13 February 2015

Cara Ganti Ban Mobil Sendiri

Halooo. . .ketemu lagi sama ane yang rupawan namun tak menawan. Kemarin kan sudah kasih cara gimana Cara Ganti Oli Mobil Sendiri, nah sekarang ane mau kasih tahu Cara Ganti Ban Mobil Sendiri. Ya, ini mungkin cara-cara buat ente-ente yang punya mobil, dan merupakan sebuah kegiatan penting. Kenapa penting? Bayangkan saja kalau ente lagi keluar sama keluarga, temen atau cewek ente. Terus di tengah jalan, ban mobil ente bocor. Nah, di jalan situ tidak ada tambal ban atau pom bensin. Bingung kan kalau tidak bisa mengganti ban mobil yang bocor dengan ban serep atau cadangan. 
Oleh karena itu, sekarang ane coba berbagi cara yang biasanya ane lakukan kalo sewaktu-waktu ban mobil kita bocor di tengah jalan, bukan jalan kenangan. Kenangan bersama mantan. :(

Oke, berikut :

Alat yang perlu disiapkan :

Dok. Pribadi - Peralatan perang
  1. Dongkrak (yang biasa ditanyakan lelaki pada wanita).
  2. Obeng Minus
  3. Pembuka Baut Ban, disarankan yang pas. (ada banyak model, tergantung selera).
  4. Ban cadangan atau serep. Bukan pacar cadangan.
Nah, kalau bisa semua alat itu selalu letakaan saja di bagasi mobil bila sewaktu-waktu dibutuhkan. Berikut cara ganti ban mobil sendiri :

1. Letakkan atau parkir mobil di tempat yang datar dan aman. Bila berada di tengah jalan, segera pinggirkan ke bahu jalan, dan nyalakan lampu hazard, juga gunakan hand-rem.

2. Buka penutup baut pada ban mobil yang ingin diganti menggunakan obeng minus.
Dok. Pribadi - Penutup baut mobil
3. Buka masing-masing baut yang mengunci ban mobil. Mungkin akan membutuhkan usaha yang keras untuk membukanya karena memang sulit dan ingat selalu pepatah bahwa usaha keras itu tak akan mengkhianati.
Dok. Pribadi - Buka baut-baut ban mobil
4. Setelah terasa sedikit longgar semua baut pada ban, segera pasang dongkrak. Pilih tempat yang agak keras dan dekat dengan ban yang akan diganti. Kalau ban belakang yang diganti ya letakkan dongkrak di belakang, jangan di depan rumah mantan, kejauhan.
Dok. Pribadi - Pasang dongkrak
5. Angkat hingga ban mobil tidak menyentuh tanah agar lebih mudah melepasnya nanti.

6. Lepas semua baut, dan kemudian tarik ban secara perlahan. Digoyang-goyang dikit biar mudah. Kalau sulit untuk melepasnya, tendang aja ban dengan posisi kita duduk.

7. Pasang ban cadangan dengan posisi yang benar dan pas.

8. Pasang semua baut mobil sampai erat.

9. Lepas dongkrak secara perlahan, dan mobil akan turun.

10. Pasang penutup baut mobil, dan selesai.

Oh iya, jangan lupa untuk selalu cek tekanan ban cadangan ente, siapa tahu ketika dibutuhkan ban cadangan malah tidak ada angin sama sekali. Begitu Cara Ganti Ban Mobil Sendiri dari pengalaman ane. Kan keren gitu misalnya ente lagi jalan sama gebetan ente atau jalan sama calon mertua, terus di tengah jalan ban bocor, ente bisa langsung segera bertindak untuk mengganti ban mobilnya. Dan, ane sedikit yakin kalau gebetan atau calon mertua ente bakal mengira ente adalah calon pendamping yang bisa dihandalkan.

Oke, byeee. . .


Sumber :
- pengalaman ane
- dok. pribadi

4 comments:

  1. Cocok nih mas. Kebetulan ban keretaku sering ngobos. Kapan2 bikin tutor cara ganti hati mas *ehh wkwkw

    ReplyDelete
  2. mantap mas gan, kadang kebingungan kalau ketemu yang beginian di tengah perjalanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. belajar dari pengalaman juga mas harga mobil avanza bekas

      Delete