8 January 2016

Inilah Efek Kesepian bagi Kesehatan Kita

Inilah Efek Kesepian bagi Kesehatan Kita - Merasa kesepian serta terisolasi dari interaksi sosial nyatanya bisa beresiko pada kesehatan fisik. Beberapa riset mengungkap bahwa aspek emosional serta psikososial mempunyai relevansi pada kesehatan seseorang secara keseluruhan seperti aspek kesehatan fisik. 

Bedakan pada sendirian serta merasa kesepian. Ada beberapa orang yang dari luarnya tampak aktif di dunia sosial, namun di dalam dirinya sendiri merasa kesepian. 

Kesepian bisa disimpulkan secara objektif serta subjektif. Secara objektif, seseorang bisa dikatakan kesepian saat hidup sendirian serta kurang menjalin satu bentuk komunikasi, kontak sosial, ataupun partisipasi di dalam aktivitas sosial. Disamping itu, kesepian secara subjektif digambarkan juga sebagai perasaan tak mempunyai serta tak terkoneksi secara sosial, termasuk juga merasa terisolasi. 

Seorang pakar psikologi menyebutkan bahwa kesepian dipercaya berpusat pada kualitas jalinan seseorang, yakni apabila seseorang kurang mempunyai hubungan yang berarti atau jalinan intim dengan beberapa orang terdekatnya. Sesungguhnya tak ada yang aneh dengan merasa kesepian. Normal saja apabila seseorang pernah alami rasa kesepian di satu peristiwa hidupnya, umpamanya saat pindah ke lingkungan yang baru, terjadi pergantian pada jaringan sosial, atau ditinggalkan orang tercinta. Tetapi, ada ketidaksamaan yang mendasar pada rasa kesepian yang berlangsung hanya sesaat serta kesepian yang berbentuk gawat. 
Inilah Efek Kesepian bagi Kesehatan Kita
Kesepian yang berkelanjutan atau kritis bisa mengundang resiko kesehatan yang serius. Suatu riset terakhir mengungkap bahwa perasaan kesepian serta terisolasi mempunyai efek kesehatan fisik yang setara dengan obesitas. Dampak dari penolakan atau terisolasi sering merasa riil, seriil rasa nyeri, lapar, serta haus. 

Hati-hati Stres, Sakit jantung, serta Kematian Dini 

Beberapa ahli memiliki pendapat bahwa orang yang merasa kesepian mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lebih lemah serta tingkat peradangan yang lebih tinggi dibanding seseorang yang tidak kesepian. Seseorang yang kesepian juga condong lebih rawan diserang sakit lantaran ada perasaan terancam yang konstan dirasakan penderita. Kesepian tidaklah bagian dari sistem penuaan seperti yang dipikirkan orang banyak. 

Kesepian bisa tingkatkan kandungan hormon kortisol di dalam badan. Keadaan itu bisa mengakibatkan depresi, kekhawatiran, masalah tidur, penambahan berat tubuh, masalah pencernaan, serta masalah jantung. Rasa kesepian dapat juga memperburuk kekuatan kognitif. Beberapa peneliti menemukan ada penurunan kognitif 20% lebih cepat pada orang-orang yang kesepian dalam periode 12 tahun dibanding beberapa orang yang tidak kesepian. 

Beberapa studi memperlihatkan bahwa perasaan kesepian bisa menambah resiko kematian awal sebesar 45 persen. Diluar itu, perasaan kesepian juga menaikkan terjadinya demensia atau pikun pada lanjut usia sebesar 64 persen. Sementara itu, seseorang yang mempunyai ikatan kuat dengan keluarga serta teman dekat memperoleh 50 persen resiko yang lebih rendah dibanding mereka yang kesepian. 

Inilah yang Perlu Dikerjakan 


Berikut adalah beberapa hal yang direferensikan untuk kalian, terlebih bila tengah merasa kesepian berkepanjangan. 

Menegur

Sesederhana bertegur sapa, hubungan sosial itu bisa mengusir rasa kesepian serta membuat perbedaan bermakna di dalam hidupmu. Tak perlu sungkan untuk sebatas bertegur sapa dengan tetangga. 

Ikut serta aktif di dalam aktivitas komunitas atau aktivitas sosial.


Pakai telepon

Saat kamu mempunyai kepentingan dengan orang lain yang tidak bisa diungkapkan dengan cara tatap muka, coba sesekali telepon dia ketimbang kirim pesan singkat. 

Pakai internet 

untuk terkoneksi dengan rekan serta keluarga, umpamanya lewat sosial media. Meskipun langkah itu terbilang langkah yang paling minim interaksi, tetapi masih tetap lebih baik dibanding dengan tidak terhubung dengan dunia sosial sama sekali. 

Saat kamu merasa kesepian, janganlah mengurung diri. Coba buka diri dengan sharing perasaan serta pikiran pada seseorang yang kamu percayai. Demikian sebaliknya, apabila kamu tahu bahwa orang paling dekatmu tengah merasa kesepian, janganlah abaikan dia. Kamu dapat bantu mengusir rasa kesepiannya dengan mengajaknya berbincang-bincang. Setelah itu kamu mungkin saja dapat meneleponnya serta ajak jalan-jalan ke tempat yang dapat menghiburnya. Janganlah lupa, teman-teman paling baik yaitu mereka yang dapat dihandalkan dalam memberi semangat serta harapan baru.

No comments:

Post a Comment