25 August 2015

Cara Buat Spoiler di Blog Blogspot

DIRGAENGGAR.COMCara Buat Spoiler di Blog Blogspot sebenarnya bisa dibilang ribet. Karena saya menemukan caranya dengan menambahkan beberapa kode untuk ditampilkan pada saat kita membuat artikel. Jadi, kita harus telaten saat memasang spoiler di postingan blog. Karena kita harus berpindah tabs dari Compose ke HTML.

Spoiler sendiri adalah fitur untuk menyembunyikan kalimat-kalimat panjang agar lebih enak dipandang. Spoiler sering ditemui di sosial media kaskus yang biasanya digunakan untuk menyembunyikan gambar-gambar yang besar atau hal yang lainnya. Kalau di blog biasa digunakan untuk kode-kode pemrograman yang panjang agar blog sedap untuk dipandang.

Cara Buat Spoiler di Blog Blogspot

1. Masuk ke dashboard blog.
2. Pilih tabs menu Layout atau Tata Letak.
3. Pilih Add Gadget atau Tambahkan Gadget.
4. Pilih fitur HTML/Javascript, maka akan muncul kotak dialog.
5. Salin kode berikut saat ingin menulis postingan misalnya :
<div style="margin: 5px 20px 20px;"><div class="smallfont" style="margin-bottom: 2px;"><b>Klik Spoiler Berikut</b>: <input value="View" style="margin: 0px; padding: 0px; width: 55px; font-size: 12px;" onclick="if (this.parentNode.parentNode.getElementsByTagName('div')[1].getElementsByTagName('div')[0].style.display != '') { this.parentNode.parentNode.getElementsByTagName('div')[1].getElementsByTagName('div')[0].style.display = ''; this.innerText = ''; this.value = 'Hidden'; } else { this.parentNode.parentNode.getElementsByTagName('div')[1].getElementsByTagName('div')[0].style.display = 'none'; this.innerText = ''; this.value = 'View'; }" type="button">
</div>
<div class="alt2" style="border: 1px inset ; margin: 0px; padding: 6px;">
<div style="display: none;">
Letakkan teks / gambar atau script anda disini
<br /></div>
</div>
</div>
6. Letakkan kode di atas di tabs menu HTML (sebelah Compose), dan masukkan artikel yang ingin di spoiler pada tulisan teks merah pada kode tersebut.
7. Publikasikan postingan, dan lihat hasilnya.
Catatan :
* Kode yang berwarna biru dapat diganti sesuai keinginan

Cara buat spoiler di blog sangat mudah bukan. Memang akan terlihat agak ribet tapi demi kenyamanan pembaca setia kita, mengapa tidak. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment