24 August 2015

Agar Blog Tidak Bisa Klik Kanan

Agar Blog Tidak Bisa Klik Kanan
DIRGAENGGAR.COM - Agar Blog Tidak Bisa Klik Kanan seringkali digunakan oleh blogger-blogger kita guna menangkal pencurian konten oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Pencegahan dengan meniadakan fungsi klik kanan saat membaca blog kita bisa dibilang adalah cara terbaik.

Pernah kan, saat berkunjung ke suatu blog, kita tidak bisa klik kanan atau sekedar meng-copy tulisan artikelnya. Nah, itu blogger sedang melindungi konten-konten aslinya dari para penjahat konten. Sebel memang, dimana saat kita susah-susah memikirkan ide untuk memberitakan di blog kita, ada konten yang sama persis yang juga terbit di blog lain tanpa mencantumkan sumber dari blog kita. Susah buat dituntut sih, hanya bisa dilaporkan saja. 

Istilah kerennya adalah COPAS. Copas atau singkatan dari Copy-Paste adalah tindakan yang melanggar hukum karena mencuri hak milik orang lain tanpa memberitahu pemilik aslinya. Oleh karena itu, blog kita bisa dilindungi dari meniadakan fungsi klik kanan.

Cara Agar Blog Tidak Bisa Klik Kanan

1. Masuk ke dalam dashboard blog.
2. Pilih tabs menu Layout atau Tata Letak.
3. Pilih Add Gadget atau Tambahkan Gadget.
4. Pilih fitur HTML/Javascript.
5. Salin kode di bawah ini dan letakkan di kotak dialog HTML/Javascript :

Salin Kode Berikut:
<script> var message="Maaf, Fitur Klik Kanan Tidak Aktif !";function clickIE4(){if (event.button==2){alert(message);return false;}} function clickNS4(e){if (document.layers||document.getElementById&&!document.all){if (e.which==2||e.which==3){alert(message);return false;}}} if (document.layers){document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN);document.onmousedown=clickNS4;} else if (document.all&&!document.getElementById){document.onmousedown=clickIE4;} document.oncontextmenu=new Function("alert(message);return false")</script>

6. Setelah itu, klik Simpan.
7. Silahkan refresh blog, dan coba untuk klik kanan.

Sedikit cara agar blog tidak bisa klik kanan guna menghindari pencurian ide-ide, karya-karya kita dari tangan pencuri konten. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment