan untuk merilekskan otot. Manfaat wudhu saat sebelum tidur merupakan satu diantara langkah untuk merilekskan otot yang kaku sehabis seharian bekerja keras. Bahkan juga secara psikologis, seorang yang sudah menjalankan wudlu bakal terlihat lebih rileks. Dan tubuh kamu bakal merasa fresh kembali. 

8. Dapat membuat cerah kulit 

Kamu tidak butuh membeli peralatan make-up yang mahal untuk memperoleh wajah yang cerah. Sebetulnya dengan berwudlu saat sebelum tidur juga dapat membuat cerah kulit muka kamu. Karena menurut ahli kecantikan berwudlu diyakini dapat menyingkirkan noda membandel. Dengan begitu muka kamu lebih terlihat fresh serta bersih. 

9. Disunnahkan oleh Rasulullah 

Pernah teman dekat Nabi, yaitu al Bara’ bin Azib RA mengemukakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda pada dirinya. 
“Apabila engkau akan mendatangi pembaringan (tidur), maka sebaiknya berwudhu terlebih dulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan shalat. ” (HR. Bukahri dan Muslim). 
Kamu masih tetap ragu pada manfaat wudhu saat sebelum tidur? Tinggalkanlah keraguan itu! 

10. Bentuk serta usaha untuk menstimulus syaraf pusat 

Menurut riset yang dikerjakan oleh Prof. Leopold Warner Von Ehrenfels, beliau merupakan psikiater sekaligus pakar di bidan neurology dari Austria mengaku sesuatu yang istimewa disaat seorang berwudlu. Pusat syaraf manusia yang paling sensitif yaitu pada bagian tangan, kaki dan sebelah dahi. Ketiga sisi ini dapat di katakan amat sensitif dengan kehadiran air segar. Hingga saat kamu membersihkan ketiga sisi itu, otomatis kamu membangunkan serta menstimulus syaraf pusat. 

11. Menjauhkan dari penyakit kulit 

Bagian tangan, muka, dan kaki merupakan bagian yang paling efektiv untuk menyalurkan kuman dan kotoran. Karena ketiga sisi itu yang paling banyak bersentuhan secara langsung dengan benda asing atau pathogen. Oleh karenanya, butuh dilakukan pembersihan berkali-kali. Manfaatnya adalah untuk mengurangi kemungkinan terserang penyakit kulit. 

12. Menormalkan detak jantung 

Satu diantara aktivitas wudhu yang amat mempunyai manfaat mumpuni yaitu saat kamu membasahi anggota tubuh ke air. Hal semacam ini dapat bikin kenormalan jantung untuk berdetak lebih stabil. Hasil ini bahkan juga telah di teliti oleh Dokter Ahmad Syauqy yang sangat ahli di bagian penyakit dalam serta penyakit jantung di London. 

13. Mengobati insomnia 

Kamu sering mengalami sulit tidur? Yap, insomnia memang banyak menyerang para remaja. Walau sebenarnya menurut kesehatan, tidur terlampau malam, bahkan juga hingga pagi atau tak tidur sekalipun dapat mengakibatkan kerusakan organtubuh secara otomatis. Jadi rutinitas insomnia memang seharusnya dihilangkan. Langkahnya? Cukup ambillah air wudhu saat sebelum tidur.

No comments:

Post a Comment