18 December 2015

Cara Alami Atasi Anak Susah BAB

Cara Alami Atasi Anak Susah BAB - Tidak cuma orang dewasa, anak dapat juga mengalami sembelit atau sulit BAB. Studi paling baru bahkan memperlihatkan bahwa umumnya anak yang masuk ke area gawat darurat lantaran permasalahan usus atau lambung nyatanya mempunyai permasalahan konstipasi. 

Walau konstipasi bukanlah penyakit atau permasalahan yang berbahaya, tetapi tentu sangatlah tidak nyaman serta dapat bikin anak kesakitan. Karenanya, saat anak alami konstipasi selekasnya kerjakan tips atasi anak susah BAB berikut ini :

1. Berikanlah serat 

Cermati apakah anak tidak banyak konsumsi sayur atau buah-buahan beberapa hari terakhir. Bila iya, maka itulah pemicunya. Cobalah untuk memberikan bahan makanan berserat pada makanan buat mereka. Hindari makanan seperti keju atau daging olahan. 

2. Tambahkan cairan 

Kadang-kadang anak sulit disuruh minum banyak. Pekerjaan kamu yaitu bikin mereka minum banyak untuk mencegah sembelit. Saat anak mulai sulit BAB, kamudapat memberi jus buah pada mereka, seperti jus apel atau pear. Tambahkan juga konsumsi cairan mereka dengan air putih. 

3. Latih anak pakai toilet 

Beberapa pakar di The Mayo Clinic merekomendasikan orang tua untuk mengajak anak mereka duduk di toilet sepanjang 5hingga 10 menit dalam rentang waktu 30 menit sesudah makan, setiap hari. 

4. Olahraga 

Mengajak anak untuk bergerak dengan cara fisik dan olahraga merupakan langkah alami untuk bikin usus bergerak dengan alami. Tidak hanya bikin badan bugar, langkah tersebut dapat juga menolong memperlancar sistem pencernaan. 

5. Akupunktur 

Cara akupunktur dapat dikerjakan untuk menolong mengatasi sembelit pada anak, bila langkah yang lain sudah tak mempan. Bila akupunktur bikin anak tidak nyaman, orang tua dapat memberi pijatan lembut pada perut anak untuk menolong mengatasi sembelit mereka. 

6. Memberi makanan probiotik 

Walau terdapat banyak pertentangan tentang efektivitas makanan probiotik untuk anak, tetapi makanan yang memiliki kandungan bakteri baik dalam usus pasti dapat menolong anak mengatasi sembelit. 

7. Mandi air hangat 

Langkah tersebut mungkin saja tampak tidak berhubungan dengan sistem pencernaan. Tetapi mengajak anak mandi air hangat dapat bikin otot-otot jadi lebih santai serta bikin anak lebih lancar buang air besar. 

Saat anak alami sembelit, baiknya kerjakan beberapa Cara Alami Atasi Anak Susah BAB terlebih dulu. Janganlah terburu memberi anak obat. Sebelum akan menggunakan obat sembelit yang ada di toko, sebaiknya untuk memeriksakan anak ke dokter terlebih dulu.

No comments:

Post a Comment