28 October 2015

Tips Membeli Laptop yang Bekas Murah Tapi Tidak Murahan

Tips Membeli Laptop Bekas Agar Puas
DIRGAENGGAR.COM - Kebutuhan akan alat elektronik di jaman sekarang bisa mengalahkan kebutuhan kita terhadap pangan. Hal ini didukung dengan kemajuan internet dimana ini dapat menimbulkan efek yang sangat besar terhadap kehidupan kita. Mau makan buka internet, mau tidur buka internet, mau mengendarai buka internet. Bisa dikutip dari situs Internet Live Status, bahwa pengguna internet aktif di Indonesia sudah mencapai sekitar 42 juta di tahun 2014. 

Selain itu, pendukung dari internet sendiri telah muncul dari berbagai kategori, mulai televisi, kulkas, modem, laptop dan barang elektronik lainnya. Televisi mulai dengan bisa menonton siaran televisi menggunakan internet, kulkas dengan wireless charging (entah ada atau nggak), modem dan laptop digunakan untuk bekerja. Namun, saya tidak membahas semuanya, hanya membahas soal laptop. 

Harga laptop dan merek laptop saat ini tidaklah sedikit. Mungkin bila dijumlahkan akan melebihi mantan-mantan saya. Ya. Belum lagi harganya yang bisa dibilang dapat menguras dompet, selain pacaran tentunya, kebutuhan untuk waktu yang lama pun tidak menjamin. Oleh karena itu, bilamana kita membutuhkan sebuah laptop namun kita terbatas oleh dana yang tidak banyak. maka kita perlu memperhatikan tips dari yang saya berikan, ya ini tips dari saya jadi bisa dilakukan bisa nggak, pendapat pribadi saja. Tips membeli laptop bekas agar puas.

1. Pastikan Dana

Kalau tidak ada dana yauda pilih kesempatan. Jayus. Pastikan dana yang kamu punya. Dana akan mempengaruh spesifikasi laptop nantinya.

2. Dana Sudah Ada, Pilih Merek

Merek disini bisa bermacam-macam, ada Asus, Toshiba, dan lain-lain. Pilih merek yang ingin kamu pilih, karena merek akan berpengaruh pada komponen. Cari merek dengan komponen yang mudah dicari di masyarakat.

3. Survei Toko Online

Bingung memilih toko online? Saya rekomendasikan Tokopedia dan Bukalapak. Karena mereka menggunakan sistem yang aman. Tidak perlu takut untuk ditipu, jadi uang yang kamu kirimkan akan disimpan dulu di sistem mereka, ketika kamu puas dengan barang yang dikirim makan uang kamu akan dikirimkan kepada seller. Aman kan?

4. Utamakan COD

COD untungnya adalah kita dapat melihat langsung barang yang ingin kita ambil. Mulai kerusakan, hardisknya, RAMnya, dan masih banyak lagi. Bila tidak cocok bisa langsung dibatalkan, ya mungkin akan hilang di ongkos ketemu saja.

5. Gunakan CPU-Z 

Untuk analisa daleman laptop, gunakan CPU-Z. Jadi, pastikan ada aplikasi CPU-Z yang bisa diunduh disini untuk nantinya kamu buka di laptop yang ingin kamu ambil. Pastikan informasi yang ada di dalam CPU-Z sama dengan informasi yang diberikan oleh penjual.

6. Periksa Kondisi Fisik

Cek baut-baut pada tubuh laptop apakah ada ayng hilang atau tidak. Periksa bukaan DVD-RW apa bisa keluar dengan lancar dan bisa digunakan. Lubang USB juga menjadi prioritas untuk dilihat. Lihat bagian LCD apakah ada bagian yang retak atau baret.

7. Cek Kelengkapan

Karena ini nanti bisa dijual kembali dengan harga ya bisa dibilang tidak jauh dari kita membelinya. Seperti kardusnya dan tas nya.

8. Kesehatan Baterai

Seperti ini kalau dari saya, minta garansi khusus untuk baterai. Karena ketika COD tentu kita tidak akan menghabiskan waktu menunggu baterai habis bukan? Kecuali kalau penjual dan pembeli ada kesepakatan khusus untuk menunggu baterai laptop habis sekedar membuktikan kalau baterainya sehat. Bila penjual tidak memberikan garansi, maka gunakan rekening bersama untuk meminimalisir tertipu. Kalau tidak ingin menggunakan rekening bersama maka siap-siap sisihkan uang untuk mengganti baterai yang sehat.

9. Cermati Informasi yang Diberikan

Cermati segala informasi yang diberikan oleh penjual. Semakin lengkap penjual memberikan informasi dan foto maka penjual tersebut bisa dipercaya. Kelengkapan yang tadi juga bisa menentukan niatnya penjual untuk menjual laptopnya.

Sedikit tips membeli laptop bekas dari saya agar sama-sama puas. Bila ada yang kurang silahkan komentar atau menghubungi saya lewat informasi yang ada. Terima kasih.

4 comments:

  1. Waaahhh kalo beli bekas sih gak berani lewat onglen, kecuali kalo transaksinya COD :D

    ReplyDelete
  2. Kalau dana-nya yang gak ada, gimana mas Dirga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan yg sulit, mungkin akan terjawab ketika iis dahlia duet bareng adele bang

      Delete