18 December 2015

Inilah Manfaat dari Buah Nanas untuk Kesehatan

Inilah Manfaat dari Buah Nanas untuk Kesehatan - Buah nanas (Ananas comosus (L.) Merr.) adalah tanaman buah yang datang dari Brasil. Di Indonesia, nanas umumnya ditanam di perkebunan dan untuk diambil buahnya. Subang adalah daerah penghasil nanas terbesar di Indonesia. Buah nanas tidak hanya di makan dengan cara langsung, dapat pula diawetkan lewat cara direbus serta diberi gula, dibuat selai, atau dibuat sirop. 

Tidak hanya berguna juga sebagai makanan, buah nanas juga bermanfaat sebagai obat tradisional. Diluar itu, kandungan vitamin seperti vitamin C serta mineralnya sangatlah baik untuk kesehatan. Manfaat buah nanas salah satunya mengurangi keluarnya asam lambung yang terlalu berlebih, menolong mencernakan makanan di lambung, antiradang, peluruh kencing (diuretik), bersihkan jaringan kulit yang mati (skin debridement), mengganggu pertumbuhan sel kanker, membatasi penggumpalan trombosit (agregasi platelet), serta memiliki aktifitas fibrinolitik. Buah muda terasa asam, bermanfaat meningkatkan enzim pencernaan, antelmintik, diuretik, peluruh haid (emenagog), abortivum, peluruh dahak (mukolitik), serta pencahar. 
Inilah Manfaat dari Buah Nanas untuk Kesehatan

1. Menyembuhkan Cacingan 

Kupas 1 buah nanas muda, lantas bersihkan hingga bersih. Setelah itu, basuh dengan air masak, lantas parut. Peras serta saring hasil parutannya, selanjutnya minumkan pada anak yang cacingan sedikit demi sedikit. 

2. Lambung Terasa Penuh 

Saat pencernaan terganggu, lambung bakal merasa penuh meskipun cuma diisi sedikit makanan. Langkah mengatasinya dengan minum jus nanas 3 kali sehari masing-masing 3/4 gelas (kira-kira 150 cc). Jalankan pengobatan ini 1/2 jam sebelum akan makan. 

3. Keseleo, Memar karena Terpukul 

Bila anak atau anggota keluarga lain mengalami kesleo, memar atau luka lebam, obati dengan buah nanas. Caranya, kupas 1 buah nanas yang telah masak, potong-potong, selanjutnya dijus. Minum air yang terkumpul sekaligus. 

4. Luka Bakar, Gatal serta Bisul 

Tidak hanya enak dikonsumsi, buah nanas dapat juga dipakai untuk menyembuhkan sebagian penyakit kulit seperti kulit terbakar, gatal pada kulit serta bisul. Caranya, bersihkan daun nanas hingga bersih, selanjutnya tumbuk hingga halus. Oleskan di bagian yang sakit. 

5. Menyembuhkan Radang Tenggorokan 

Sakit tenggorokan mengganggu kegiatan kamu? Kupas 2 buah nanas yang sudah masak, lalu bersihkan hingga bersih. Potong-potong, selanjutnya dijus atau diparut. Setelah itu, peras memanfaatkan sepotong kain bersih. Minum air perasan yang terkumpul, satu hari 3 kali, setiap saat cukup 1/3 bagian. 

6. Obat Beri-Beri 

Fungsi buah nanas yang lain yaitu menyembuhkan penyakit beri-beri. Langkahnya, kupas 2 buah nanas yang telah masak, selanjutnya bersihkan hingga bersih. Setelah itu, jus atau parut, lalu peras. Minum air perasannya sekaligus. Baiknya diminum pagi atau siang hari setelah makan. 

7. Peradangan di Kulit (Dermatitis) 

Siapkan 1/2 buah nanas yang sudah masak. Kupas kulitnya, lantas parut. Hasil parutannya digunakan untuk menggosok-gosok kulit yang bersisik serta mengelupas, baik di kulit kepala atau sisi lain dari tubuh. Kerjakan sekali sehari, malam saat sebelum tidur. Esok paginya baru dicuci bersih. Lakukan setiap hari. 

8. Menangani Sembelit 

Kupas 3 buah nanas yang belum masak, selanjutnya cuci hingga bersih. Setelah itu, jus atau parut, lantas peras. Minum air perasannya sesudah makan, satu hari 2 kali, masing-masing cukup 1/2 gelas. Kerjakan secara teratur sampai sembelit hilang. 

9. Menyingkirkan Ketombe 

Siapkan 1/4 buah nanas masak. Kupas kulitnya, lantas parut, peras, serta saring. Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis serta aduk hingga rata. Pakai ramuan ini untuk menggosok-gosok kulit kepala yang berketombe. Lakukan malam saat sebelum tidur. Esok paginya rambut dikeramas. Kerjakan 2-3 kali dalam satu minggu. 

10. Turunkan Berat Tubuh 

Kupas 1 buah nanas yang tidak terlampau masak, lantas bersihkan hingga bersih. Potong-potong, lalu dijus atau diparut. Setelah itu, peras memakai sepotong kain bersih serta air perasannya segera diminum sekalian. Kerjakan 2 kali sehari. 

Catatan Utama : 

  • Ibu hamil dilarang minum perasan buah nanas muda. 
  • Buah nanas di dalam saluran cerna difermentasi jadi alkohol yang bisa menyebabkan kambuhnya rematik Gout. 
  • Pasien kencing manis (diabetes mellitus) disarankan untuk membatasi dalam mengkonsumsi buah nanas lantaran kandungan gula buah yang masak cukup tinggi. 
Tidak cuman dapat dikonsumsi dengan cara langsung, nyatanya buah nanas juga mempunyai banyak manfaat sebagai obat tradisional. Jadi tak ada salahnya bila kamu menanam pohon ini di kebun atau belakang rumah. 

No comments:

Post a Comment