3 August 2015

Manfaat Olahraga pada Malam Hari, Apa Ada?

DIRGAENGGAR.COM - Tidak sedikit para pekerja kantoran, memilih waktu malam hari sebagai waktu untuk berolahraga atau sekedar refreshing setelah seharian lelah bekerja. Dikarenakan pada pagi hari, mereka mempersiapkan segala sesuatu untuk di kantor sehingga tidak ada waktu untuk sekedar lari pagi di depan rumah. Terkadang, tubuh menjadi sangat kaku setelah bangun tidur di waktu pagi sehingga mengurungkan niat untuk berolahraga ketika pagi hari.

Ketika pagi hari, otot tubuh dan suhu tubuh masih dingin, sehingga tubuh serasa sulit untuk digerakkan. Lantas, malam hari menjadi waktu untuk berolahraga, dimana ketika malam hari tubuh sudah menjadi hangat dan otot pun tidak terasa kaku. Melakukan push-up tentu akan mudah bila dilakukan ketika malam saat otot sudah lemas, daripada pagi hari. Di waktu malam pun, konsentrasi lebih terjaga saat olahraga, daripada ketika pagi hari yang akan terpecah oleh konsentrasi di kantor nanti.

Lantas, olahraga malam hari apa ada manfaatnya?

manfaat olahraga malam hari

Beberapa dari seonggok daging yang bernafas mengatakan kalau olahraga pada malam hari membakar lemak lebih sedikit daripada ketika pagi hari. Karena pada malam hari, tubuh sudah terisi banyak karbohidrat, lemak, protein, dan lain-lain yang mengakibatkan perut serasa penuh. Bila di pagi hari, kondisi perut masih dalam keadaan kosong, sehingga pembakaran lemak tentu akan lebih maksimal.

Selain itu, olahraga pada malam hari dapat membuat sulit untuk tidur. Kadar hormon stres seperti kartisol dapat meningkar selama berolahraga saat malam hari, tetapi akan menurun beberapa jam kemudian. Oleh karena itu, gunakan waktu beberapa jam sebelum waktu tidur, karena bila olahraga mepet dengan waktu tidur bisa menganggu kenyamanan istirahat untuk esok hari.

Olahraga malam hari yang cocok apa?

sepakbola atau futsal cocok buat olahraga malam hari

Mungkin bisa mencoba futsal dan basket saat pulang kantor, bulutangkis setelah Isya', tenis meja atau billiard boleh untuk dicoba.

Berolahraga malam hari lebih baik daripada tidak olahraga sama sekali. Atur waktu yang pas sesuai kegiatan yang dilakukan agar mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.

No comments:

Post a Comment